Cara Mematikan Talkback Xiaomi yang Mudah

79
Cara Mematikan Talkback Xiaomi
Cara Mematikan Talkback Xiaomi

Cara Mematikan Talkback Xiaomi – Di jaman modern sekarang ini sudah ada banyak merek HP yang hadir di pasaran. Masing-masing merek tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang menjadi daya tariknya bagi para pecinta HP android. Ada yang mengandalkan desain bodi HP yang tampak modis dan kece, dukungan fitur kamera berkualitas tinggi, sematan fitur jeroan yang mumpuni, hingga hadirnya inovasi baru yang disematkan di dalam HP. Selain itu, beberapa merek HP ada yang juga menawarkan produk unggulannya dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga semakin menarik minat pengguna. Sebut saja merek Xiaomi yang memang terkenal dengan produk smartphonenya yang dibanderol dengan harga murah.

Cara Mematikan Talkback Xiaomi
Cara Mematikan Talkback Xiaomi

HP Xiaomi hadir di pasar global dan berhasil membuat brand-brand lain ketar-ketir karena produk besutannya. Bagaimana tidak? HP Xiaomi ditawarkan dengan harga yang terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan HP dari merek lainnya. Tidak hanya murah, kualitas dari HP Xiaomi juga bisa dibilang tidak terlalu buruk. Bahkan untuk segi performa kinerja bisa diadu dengan HP dari brand lain di kelasnya. Hal ini membuat banyak orang menyebut Xiaomi sebagai perusak harga pasar smartphone dunia. Yang menarik lagi, Xiaomi bisa dibilang cukup rajin dalam hal produksi smartphone. Di mana setiap waktunya pasti ada saja HP model baru yang dirilisnya. Selain performa, desain bodi dari HP Xiaomi juga tampak keren dengan balutan material kokoh untuk casingnya.

Baca Juga:

Di HP Xiaomi juga disematkan berbagai fitur canggih di dalamnya guna untuk memudahkan dan membuat para pengguna saat mengoperasikannya. Salah satu fitur penting disediakan di HP Xiaomi yakni fitur Talkback. Meski demikian, ternyata tidak banyak pengguna yang sadar akan hadirnya fitur tersebut. Tidak heran, karena fungsi dari fitur Talkback ini bukan ditujukan untuk pengguna normal, melainkan untuk para tunanetra. Fitur Talkback memungkinkan pengguna tunanetra dapat tetap mengoperasikan HP Xiaomi meski dengan keterbatasan penglihatan. Fitur ini perlu diaktifkan secara manual, namun terkadang kondisi tertentu membuat fitur tersebut aktif. Bagi pengguna normal tentunya tidak terlalu membutuhkan fitur ini, sehingga lebih baik dinonaktifkan saja. Bagi kamu pengguna HP Xiaomi, berikut cara mematikan Talkback Xiaomi semua tipe yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Tentang Fitur Talkback di HP Xiaomi

Sebenarnya semua tipe HP dari Xiaomi maupun brand lain sudah menyematkan fitur Talkback di dalamnya. Akan tetapi, fitur ini secara default tidak dalam keadaan aktif, sehingga perlu melakukan pengaktifan secara manual agar bisa menggunakannya. Untuk mengaktifkannya sendiri umumnya bisa dilakukan melalui menu Pengaturan atau Settings.

Fitur Talkback sendiri berfungsi untuk mengubah semua fitur di dalam HP diubah menjadi feedback berupa suara dan getaran. Hal ini ditujukan untuk memudahkan para tunanetra atau pengguna dengan keterbatasan penglihatan dapat berinteraksi dengan perangkat smartphonenya. Mereka akan bisa mengoperasikan smartphone layaknya orang normal berkat adanya feedback suara dan getaran setiap ia menekan fitur atau menu tertentu di dalam HP.

Untuk menavigasi menu atau fitur di HP dengan Talkback yang diaktifkan sedikit berbeda dengan penggunaan normal. Pengguna dapat melakukan 1 kali ketukan pada menu atau fitur yang ada di HP untuk memunculkan suara agar bisa mengetahui fungsi dari menu dan fitur tersebut. Kemudian untuk melakukan konfirmasi atau mengakses menu, maka bisa dengan mengetuk sebanyak 2 kali. Sementara untuk menggeser menu, cukup dengan mengusap layar dengan 2 jari.

Cara Mematikan Talkback Xiaomi yang Mudah

Cara Nonaktifkan Talkback Xiaomi
Cara Nonaktifkan Talkback Xiaomi

Entah itu karena disengaja atau tidak, yang pasti saat ini fitur Talkback di HP Xiaomi milikmu dalam keadaan aktif. Tanda-tandanya setiap kita melakukan sentuhan menu di HP akan langsung muncul suara yang menjelaskan atau membacakan menu tersebut. Bagi pengguna normal mungkin ini sangat mengganggu karena dapat menghambat kenyamanan saat mengoperasikan HP.

Untuk menonaktifkan Talkback di HP Xiaomi, setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan yakni melalui menu Pengaturan dan dengan menekan kombinasi tombol. Kedua cara tersebut sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara mematikan Talkback Xiaomi yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Nonaktifkan Fitur Talkback Xiaomi Lewat Pengaturan

Cara yang paling mudah untuk mematikan fitur Talkback di Xiaomi semua tipe yakni dengan melalui menu Pengaturan atau Settings. Ini merupakan cara paling umum dilakukan dan sangat mudah untuk menerapkannya. Bahkan cara ini dapat dilakukan tanpa harus terhubung ke jaringan internet.

Mengenai langkah-langkah menonaktifkan fitur Talkback Xiaomi melalui menu Pengaturan atau Settings tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama buka layar kunci HP Xiaomi dengan mengusap layar dengan 2 jari.
  • Pada layar menu utama HP Xiaomi, kamu klik pada menu Setelan atau Settings.
  • Kemudian masuk ke opsi Setelan Tambahan atau Additional Settings.
  • Lanjut dengan klik pada opsi Aksesibilitas atau Accessibility.
  • Di sana kamu akan menemukan fitur Talkback, kamu klik saja pada fitur Talkback tersebut.
  • Kemudian matikan fitur tersebut dengan menggeser tombol slider yang ada di sebelah kanan opsi Aksesibilitas.
  • Selesai.

Dengan demikian fitur Talkback di HP Xiaomi sudah berhasil dimatikan atau dinonaktifkan dan HP bisa digunakan secara normal kembali.

2. Nonaktifkan Fitur Talkback Xiaomi dengan Kombinasi Tombol

Sementara untuk cara yang kedua ini kita akan menggunakan kombinasi tombol untuk mematikan fitur Talkback yang aktif di HP Xiaomi all series. Cara ini juga sangat mudah untuk diterapkan, bahkan tidak membutuhkan langkah-langkah yang panjang. Untuk langkah-langkah nonaktifkan Talkback Xiaomi dengan kombinasi tombol tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka layar kunci HP Xiaomi.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Power atau Daya hingga muncul beberapa opsi di sana. Lalu pilih opsi Matikan Daya atau Power Off.
  • Setelah HP Xiaomi mati, sekarang tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan selama 3 detik.
  • Kemudian pilih opsi Restart atau Reboot HP Xiaomi.
  • Selanjutnya hidupkan HP Xiaomi seperti biasa dengan cara menekan tombol Power selama beberapa detik hingga layar menyala.
  • Selesai.

Saat HP Xiaomi sudah menyala kembali, biasanya Google Talkback di HP tersebut akan secara otomatis dinonaktifkan alias mati. Meskipun terbilang mudah, nyatanya tidak jarang pengguna yang berhasil mematikan Talkback dengan cara ini. Jika memang tidak berhasil, disarankan untuk menerapkan cara pertama di atas yang diklaim lebih mudah dalam hal mematikan fitur Talback Xiaomi.

Selain kedua cara di atas, tidak ada lagi cara lain yang bisa digunakan untuk mematikan fitur Google Talkback yang sedang aktif di HP Xiaomi. Kedua cara ini bisa kamu terapkan di semua tipe HP Xiaomi. Namun, ada kalanya pada beberapa tipe HP agak sedikit berbeda untuk peletakan menunya. Yang perlu dipahami, fitur Talkback intinya bisa kamu temukan di bagian menu Aksesibilitas yang ada di dalam Pengaturan atau Settings.

Penutup

Itulah tadi dua cara mematikan Talkback Xiaomi semua seri yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Hapus Iklan di HP Infinix yang Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Membuat Nama di Layar Kunci HP OPPO Semua Tipe
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini