Cara Mematikan Talkback di VIVO yang Mudah

10
Cara Mematikan Talkback di VIVO
Cara Mematikan Talkback di VIVO

Cara Mematikan Talkback di VIVO – VIVO merupakan salah satu brand smartphone ternama yang cukup terkenal di Indonesia khususnya. Brand smartphone android asal Tiongkok ini sudah merilis beragam seri HP dan menjadi pilihan favorit banyak orang. Salah satu ciri khas yang diusung oleh HP VIVO adalah desainnya yang modis dan trendi, sangat cocok dengan gaya anak muda jaman sekarang. Bodi HP dibalut dengan material yang kokoh sehingga cukup awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, performa kinerjanya juga terbilang sangat cepat, mampu melibas berbagai aktivitas berat.

Cara Mematikan Talkback di VIVO
Cara Mematikan Talkback di VIVO

Tidak hanya itu saja, di perangkat smartphone android VIVO juga disematkan beragam fitur canggih di dalamnya. Beberapa fitur dihadirkan untuk semakin mempermudah aktivitas harian penggunanya. Misalnya saja fitur App Lock yang fungsinya untuk mengunci aplikasi pribadi milik pengguna. Aplikasi tertentu memungkinkan untuk dikunci menggunakan password, PIN, ataupun fingerprint, sehingga tidak ada orang lain yang bisa membukanya. Tentunya masih banyak fitur canggih lain yang disematkan di dalam perangkat smartphone VIVO tersebut.

Baca Juga:

Mengoperasikan HP VIVO, terkadang ada hal tidak terduga yang terjadi pada perangkat tersebut. Misalnya saja HP yang mengeluarkan suara khusus ketika pengguna meng-klik atau membuka menu / aplikasi tertentu. Sebagian pengguna akan merasa panik, dikarenakan sebelumnya pengguna tidak melakukan apa pun pada perangkat HP tersebut. Sebenarnya hal seperti ini bukanlah sebuah kerusakan, melainkan karena fitur bernama Talkback di HP VIVO tersebut yang aktif. Memang banyak pengguna yang menemukan fitur Talkback aktif dengan sendirinya di HP VIVO-nya tersebut. Lantas, bagaimana cara mematikan Talkback di VIVO ini? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tentang Fitur Talkback di HP VIVO

Talkback merupakan salah satu fitur penting di sebuah perangkat smartphone yang dihadirkan untuk memudahkan para penyandang disabilitas khususnya orang buta / penglihatan kabur dalam mengoperasikan HP. Fitur ini sudah disematkan di berbagai merek dan tipe HP, termasuk juga di HP VIVO.

Saat diaktifkan, fitur Talkback akan mengeluarkan suara ketika pengguna memencet menu atau fitur tertentu di perangkat smartphone. Suara tersebut akan menjelaskan detail dari menu atau fitur yang dipilihnya tersebut. Merupakan fitur yang sangat berguna, mungkin menurut pengguna normal fitur ini tidak terlalu dibutuhkan.

Pada HP VIVO terkadang memang fitur ini bisa aktif dengan sendirinya. Bisa karena pengguna tidak sengaja memencet kombinasi tombol atau sistem android yang error sehingga membuat fitur Talkback tersebut aktif secara otomatis. Sebenarnya masalah seperti ini tidak hanya bisa terjadi pada HP VIVO, melainkan juga pada merek dan tipe HP android lain yang menyediakan fitur Talkback tersebut.

Cara Mematikan Talkback di VIVO yang Mudah

Cara Menonaktifkan Talkback di VIVO
Cara Menonaktifkan Talkback di VIVO

Mendapati fitur Talkback di HP VIVO yang sedang aktif, bagi pengguna normal tentunya hal ini cukup menganggu. Pasalnya setiap menekan menu atau fitur tertentu di HP, justru akan mengeluarkan suara yang menjelaskan detail dari menu atau fitur tersebut. Ingin menonaktifkan fitur Talkback, tetapi tidak jarang dari mereka belum tahu cara untuk melakukannya.

Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini akan dibahas cara untuk menonaktifkan Talkback di VIVO tersebut. Cara ini memungkinkan untuk diterapkan di semua tipe atau seri HP VIVO. Kalau pun berbeda, mungkin hanya peletakan fitur atau bahasanya saja, tentunya kamu bisa menyesuaikannya sendiri.

Setidaknya ada dua cara mudah untuk mematikan fitur Talkback yang aktif secara tiba-tiba di HP VIVO tersebut, yakni dengan melalui Pengaturan dan menggunakan kombinasi tombol. Adapun cara mematikan Talkback di VIVO yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Mematikan Fitur Talkback Lewat Pengaturan

Cara yang pertama dan paling mudah untuk menonaktifkan fitur Talkback di HP VIVO yakni dengan melalui menu Pengaturan atau Settings/Setelan. Ini merupakan cara yang paling umum dilakukan, bisa juga diterapkan untuk cara mengaktifkan fitur Talkback tersebut. Untuk langkah-langkah mematikan Talkback di android VIVO melalui Pengaturan ini, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP VIVO.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan klik pada opsi Shortcut and Accessibility.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Accessibility.
  4. Sekarang kamu cari kolom Reader, di sana kamu akan menemukan fitur Talkback. Lalu klik pada Talkback tersebut.
  5. Untuk mematikannya, kamu tinggal geser tombol slidernya ke arah kiri yang ada di sebelah opsi Use TalkBack.
  6. Sekarang kamu sudah berhasil mematikan fitur TalkBack di HP VIVO.
  7. Selesai.

Cara di atas diterapkan di HP VIVO Y19, kemungkinan akan berbeda lagi caranya di seri HP VIVO lain. Kamu bisa menyesuaikan sendiri cara di atas jika melakukannya di HP VIVO seri lain. Dan di bawah ini ada cara mematikan fitur Talkback di HP VIVO seri lain, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings di HP VIVO.
  2. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Lainnya.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Asisten.
  4. Di sana kamu akan menemukan fitur Talkback. Klik saja pada TalkBack tersebut, kemudian geser tombol slidernya ke arah kiri untuk mematikannya.
  5. Selesai.

Mematikan Fitur Talkback dengan Kombinasi Tombol

Selain cara di atas, ada cara yang lebih praktis untuk menonaktifkan fitur Talkback yang ada di HP VIVO. Cara yang dimaksud yakni dengan menggunakan kombinasi tombol fisik yang ada di HP VIVO. Ini tidak hanya bisa digunakan untuk mematikan Talkback di VIVO, melainkan juga berfungsi untuk mengaktifkannya. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama pastikan HP VIVO dalam keadaan menyala dan sudah dibuka kunci layarnya.
  2. Pada tampilan halaman depan atau Beranda, sekarang kamu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Biasanya akan muncul notifikasi di layar yang memberitahu fitur Talkback sudah berhasil dimatikan.
  4. Selesai.

Sementara untuk cara menghidupkan fitur Talkback kembali, kamu tinggal melakukan cara yang sama seperti di atas.

Pada HP VIVO seri lain bisa saja berbeda cara untuk mematikan atau menghidupkan Talkback menggunakan kombinasi tombol ini. cara ini bisa dilakukan jika cara di atas ternyata tidak work di HP VIVO milikmu.

  1. Pertama dalam keadaan HP hidup, kamu matikan layar dengan menekan tombol Power sekali.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan selama kurang lebih 3 detik.
  3. Jika sudah sekarang kamu lakukan restart pada HP VIVO tersebut.
  4. Saat HP menyala kembali, sekarang suara tidak akan muncul lagi yang menandakan Talkback sudah berhasil dimatikan.

Penutup

Itulah tadi dua cara mematikan Talkback di VIVO yang paling mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Konektor HP Longgar Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Bluetooth HP Nyala Sendiri dan Penyebabnya
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini