Cara Membersihkan Casing HP Biar Kinclong

Cara Membersihkan Casing HP – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing dengan perangkat gadget satu ini. HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling diminati sekarang ini. HP android ini sendiri mencakup semua kalangan, baik anak-anak, remaja bahkan dewasa bisa mengoperasikannya dengan mudah. Tidak hanya untuk sekedar alat komunikasi, HP android punya fungsi lebih dari itu. Bahkan hampir semua aktivitas harian bisa dipermudah dengan kehadiran HP android ini.

Cara Membersihkan Casing HP
Cara Membersihkan Casing HP

HP android terbentuk dari dua jenis komponen yakni komponen hardware dan software. Untuk hardwarenya sendiri, meliputi LCD, baterai, hingga casing HP. Masing-masing komponen hardware tersebut punya fungsi tersendiri. Misalnya untuk bagian casing, fungsinya untuk melindungi semua komponen yang ada di dalam HP. Casing ini sendiri umumnya dibuat dari bahan yang kuat sehingga mampu mencegah komponen dalam HP dari kerusakan.

Baca Juga:

Karena fungsinya yang cukup keras tersebut, membuat casing sering kotor atau bahkan kerusakan. Untuk masalah kerusakan kamu tentu bisa mengatasinya dengan mengganti casing HP yang baru. Namun, untuk masalah casing kotor atau menguning tidak perlu terburu-buru menggantinya. Kamu masih memungkinkan untuk membersihkannya agar tampilannya seperti baru lagi. Berikut ini cara membersihkan casing HP supaya kembali seperti baru bisa kamu terapkan.

Cara Membersihkan Casing HP Biar Kinclong

Cara Membersihkan Casing HP Android
Cara Membersihkan Casing HP Android

Bagi sebagian orang, membersihkan casing HP mungkin hanya dilakukan dengan menggunakan air saja. Padahal cara ini tidaklah efektif untuk mengangkat kotoran di casing. Kamu perlu melakukan trik khusus agar bisa mengangkat semua kotoran yang menempel di casing HP dengan mudah dan efektif. Adapun cara membersihkan casing HP yang kotor atau menguning selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Pasta Gigi

Cara untuk membersihkan casing HP yang efektif pertama yakni menggunakan pasta gigi. Ya, pasta gigi tidak hanya bisa membersihkan gigi melainkan juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan casing. Pasta gigi ini sendiri dilengkapi dengan formula pembersih yang mampu mengangkat kotoran dengan lebih mudah dan cepat.

Cara membersihkan casing dengan pasta gigi sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama kamu siapkan beberapa alat dan bahannya, seperti pasta gigi, sikat gigi lembut, dan tisu atau lap kering.
  • Mulailah mengoleskan pasta gigi secukupnya ke casing HP. Pastikan Anda sudah melepas casing tersebut dari HP.
  • Gosok secara perlahan dengan menggunakan sikat lembut hingga kotorannya mengelupas.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa pasta gigi.
  • Keringkan dengan lap atau tisu kering.
  • Sekarang kamu bisa memasangkannya kembali ke HP.

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Siapa bilang minyak kayu putih hanya bisa digunakan untuk membersihkan layar HP saja? Ternyata minyak kayu putih juga cukup ampuh untuk membersihkan casing HP yang kotor. Kotoran yang susah untuk dihilangkan pun bisa dengan mudah dihilangkan oleh minyak kayu putih ini.

Layaknya membersihkan layar HP dengan minyak kayu putih, untuk cara membersihkan casing HP juga tidak jauh berbeda. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu siapkan minyak kayu putih dan kain lap atau tisu lembut.
  • Pastikan kamu sudah melepas casing dari bodi HP. Jika sudah, mulailah dengan meneteskan minyak kayu putih ke kain lap atau tisu secukunpnya.
  • Sekarang gosok-gosok seluruh bagian luar casing secara perlahan dengan kain lap atau tisu yang sudah ditetesi minyak kayu putih tersebut. Lakukan cara ini hingga casing benar-benar bersih.
  • Jika dirasa sudah bersih, selanjutnya keringkan casing menggunakan tisu kering atau kain lap lain.
  • Sekarang kamu bisa memasangkan kembali casing ke HP.

3. Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan kotoran yang menempel di casing HP paling mudah berikutnya yakni dengan menggunakan baking soda. Baking soda selain bisa digunakan untuk campuran pembuatan kue, ternyata juga sangat ampun mengangkat kotoran yang menempel di casing HP. Namun penggunaannya sebaiknya jangan terlalu sering, karena bisa membuat permukaan casing semakin terkikis.

Adapun langkah-langkah membersihkan casing HP dengan menggunakan baking soda selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu siapkan beberapa alat dan bahan, seperti baking soda, wadah kecil, sikat lembut, dan lap kering.
  • Sekarang kamu campurkan baking soda dengan sedikit air, lalu aduk-aduk hingga menjadi seperti pasta.
  • Lepaskan casing dari HP, lalu oleskan pasta baking soda tadi ke casing.
  • Gosok-gosok secara perlahan dengan menggunakan sikat hingga bersih.
  • Jika sudah bersih, bilas dengan air.
  • Lalu keringkan casing dengan menggunakan lap kering tadi.
  • Kamu bisa memasangkan kembali casing ke bodi HP.

4. Menggunakan Alkohol

Selain cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan alkohol guna membersihkan casing HP yang kotor. Alkohol yang dimaksud di sini adalah alkohol yang sering digunakan dalam dunia medis. Alkohol ini biasanya digunakan untuk membrsihkan perlatan medis dari bakteri dan virus.

Untuk langkah-langkah membersihkan casing HP dengan alkohol selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu siapkan alat dan bahannya, yakni alkohol, tisu atau kain lap kering.
  • Lepaskan casing dari HP terlebih dahulu, selanjutnya mulai teteskan sedikit alkohol ke casin HP tersebut.
  • Gosok-gosok casing secara perlahan hingga semua kotoran yang menempel bisa terangkat.
  • Jika dirasa sudah bersih, selanjutnya kamu keringkan dengan menggunakan tisu atau kain lap kering tadi.
  • Sekarang kamu bisa memasangkan casing kembali ke HP.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membersihkan casing HP yang kotor paling mudah dan efektif bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.