Cara Membersihkan Fingerprint HP yang Benar

11
Cara Membersihkan Fingerprint HP
Cara Membersihkan Fingerprint HP

Cara Membersihkan Fingerprint HP – Banyak yang bilang salah satu kelemahan dari HP android dibandingkan iPhone yakni soal sistem keamanannya. HP dengan dukungan OS Android diklaim rawan terserang virus, malware atau bahkan harcker. Salah satunya hal ini disebabkan karena kebebasan pengguna dalam memodifikasi sistem android. Selain itu, menginstall berbagai aplikasi dari luar Google Playstore juga menjadi celah lain bagi virus, malware ataupun hacker untuk melakukan pencurian data pengguna.

Cara Membersihkan Fingerprint HP
Cara Membersihkan Fingerprint HP

Namun, seiring berjalannya waktu sistem keamanan android sudah semakin berkembang. Keamanan HP semakin ditingkatkan sehingga pengguna bisa lebih nyaman dan tenang mengoperasikannya. Bahkan untuk urusan menyimpan data penting di dalam HP android, hal ini bisa dilakukan dengan nyaman tanpa takut data dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berbicara soal keamanan HP, beberapa merek dan tipe HP sudah dibekali dengan sensor keamanan berupa fingerprint atau sidik jari. Mengaktifkan fitur tersebut, maka hanya pemilik HP saja yang bisa mengaksesnya.

Baca Juga:

Cara menggunakan sensor sidik jari di HP android sangat mudah, cukup dengan menyentuh bagian sensor sidik jari dengan jari yang sudah discan sebelumnya. Karena seringnya disentuh, bisa jadi hal ini membuat respon dari sensor tersebut menurun. Bahkan pengguna mengalami kesulitan untuk masuk karena sidik jari yang tidak bisa melakukan autntikasi dengan benar. Untuk mengembalikan performa terbaik dari sensor sidik jari di HP, kamu bisa melakukan pembersihan. Berikut cara membersihkan fingerprint HP yang benar dan aman bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Membersihkan Fingerprint HP yang Benar

Cara Membersihkan Sidik jari HP
Cara Membersihkan Sidik Jari HP

Sensor sidik jari atau fingerprint sensor merupakan salah satu komponen sensitif pada HP android. Karena itulah, kamu harus memberikan perawatan yang baik dan benar agar fungsinya tetap baik dan maksimal. Salah satunya dengan rutin melakukan pembersihan pada sensor fingerprint tersebut, baik itu pembersihan bagian sensornya ataupun sistem dari sensor tersebut.

Adapun cara membersihkan fingerprint HP yang baik dan benar selengkapnya, sebagai berikut:

1. Bersihkan Panel Sensor Fingerprint Menggunakan Serat Mikro

Bagian panel fingerprint merupakan bagian yang paling sering bersentuhan langsung dengan jari. Terlebih lagi panel tersebut tidak diberi penutup atau pelindung apa pun, sehingga sangat rawan kotoran menempel di atasnya. Dan yang lebih parahnya lagi, tidak jarang bagian panel sensor sidik jari ini terkena goresan dari benda lain. Goresan juga bisa ditimbulkan dari debu yang menempel dan pengguna menyentuh panel tersebut tanpa membersihkannya.

Untuk itu, kamu perlu rutin melakukan pembersihan agar sensor sidik jari tersebut tetap bersih dan tidak terdapat goresan. Di sini kamu bisa memanfaatkan serat microfiber untuk membersihkan bagian panel dari sensor sidik jari di HP tersebut.

Lap pembersih satu ini biasanya terbuat dari serat yang halus sehingga tidak akan menimbulkan goresan pada panel sensor. Usap dengan lembut dan hati-hati bagian panel sidik jari hingga debu dan kotoran yang menempel bisa terangkat.

2. Membersihkan Panel Sidik Jari HP dengan Kain Kering

Selain menggunakan lap yang terbuat dari serat mikro, kamu juga bisa memanfaatkan kain yang halus dan lembut untuk membersihkan panel fingerprint HP. Perlu diperhatikan, kain yang digunakan tersebut pastikan dalam keadaan kering dan tidak kasar. Pasalnya, kain basa akan menyebabkan error pada sensor fingerprint, bahkan bisa menjadi indikasi sensor rusak.

Pada tahap awal mungkin sensor fingerprint pada HP masih bisa merespon, namun sensitivitasnya sudah berkurang. Dan lama kelamaan jika dibiarkan dan terus menggunakan kain basah untuk membersihkan panel fingerprint, maka hal ini dapat membuatnya rusak dan tidak berfungsi sama sekali.

3. Lakukan Kalibrasi pada Sensor Fingerprint

Sementara untuk cara yang ketiga ini bukan akan membersihkan komponen fisik dari sensor sidik jari, melainkan membersihkan bagian softwarenya. Cara ini bisa diterapkan jika kemampuan sensor fingerprint dalam membaca dan meng-autentikasi sidik jari menurun. Bahkan dalam beberapa kali percobaan sensor tidak bisa melakukan scanning sidik jari dengan benar.

Untuk melakukan kalibrasi pada sensor sidik jari di HP, mungkin ini tidak bisa dilakukan sendiri dikarenakan membutuhkan alat khusus. Kamu harus membawa HP tersebut ke service center sesuai merek HP milikmu.

Namun, ada alternatif lain untuk mengatasi lambatnya pembacaan dari sensor sidik jari atau bahkan tidak bisa membaca sama sekali, yakni dengan menghapus data sidik jari yang sudah direkam sebelumnya. Caranya sangat mudah, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Kunci Layar.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Tipe Kunci Layar.
  • Di sana ada beberapa pilihan tipe kunci layar yang bisa digunakan. Sekarang kamu pilih tipe Usap atau tanpa kunci apa pun
  • Nantinya akan muncul notifikasi untuk menghapus data rekaman sidik jari. Konfirmasi dengan pilih Hapus Data dan klik Hapus.
  • Jika sudah, sekarang kamu lakukan restart HP terlebih dahulu.
  • Masuk lagi ke menu yang sama, lalu aktifkan sensor Sidik Jari atau Fingerprint.
  • Klik Lanjutkan, lalu lakukan pemindaian ulang sidik jarimu.
  • Biasanya dengan cara ini sensor fingerprint akan menjadi lebih sensitif dibandingkan sebelumnya.
  • Selesai.

Selain beberapa cara di atas, ada satu lagi hal penting yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan akurasi dan sensitivitas dari sensor fingerprint dalam melakukan scanning. Cara tersebut yakni mematikan semua fungsi sensor fingerprint di HP, kecuali hanya untuk pengunci layar. Misalnya saja sensor sidik jari untuk pengaman aplikasi, mengakses folder dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membersihkan fingerprint HP android yang benar bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Buka Facebook Lupa Password Tapi No HP dan Email Mati/Gak Aktif
Artikel SelanjutnyaCara Menghilangkan Watermark Filmora di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini