Cara Mudah Membedakan Rom Pada HP Xiaomi

Cara Mudah Membedakan Rom Pada HP Xiaomi – Xiaomi sebagai vendor smartphone besar dari China, selain terkenal dari harga nya yang murah untuk spesifikasi cukup tinggi, ia juga di kenal melalui ciri khas dari ROM yang mereka miliki, yaitu bernama MIUI. ROM itu sendiri merupakan singkatan dari kata Read Only Memory, dimana adalah sebuah istilah bagi suatu media penyimpanan data yang terdapat pada tablet, smartphone dan juga komputer. Tipe ROM yang digunakan oleh pihak ponsel Xiaomi adalah MIUI, yang mana ROM jenis ini merupakan hasil dari pengembangan oleh developers mereka sendiri, hasil customisasi dari ROM Android asli yaitu AOSP atau Android Open Source Project.

Cara Mudah Membedakan Rom Pada HP Xiaomi

Cara Mudah Membedakan Rom Pada HP Xiaomi

MIUI yang sudah di kustom sedemikian rupa kini telah memiliki tampilan sangat keren, banyak fitur baru tambahan dari sebelumnya juga, serta sukses dalam hal meningkatkan performa supaya lebih dapat menyesuaikan keinginan dari para konsumen. Perlu untuk kalian ketahui terlebih dahulu yaa, bahwa ROM MIUI pada Xiaomi ini sendiri terdapat banyak sekali jenisnya. Di antaranya adalah ROM Developer dan ROM Stable, serta dari keduanya juga mempunyai 2 versi berbeda, yaitu China dan Global. Selain 2 tipe yang sudah saya sebutkan tadi, masih ada satu lagi ROM Distributor, merupakan ROM abal-abal hasil modifikasi sedemikian bentuk supaya menyerupai seperti ROM Global Table.

Baca Juga:

Keanekaragaraman tipe Rom tersebut di sebabkan oleh tidak semua produk Mi yang masuk kedalam negara kita Indonesia ini menggunakan jalur resmi, serta juga dapat dikarenakan di Indonesia sendiri ada sebuah peraturan bernama TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Pernyataan yang terkandung pada aturan tersebut ialah mengharuskan untuk semua perangkat hp yang di datangkan dari luar negeri harus lah mempunyai sebuah kandungan dari dalam negeri, atau setidaknya dapat di rakit melalui Indonesia. Sehingga oleh adanya peraturan seperti ini lah yang banyak menyebabkan rom pada smartphone android banyak sudah termodifikasi guna agar bisa memenuhi kandungan dalam peraturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah kita Indonesia.

Cara Mudah Membedakan Rom Pada HP Xiaomi

Penting sebelum anda membeli hp Mi terlebih dulu harus mengetahui cara membedakan mana yang distributor dan asli, karena dari Xiaomi resmi sendiri mempunyai Rom Stabil serta garansi resmi dari mereka. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Mudah Membedakan Rom Pada HP Xiaomi. Berikut di bawah ini penjelasan dari beberapa tipe Rom MIUI supaya anda sendiri dapat membedakannya.

1. ROM Global Stable

Jenis pertama ini jelas yaitu resmi dari Mi, dimana umum kalian akan mendapatkan sebuah update terbaru rutin di setiap bulannya, mulai dari jangka 1 maupun 2 bulan bahkan bisa lebih tergantung frekuensi dari pembaruan mereka. ROM Global Stable ini bisa kalian liat dari tanda nya terdapat 4 angka versi MIUI, contohnya saja seperti ini MIUI 8.4.7.2.0 (MAMMIEA), pada huruf M yang ada di kata MAMMIEA merupakan nama dari Android tersebut yang artinya M adalah Marshmallow. Memang kekurangan dari versi Stable ini sendiri terletak pada bug sistem operasi nya, bahkan hingga kini tak sedikit user Mi yang melakukan complain serta mengharapkan ada update untuk versi tersebut.

