Cara Membatalkan Pesanan di Lazada Android

35
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada – Di era serba digital seperti sekarang ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan perangkat elektronik yang ada. Misalnya saja berbelanja barang kebutuhan, kita bisa memanfaatkan smartphone android untuk mempermudah aktivitas tersebut. Melalui perangkat smartphone android, kita bisa mencari barang kebutuhan yang ingin dibeli, kemudian melakukan pemesanan. Selanjutnya melakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang disediakan, maka barang pesanan akan langsung dikirimkan ke alamat yang kamu masukkan saat pemesanannya. Dalam hal ini jasa kurir atau ekspedisi yang bertanggung jawab untuk mengantarkan barang pesanan sesuai alamat yang tertera.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada
Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Soal berbelanja online melalui perangkat HP android, kita bisa dengan mudah melakukannya lewat marketplace. Sekarang ini sudah ada banyak pilihan marketplace yang beroperasi di Indonesia dan bisa kamu pilih sesuai keinginan. Misalnya saja memilih Lazada yang mana platform tempat belanja online ini sudah bisa diakses dengan mudah melalui perangkat android. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi Lazada melalui Google Playstore, kemudian mendaftar akun di sana menggunakan nomor HP atau alamat email. Kemudian bisa melakukan pemesanan barang sesuai keinginan di dalamnya dan membayar sesuai nominal yang ada menggunakan metode pembayaran yang disediakan.

Baca Juga:

Sudah melakukan pemesanan atau checkout barang di Lazada, mungkin kamu berpikir ingin melakukan pembatalan pesanan tersebut. Bagi pemula mungkin akan merasa bingung melakukannya, alhasil pesanan akan diproses sebelum dilakukan pembatalan olehnya. Nyatanya, pembatalan pesanan di Lazada memang terbilang agak rumit jika dibandingkan dengan marketplace lain. Apalagi dengan adanya sistem COD dan Pre-Order, untuk sistem ini cukup sulit untuk dibatalkan oleh pengguna awam. Berikut cara membatalkan pesanan di Lazada yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Syarat dan Ketetuan Pembatalan Pesanan di Aplikasi Lazada

Sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku untuk pembatalan pesanan yang sudah dilakukan di aplikasi Lazada. Hal ini penting untuk diketahui agar proses pembatalan pesanan bisa berjalan lancar tanpa kendala apa pun. Adapun beberapa syarat dan ketentuan pembatalan pesanan di Lazada selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Pembatalan pesanan hanya bisa dilakukan jika masih tersedia tombol Batal di informasi pesanan Lazada.
  2. Sementara pesanan yang sudah diproses di gudang atau bahkan dalam proses pengiriman, ini tentunya tidak bisa dibatalkan lagi.
  3. Pemesanan beberapa item atau barang sekaligus dan menerapkan voucher di dalamnya, maka pembatalan akan berlaku untuk semua item. Bisa dilakukan pembatalan untuk satu atau beberapa item dengan voucher tetap berlaku asalkan total harga item yang tidak dibatalkan memenuhi dan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada voucher.
  4. Voucher, diskon dan promosi yang digunakan pada pesanan yang sudah dibatalkan, tidak akan bisa digunakan lagi atau diaktifkan lagi.
  5. Untuk pesanan produk dari koleksi LazGlobal atau produk digital, ini tidak bisa dibatalkan jika sudah dipesan.
  6. Untuk pesanan COD masih bisa dibatalkan, asalkan belum diproses di gudang atau belum proses pengiriman.
  7. Barang COD yang sudah diserahterima tidak bisa dibatalkan dan kamu harus membayar sesuai nominal tagihan. Namun kamu bisa mengembalikannya lewat aplikasi Lazada jika memang tidak menginginkannya dan dana akan direfund sesuai ketentuan yang berlaku.
  8. Pembatalan pesanan tidak akan membebani pembeli dengan biaya sepeser pun.
  9. Pembatalan pesanan masih harus menunggu konfirmasi dari penjual, kemudian dana akan direfund ke akun pembeli.

Pastikan kamu sudah paham betul dengan syarat dan ketentuan pembatalan pesanan di Lazada yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada Android

Sekarang lanjut ke cara untuk membatalkan pesanan yang sudah dibayar di Lazada. Cara ini juga bisa diterapkan pada pesanan COD yang ingin kamu batalkan dengan alasan tertentu, misalnya saja tidak sengaja klik pesan produk dengan sistem pesanan COD. Langkah-langkahnya sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya.

Adapun cara membatalkan pesanan di Lazada android yang mudah dan cepat selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Lazada di perangkat smartphone android. Pastikan kamu sudah login ke akun Lazada yang ingin dibatalkan pesanannya.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada menu Akun yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Pesanan Saya, maka di sana akan ditampilkan pesanan barang yang sudah kamu lakukan dan berhasil dibayarkan.
  • Sekarang kamu pilih salah satu pesanan yang ingin dibatalkan.
Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar di Lazada
Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar di Lazada
  • Halaman Detail Pesanan akan ditampilkan di layar, selanjutnya kamu klik tombol BATAL yang ada di bawah keterangan item atau produk yang ingin dibatalkan.
Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar di Aplikasi Lazada
Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar di Aplikasi Lazada
  • Selanjutnya kamu diminta untuk memilih alasan kenapa ingin melakukan pembatalan pesanan. Pilih Alasan Pembatalan Pesanan sesuai keinginan, lalu klik tombol Konfirmasi. Sebelumnya kamu juga harus sudah memilih metode pengembalian dana dari pesanan yang dibatalkan tersebut.
  • Kamu hanya perlu menunggu pembatalan pesanan dikonfirmasi oleh penjual. Jika sudah, maka proses pembatalan pesanan akan dilakukan dan dana akan dikembalikan sesuai metode pengambalian yang kamu pilih tadi.
  • Selesai.

Cara di atas dilakukan untuk pesanan Lazada yang sudah dibayar, namun ingin dibatalkan. Sementara untuk pesanan yang belum dilakukan pembayaran oleh pembeli, maka pesanan bisa langsung dilakukan seperti cara di atas. Bedanya kamu tidak bisa memilih membatalkan satu atau beberapa item, melainkan pesanan item akan dibatalkan seluruhnya.

Sementara untuk pesanan yang sudah masuk dalam tahap akan dikirim oleh penjual, maka kamu perlu menghubungi penjual terlebih dahulu. Jika memang penjual menyetujui untuk pembatalan, maka ia akan melakukan konfirmasi pembatalan dan pesanan akan dibatalkan seluruhnya. Sementara dana akan dikembalikan kepada pembeli sesuai metode pengembalian yang disediakan dan dipilih olehnya.

Berapa Lama Pengajuan Pembatalan Pesanan Direspon Oleh Penjual?

Seperti yang dijelaskan di atas, proses pembatalan pesanan harus mendapat persetujuan atau konfirmasi oleh penjual jika pesanan sudah berhasil dibayar dan diproses. Waktu pemberian respon pembatalan oleh penjual maksimal 1×24 jam.

Jika penjual tidak memberikan respon hingga melebihi waktu yang ditentukan, maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan oleh sistem dan dana akan dikembalikan sesuai metode pembayaran yang kamu pilih saat pengajuan pembatalan pesanan.

Kenapa Saya Tidak Bisa Melakukan Pembatalan Pesanan di Lazada?

Alasan paling kuat kenapa kamu tidak bisa membatalkan pesanan di Lazada, yakni karena pesanan sudah diproses di gudang dan sedang dalam proses pengiriman. Selain itu, pesanan tidak bisa dibatalkan karena produk yang dipesan merupakan koleksi LazGlobal atau Produk Digital.

Penutup

Itulah tadi cara membatalkan pesanan di Lazada yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Bayar Shopee Pakai Gopay di Android
Artikel SelanjutnyaCara Cek Resi Dakota Cargo di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini