7 Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu

Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu – Dari sekian banyaknya vendor HP android yang menjual produknya di Indonesia, Oppo bisa dibilang sebagai salah satu vendor yang cukup sukses. Hampir semua produk smartphone android dari Oppo laku keras di Indonesia. Tidak lain dikarenakan HP android dari Oppo dibekali dengan spesifikasi handal dan berbanderol harga lumayan murah.

Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu

Oppo juga termasuk vendor yang tidak henti-hentinya berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur terbaik untuk setiap produk terbarunya. Fitur terbaru tidak hanya dihadirkan untuk sistem jeroannya saja, melainkan juga untuk komponen hardware. Nama Oppo semakin dikenal masyarakat Indonesia khususnya, membuat orang-orang tidak bertanggung jawab menghadirkan produk replika Oppo.

Baca Juga:

HP Oppo replika atau KW banyak bertebaran, dan ini tentunya termasuk produk ilegal. Sekilas HP Oppo ori dengan HP Oppo palsu tidak ada bedanya. Tetapi jika diteliti lebih dalam pasti akan tampak beberapa perbedaannya. Berikut ini adalah cara membedakan HP Oppo asli atau palsu paling mudah yang perlu kamu tahu.

Cara Membedakan HP Oppo Asli dan Palsu Paling Mudah

Cara Membedakan Smartphone Oppo Asli dan Palsu

Bagi pemula mungkin akan cukup sulit untuk membedakan mana HP Oppo yang asli dan yang palsu. Tetapi tenang saja, saya sudah merangkumkan beberapa cara membedakan HP Oppo asli dan palsu yang mudah dan bisa kamu terapkan sendiri. Tidak memerlukan alat-alat khusus untuk bisa membedakan kedua, hanya dengan beberapa langkah saja pasti sudah bisa dilihat perbedaannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

1. Mengecek Nomor IMEI di Situs

Semua HP dari berbagai vendor pasti memiliki nomor IMEI, termasuk juga HP android dari Oppo. Nomor IMEI ini sendiri memang dibuat khusus dengan tujuan untuk meminimalkan penyebaran produk HP Oppo palsu atau ilegal. Setiap produk Oppo yang dijual dipasaran sudah dilakukan pendataan terlebih dahulu, sehingga pelacakan bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk mengetahui nomor IMEI HP Oppo cukup mudah. Kamu bisa melihatnya di dus box, di bagian bodi belakang HP, di menu Setting>>Tentang Ponsel atau bisa juga melalui kode dial *#06#. Untuk mengetahui HP Oppo asli atau palsu, kamu bisa memanfaatkan nomor IMEI tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama kamu kunjungi situs Device Authentication Oppo.
  • Pada halaman tersebut, kamu masukkan nomor IMEI HP Oppo tadi.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan klik Submit. Jika HP Oppo asli, nanti informasi tentang ponsel akan ditampilkan di situs tersebut. Namun, jika tidak maka kemungkinan HP Oppo-mu adalah palsu.

2. Mengecek Spesifiaksi HP Oppo

Cara membedakan HP Oppo asli atau palsu berikutnya yakni dengan mengecek spesifikasi dari HP Oppo itu sendiri. Setiap HP android yang dirilis oleh Vendor, pasti juga direview oleh beberapa situs. Salah satu situs review HP terlengkap dan terpercaya adalah GSM Arena. Selain itu, informasi spesifikasi biasanya juga sudah tertera di bagian dus box HP Oppo atau situs resmi Oppo.

Sekarang kamu bisa mencocokkan spesifikasi yang tertera di HP-mu dengan di dus box, situs resmi Oppo atau di GSM Arena. Untuk mengetahui informasi spek HP Oppo, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama CPU-Z. Biasanya HP Oppo palsu memiliki spek yang berbeda jauh dengan yang asli. Paling terlihat di bagian komponen jeroan seperti RAM, processor, Kamera, dan lainnya.

3. Desain Bodi dan Bobot HP Oppo

Secara sekilas, HP Oppo asli dan palsu mungkin tidak terlalu tampak perbedaannya. Tetapi jika kamu coba cek lebih teliti pasti akan terlihat. Lihat desain bodi dari HP Oppo asli dan HP milikmu yang dicurigai palsu. Desain HP Oppo palsu umumnya tidak compact dan kurang persisi. Mengingat setiap produk Oppo yang dijual di pasaran sudah dicek dan dibuat dengan teknologi canggih sehingga lebih persisi serta compact.

Selain desain bodi, bandingkan juga bobot dari kedua HP tersebut. HP Oppo palsu atau KW umumnya terbuat dari bahan plastik berkualitas kurang bagus, sehingga bobotnya lebih ringan. Bandingkan juga dengan informasi bobot yang tertera di dus box atau situs resmi Oppo.

4. Cek dengan Kode Rahasia Oppo

Setiap produk HP dari Oppo memiliki kode rahasia yang berfungsi untuk berbagai hal, misalnya saja untuk tujuan melakukan cek kondisi hardware HP. Kode rahasia untuk tujuan ini biasa disebut juga dengan “Enginer Mode”. Untuk bisa masuk ke Enginer Mode, kamu bisa mengetikkan kode *#800# di menu dial.

Pada Enginer Mode tersebut kamu bisa melakukan pengecekan kondisi hardware seperti layar, baterai, hingga kamera. Pada HP Oppo paslu, masuk ke Enginer Mode melalui kode dial tadi biasanya akan terjadi error atau bahkan tidak bisa masuk. Jika hal serupa juga kamu alami, bisa jadi HP Oppo tersebut adalah produk palsu.

5. Mengecek Kartu Garansi

Cara membedakan HP Oppo asli dan palsu paling akurat berikutnya adalah melalui kartu garansi yang kamu terima. Baik itu HP Oppo asli atau palsu, di dalam dus box pasti dilampirkan kartu garansi. Bedanya, kartu garansi yang tersedia di HP Oppo palsu pasti tidak sebagus yang aslinya.

Selain itu, pastikan kartu garansi Oppo tertera nama PT OPPO Electronics. Jika di kartu garansi HP tertera nama perusahaan lain, bisa dipastikan kalau HP tersebut merupakan produk palsu atau tiruan.

6. Cek Sistem Operasi HP Oppo

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan nomor 2 di atas. Kamu bisa mengetahui HP Oppo asli atau palsu melalui sistem operasi yang diadopsi oleh HP Oppo. Cobalah untuk membuka informasi sistem operasi Oppo melalui menu Setting >> Tentang Ponsel. Lihat sistem operasi apa yang diadopsi kemudian cocokkan dengan ada di dus box atau di situs resmi Oppo.

Selain itu, sistem operasi Color OS besutan Oppo memiliki tampilan yang smooth dan nyaman dipandang. Jika kamu tidak menemukan hal tersebut di HP Oppo-mu, bisa jadi HP tersebut merupakan produk palsu.

7. Perbedaan Segi Harga

Dan cara membedakan HP Oppo asli dan palsu yang terakhir melalui segi harga yang dibanderol. Harga untuk setiap produk Oppo biasanya tertera di situs resminya, pastikan HP Oppo yang akan kamu beli harganya sama atau paling tidak hampir sama.

Kebanyakan HP Oppo palsu dijual dengan banderol harga sangat murah, bahkan terlampa sangat jauh. Inilah yang sering kali membuat para pembeli tertarik untuk membelinya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, jika hal tersebut hanya berisiko membuatmu mendapatkan produk palsu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membedakan HP Oppo asli dan palsu paling mudah dan akurat. Ketahui cara-cara di atas agar nantinya kamu tidak tertipu membeli produk HP Oppo palsu atau tiruan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?