Dan yang lebih penting adalah adanya bahasa Indonesia ketika hendak mau melakukan update ROM Global itu, nantinya akan muncul sebuah tampilan berupa notifikasi updatean rom dari ponsel Xiaomi kamu, serta bisa secara langsung melakukan pembaharuannya atau juga kalian bisa mendownload pembaruannya terlebih dulu di situs resmi mereka En.Miui.com.

2. ROM China Stable

Jenis yang satu ini sudah jelas resmi dari pihak Mi sama seperti Global Stable, akan tetapi hanya di produksi dan digunakan oleh warga Tiongkok Kaeran saja, di negara China juga mengakses Google tidak akan bisa maka dari itulah kenapa Rom Cina Stabil ini umumnya tidak mempunyai aplikasi Google Play Store. Sayangnya untuk kalian yang hendak ingin mencoba jenis rom ini tidak akan mendapatkan bahasa Indonesia ketika mau mengaksesnya, ia cuma mmeiliki 2 bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Tiongkok. Jadi setelah mengetahui kelemahannya yang terdapat di bahasa tadi hendak lah untuk kamu memikirkannya sekali lagi, kecuali jika anda memang sudah mahir dalam, berbahasa Inggris.

3. ROM Global Developers

Di versi kedua Rom Global yaitu ada Developer atau juga bisa disebut dengan istilah Rom Beta, di katakan demikian karena biasanya pada versi MIUI ini ada sedikit mentahan Beta nya, jadi untuk dapat membedakannya kita cukup melihatnya dari versi MIUI yang ia miliki tersebut versi Rom Global Beta atau bukan. Global Developer ini di kembangkan serta dibuat oleh develop resmi dari MIUI sehingga kekurangan nya sendiri terdapat pada pembaharuan mereka yang bisa saja setiap minggu melakukan update, berbeda dari Rom Global Stabil hanya akan melakukan update setiap bulan saja. Sangat tidak di sarankan bagi kalian yang masih awam soal mengoprek Rom dengan menggunakan Global Developer ini, karena banyak fitur baru serta sangat rentan akan timbulnya bug pada sistem android smartphone.

4. ROM China Developers

Pada versi China Developers ini tdak jauh berbeda dari Global Developers sebelumnya, karena khusus rom ini hanya ditujukan kepada pengembang android yang suka mengganti Rom dan juga mencoba banyak fitur baru terhadap versi update terbarunya. Dengan pembaruan terbaru ini banyak para oprekers hp sudah mencobanya langsung fitur terbaru dari Mi, akan tetapi dengan begitu juga sangat rentan dalam resiko menimbulkan bug pada aplikasi. Untuk selang updatenya sendiri biasanya berselang waktu setiap 1 sampai 2 minggu sekali.

5. ROM Distributor

Nah, pada tipe ROM terakhir ini bisa dibilang adalah ilegal, dimana merupakan hasil custom dari pihak tertentu di luar tanggung jawab Xiaomi yang biasa nya dilakukan oleh pihak distributor. Pada umumnya jenis yang mereka modifikasi tersebut ialah ROM China, sehingga akan mempunyai aplikasi berupa Google Play Store dan juga terdapat bahasa Indonesia. Banyak alasan yang dilontarkan oleh pihak distributor itu sendiri terhadap dari tindakan mereka, seperti halnya ingin mencoba menyiasati release terbaru yang belum ada pada Rom Global. Atau juga untuk mengakali peraturan dari TKDN, sebab sudah cukup lama aturan ini juga menjadi suatu perdebatan sekaligus penghalang bagi masuknya banyak produk mereka yang hendak mau masuk ke dalam Indonesia secara legal.

Penutup

Sekian itu dia tadi penjelasan singkat dari saya seputar Cara Mudah Membedakan Rom Pada HP Xiaomi. Jangan lupa untuk membagikan link artikel ini kepada sanak saudara anda yang membutuhkan informasi tersebut.