Cara Mematikan Whatsapp Untuk Sementara Pada Smartphone

Cara Mematikan Whatsapp Untuk Sementara Pada Smartphone – Sesuai judul hari ini, kita akan membahas seputar cara bagaimana mematikan whatsapp untuk sementara waktu pada smartphone, tapi sebelum itu ada baik nya anda mengenal lebih jauh tentang aplikasi ini. Whatsapp adalah suatu media sosial yang kini sedang naik daun yang mana ia memiliki banyak pengguna di kalangan masyarakat pada masa sekarang ini. Sebab whatsapp sendiri telah berhasil untuk memanjakan pengguna nya dalam hal berinovasi dalam fitur aplikasi nya, oleh karena itu lah yang menjadikan aplikasi ini sangat begitu populer di kalangan pengguna media sosial. Seperti yang sudah saya jelas kan sebelum nya bahwa pengguna whatsapp ini banyak sekali, yang mana ada 600 juta pengguna aktif di setiap hari nya pada perangkat Android mau pun iOS. Sehingga banyak sekali aplikasi yang bermunculan pada saat ini yang mana perusahaan besar sedang berlomba lomba untuk bisa menghadir kan aplikasi yang memiliki ciri khas serta manfaat nya sendiri untuk memancing banyak peminat pengguna smartphone.

Cara Mematikan Whatsapp Untuk Sementara Pada Smartphone

Cara menggunakan aplikasi whatsapp ini pun tidak lah jauh dari fitur sms yang terdapat pada smartphone pada umum nya. Tetapi, kalian tidak hanya bisa mengirim pesan berbentuk text saja, namun bisa juga seperti video, suara dan file dengan bentuk format yang lain nya. Tidak hanya sampai di situ saja, kalian juga dapat melakukan video call, yaitu menelpon dengan saling bertatapan wajah, dan masih banyak fitur yang lain nya. Whatsapp sendiri juga tidak perlu pulsa dalam penggunaan nya, karena untuk menggunakan nya sendiri hanya memerlukan jaringan data internet seperti aplikasi lain pada smartphone. Jadi, anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan apl ini, dan bisa leluasa mengirim pesan atau file lain nya dengan puas tanpa harus memikirkan berapa jumlah pulsa kalian.

Pada saat akun whatsapp kita menerima pesan masuk, baik itu pesan group atau pun pribadi, maka aplikasi whatsapp yang kita miliki akan mengeluarkan notifikasi berupa getaran atau pun suara. Dengan ada nya notifikasi yang seperti itu akan mempermudah pengguna nya untuk mengetahui ada sebuah pesan masuk dan cepat untuk membalas nya juga. Ketika kita sedang di situasi yang sibuk terkadang ingin sekali rasa nya untuk mematikan aplikasi whatsapp untuk sementara waktu, agar tidak terganggu oleh notifkasi yang di timbul kan oleh aplikasi tersebut. Tidak sedikit dari pengguna aplikasi ini mematikan data internet nya untuk menonaktifkan whatpsapp supaya tidak terganggu. Seperti yang kita tau kalau menggunakan cara seperti itu tidak lah terlalu efektif, karena jika anda melakukan hal tersebut maka secara tidak langsung akan mematikan semua koneksi jaringan pada smartphone.

Baca Juga:

Namun sekarang anda tidak usah khawatir lagi, sebab pada artikel kali ini kita akan membahas secara penuh bagaimana cara nya agar bisa mematikan aplikasi whatsapp untuk sementara waktu tanpa harus mematikan data internet smartphone. Untuk cara nya sendiri yang akan saya berikan nanti terdapat 2 tipe, yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga dan tanpa harus menggunakan aplikasi. Bagi anda pengguna iOS mau pun Smartphone Xiomi tentu nya juga bisa untuk menonaktifkan whatsapp kalian, dimana hal tersebut akan kita bahas juga di bawah ini tentang bagaimana cara untuk mematikan nya.

Cara Mematikan Whatsapp Untuk Sementara Pada Smartphone

Bagi sebagian pengguna whatsapp pasti lah bertanya nya bagaimana cara untuk mematikan aplikasi whatsapp sementara tanpa harus menonaktifkan jaringan data seluler? Berikut ini sudah saya rangkum beberapa cara yang bisa anda coba bagi pengguna OS Android, iOS, dan khusus nya pengguna smartphone Xiaomi.

1. Menggunakan Aplikasi Greenify

Aplikasi yang saya saran kan untuk mematikan aplikasi whatsapp yaitu bernama Greenify. Untuk cara kerja nya sendiri bisa di bilang cukup sederhana, dimana dia akan menempatkan aplikasi yang nanti nya akan anda pilih ke mode hibernasi atau menjadikan nya tidak aktif untuk sementara. Dengan menggunakan aplikasi Greenify ini akan dapat mematikan whatsapp anda untuk beberapa saat dengan cara di hibernasikan. Di mana ketika sudah masuk ke mode hibernasi maka segala sesuatu yang aktif ada pada whatsapp akan terpending sampai anda membuka aplikasi whatsapp kembali, baru lah ia akan aktif seperti biasa. Cara pakai nya sendiri cukup lah mudah, silahkan perhatikan langkah demi langkah di bawah ini untuk cara penggunaan nya.

  1. Langkah pertama, yaitu mendownload dan install terlebih dahulu aplikasi Greenfy dari Google Play Store secara gratis.
  2. Setelah di download dan install, kemudian buka lah aplikasi tadi, lalu tap Berikut nya > kalau hp anda tidak di root maka pilih opsi “My device is NOT rooted” > sentuh Berikutnya > dan kalau samrtphone anda memiliki fitur sensor sidik jari maka centang lah opsi “Yes, I use it daily“.
  3. Lalu geser ke bawah layar dan tap opsi bertulisan “No Now Manual Hibernation Only“, Ok > pilih Berikut nya > Skip dan Ok > Selesai.

    Menggunakan Aplikasi Greenify

  4. Maka setelah itu anda akan masuk ke dalam menu awal dari aplikasi Greenify, Pilih logo + yang berada di pojok kanan atas (seperti yang ada di gambar di atas) lalu pilih lah aplikasi whatsapp > sentuh tombol Zzzz.

Anda harus lebih dulu mengaktifkan akses data penggunaan aplikasi dan aksesbilitas pada smartphone kalian, dengan cara sebagai berikut.

  1. Masuk ke dalam Pengaturan hp > sentuh pilihan Aksesbilitas > lalu pada menu layanan pilih opsi Greenify – Hibernasi Otomatis > lalu aktifkan tombol nya.
  2. Pergi ke dalam Pengaturan hp > pilih pengaman > lalu pilih opsi Akses data penggunaan aplikasi > kemudian ceklist pada pilihan aplikasi Greenify.

2. Mematikan Whatsapp Dengan Aplikasi Mobiwol

Mobiwol adalah salah satu aplikasi Firewall yang bertugas untuk menjaga konektivitas online, agar mencegah gangguan yang mau masuk ke smartphone kita. Selain fungsi utama nya yang tadi, ia juga memiliki fungsi lain, yaitu dapat menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Yang mana dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat mematikan aplikasi berupa line, bbm whatsapp dan lain sebagai nya dengan sangat mudah. Untuk cara penggunaan nya sendiri bisa kalian simak di bawah ini.

Mematikan Whatsapp Dengan Aplikasi Mobiwol

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload dan menginstall aplikasi Mobiwol dari Google Play Store.
  2. Setelah di install, lalu aktifkan fitur Firewall yang berada di bagian atas, ubah lah dari yang tadi nya Off menjadi ON.
  3. Kemudian masuk ke dalam opsi “Firewall Rules“, dan ketik lah kata kunci “Whatsapp” pada kolom pencarian. Lalu tap icon Whatsapp tersebut, serta centang bagian “Restrict Background” agar aplikasi whatsapp berhenti untuk sementara.
  4. Dengan begitu maka aplikasi Whatsapp akan di hibernasikan untuk sementara. Untuk bisa mengaktifkan nya kembali, cukup hilangkan centang pada opsi “Restrict Background” tadi.

3. Mematikan Whatsapp Dari Pengaturan OS Android

Jika di rasa dengan menggunakan aplikasi Greenify lebih rumit dari yang anda bayangkan, maka anda bisa mencoba cara yang satu ini, yang mana ia tidak memerlukan untuk menggunakan pihak ketiga melainkan dengan menggunakan fitur yang ada di pengaturan smartphone android itu sendiri. Berikut di bawah ini langkah langkah nya.

Mematikan Whatsapp Dari Pengaturan OS Android

  1. Pertama, masuk ke dalam pengaturan hp android anda.
  2. Lalu pilih opsi Manajer Aplikasi, kemudian tap menu Aplikasi Berjalan / terinstall.
  3. Kemudian cari dan pilih aplikasi Whatsapp, Selanjut nya tap Paksa Berthenti atau Stop, selesai.

4. Mematikan Aplikasi Whatsapp Pada iPhone

Bagi anda pengguna smartphone iOS iPhone atau pun iPad, bisa menggunakan cara yang satu ini agar ampuh untuk mematikan aplikasi whatsapp.

  1. Masuk ke dalam menu iPad atau iPhone kalian.
  2. Selanjutnya buka opsi Installed App, dan cari apl whatsapp.
  3. Setelah tiba di dalam pengaturan whatsapp, silahkan nonaktifkan Mobile Data. Dengan melakukan hal tersebut akan membuat aplikasi whatsapp kalian tidak terhubung dengan insternet, sehingga hal tersebut akan membuat nya menjadi nonaktif.

    Mematikan Aplikasi Whatsapp Pada iPhone

  4. Dan cara menghidupkan nya kembali, yaitu cukup mengaktifkan lagi opsi Mobile Data tadi.

5. Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Pada Xiaomi

Untuk kalian pengguna Xiaomi yang ingin mematikan whatsapp sementara, bisa melakukan nya tanpa harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, sebab hal tersebut bisa di lakukan dengan cara menggunakan fitur yang telah di sediakan oleh smartphone xiaomi. Kalian dapat melakukan nya dengan mengikuti langkah yang ada di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Keamanan atau Security pada hp xiaomi anda di Folder Tool. Pada umum nya aplikasi tersebut telah tersedia secara bawaan di semua tipe hp xiaomi. Lebih jelas nya bisa di cek melalui gambar di bawah.

    Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Pada Xiaomi

  2. Setelah tiba di dalam nya, kalian tap menu Data Usage > Restrict Data Usage.

    Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Pada Xiaomi

  3. Maka anda akan melihat beberapa daftar aplikasi yang lagi menggunakan jaringan koneksi internet, seperti gambar di bawah ini.

    Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Pada Xiaomi

  4. Untuk cara mematikan nya pun tidak lah sulit, anda hanya cukup mencari aplikasi whatsapp pada daftar tersebut, lalu sentuh opsi wifi atau mobile sampai icon nya bergambar silang warna merah, seperti pada gambar di atas.

Dengan menonaktifkan jaringan koneksi pada aplikasi whatsapp, maka jaringan internet yang terhubung pada aplikasi tersebut akan mati baik itu ketika di buka atau pun berjalan di latar belakang.

Penutup

Demikian lah Cara Mematikan Whatsapp Untuk Sementara Pada Smartphone yang bisa saya berikan kepada kalian semua pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk share artikel ini jika anda merasa terbantu, supaya bisa juga membatu orang lain yang sedang membutuhkan.