Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu yang Akurat

Cara Membedakan HP samsung Asli dan Palsu – Samsung merupakan salah satu brand smartphone ternama yang sudah merilis banyak sekali seri. Mulai dari HP kelas bawah, menengah hingga HP flagship. Hampir semua tipe HP Samsung laku keras di pasaran. Tidak lain karena ketangguhan kinerja yang diberikannya saat digunakan untuk beragam hal. Meskipun memang harga HP Samsung dibanderol dengan harga lumayan mahal dibandingkan dari brand lainnya.

Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu

Kepopuleran HP android Samsung semakin kokoh hingga saat ini, menjadi ancaman tersendiri bagi brand smartphone kelas atas lainnya. Karena kepopulerannya tersebut, akhirnya banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba memanfaatkannya. Mereka menghadirkan HP Samsung replika atau palsu untuk meraup kuntungan yang banyak.

Baca Juga:

Bagi pengguna awam mungkin akan sulit mengetahui perbedaan HP Samsung asli dan palsu atau KW. Meski begitu, perbedaan keduanya bisa kita temukan dengan mudah tanpa menggunakan alat khusus sekalipun. Berikut ini adalah beberapa cara membedakan HP Samsung asli dan palsu yang paling akurat bisa kamu terapkan.

Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu yang Akurat

Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Replika

Secara fisik mungkin HP Samsung asli dan palsu sangat susah untuk dibedakan. Tetapi, jika diteliti lebih dalam pasti kamu akan menemukan perbedaan tersebut. Agar tidak tertipu, ketahui perbedaan HP Samsung asli dan replika atau palsu lebih dalam. Adapun cara membedakan HP Samsung palsu dan asli tersebut, di antaranya:

1. Mengecek Nomor IMEI

Semua HP yang dikeluarkan oleh berbagai brand pasti dilengkapi dengan nomor kode khusus, yang disebut dengan nomor IMEI. Nomor IMEI ini sendiri berbeda untuk setiap produk HP, di mana nomor tersebut dibuat untuk mengetahui informasi dari HP itu sendiri. Dari nomor IMEI ini kita juga bisa mengetahui apakah HP tersebut berstatus original atau justru replika alias palsu.

Untuk mengetahui nomor IMEI, kamu bisa mengetikkan kode dial *#06# di menu panggilan. Dari kode IMEI yang didapat, kamu bisa mencocokkannya dengan yang ada di dusbox HP. Selain itu, kamu bisa mengecek nomor IMEI melalui situs ini. Jika saat dicek muncul informasi tentang HP, bisa dipastikan HP Samsung yang kamu miliki tersebut asli. Tetapi, jika saat dicek justru tidak muncul informasi sama sekali, maka HP Samsung tersebut palsu.

2. Cek dengan Samsung Kies

Sebagian dari kalian mungkin masih cukup asing dengan software satu ini. Samsung Kies merupakan software khusus yang diciptakan oleh Samsung dan befungsi untuk menghubungkan HP Samsung dengan PC atau komputer. Software Samsung Kies ini bisa kamu install terlebih dahulu di PC atau laptop agar bisa mengetahui apakah HP Samsung kamu tersebut asli atau palsu. Software Samsung Kies bisa kamu unduh di sini.

Setelah Samsung Kies berhasil diinstall, selanjutnya kamu hubungkan HP Samsung ke PC atau laptop menggunakan kabel data. Jika HP Samsung tersebut asli, secara otomatis Samsung Kies akan langsung mendeteksi HP Samsung kamu. Namun jika sebaliknya, Samsung Kies tidak bisa membaca HP Samsung, maka bisa jadi HP tersebut palsu.

3. Mengecek Spesifikasi HP Samsung

Cara membedakan HP Samsung asli dan palsu paling mudah berikutnya adalah dengan mengecek spesifikasi HP dan mencocokkannya di situs resmi Samsung. Untuk mengetahui spesifikasi HP Samsung, kamu bisa mengeceknya melalui menu Pengaturan >> Tentang Ponsel. Atau bisa juga mengecek spesifikasi HP Samsung menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti, Antutu Benchmark, CPU-Z, atau juga Aida64.

Setelah mengetahui spesifikasi HP Samsung, kamu bisa mencocokkannya dengan yang ada di situs resmi Samsung atau di GSMArena. Jika saat dicek ternyata ada hardware atau OS yang tidak sama, kemungkinan HP Samsung tersebut palsu atau replika.

4. Mengecek Fisik HP Samsung

Cara membedakan HP Samsung asli dan palsu yang mudah dan akurat berikutnya adalah dengan mengecek bodi atau fisik HP. HP keluaran resmi dari Samsung biasanya memiliki desain yang kompak dan dibuat dari bahan berkualitas tinggi. Selain itu, tombol-tombol yang tersedia posisinya persisi karena memang sangat diperhatikan secara ketat.

Berbeda dengan HP Samsung palsu, biasanya dibuat dari bahan material yang kualitasnya tidak terlalu bagus. Selain itu, tombol-tombolnya juga tidak seimbang atau tidak persisi. Perbedaan juga bisa dilihat dari tampilan layar HP, di mana tampilannya kurang begitu bagus tampak kurang jernih.

5. Mengecek Aplikasi Bawaan HP

Semua HP Samsung biasanya dibekali dengan aplikasi bawaan untuk menunjang berbagai aktivitas penggunanya. Samsung selaku brand smartphone raksasa menyematkan aplikasi khusus Samsung seperti, Samsung Apps, S Voice, S Translator, S Planner dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi semacam ini tidak mungkin ditemukan pada HP Samsung replika alias palsu. Karena hanya vendor Samsung saja yang bisa menghadirkan aplikasi-aplikasi bawaan tersebut di produk mereka. Cek apakah di HP Samsungmu tersedia aplikasi bawaan tersebut atau justru tidak sama sekali, dikarenakan HP tersebut palsu.

6. Perbedaan Harga yang Mencolok

HP android dari Samsung rata-rata dibanderol dengan harga yang lumayan mahal dibandingkan dengan HP dari brand lainnya. Meskipun harga tersebut memang sudah sesuai dengan spesifikasi mumpuni yang disematkan di dalamnya. Karena itulah, jika kamu menemukan HP android Samsung namun dibanderol dengan harga murah bahkan terlampau jauh, bisa jadi HP tersebut palsu.

HP keluaran dari Samsung biasanya tertera di situs resminya, lihat di sini. Di sana biasanya akan tersedia informasi spesifikasi dan juga harga dari setiap seri HP Samsung. Jika harga yang ditawarkan oleh penjual terbilang sangat murah, jangan langsung tergiur karena bisa jadi HP tersebut replika.

7. Performa HP Samsung saat Digunakan

Cara membedakan HP Samsung asli dan palsu yang terakhir bisa dilihat dari performa kinerjanya. HP Samsung asli biasanya punya performa mumpuni, baik saat digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi atau game.

Sementara HP Samsung replika atau palsu biasanya sering mengalami hang saat digunakan untuk aktivitas multitasking. Selain itu, beberapa kasus HP Samsung palsu biasanya sering memunculkan iklan di layar saat terhubung dengan internet (iklan muncul saat tidak membuka browser).

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membedakan HP Samsung asli dan palsu paling mudah dan akurat bisa kamu terapkan. Ketahui beberapa perbedaan di atas agar tidak tertipu mendapatkan HP Samsung palsu.