Cara Mematikan Notifikasi Youtube di HP Android

53
Cara Mematikan Notifikasi Youtube
Cara Mematikan Notifikasi Youtube

Cara Mematikan Notifikasi Youtube – Untuk urusan menonton video, Youtube bisa dibilang sebagai salah satu platform yang paling banyak dipilih oleh pengguna. Semenjak diakuisisi oleh Google, Youtube memang berkembang sangat pesat. Bahkan hingga saat ini Youtube berhasil menjelma sebagai platform menonton video nomor 1 dan paling populer di dunia. Selain penonton, di Youtube kamu juga memungkinkan untuk menjadi content creator. Video yang dibuat dan diunggah ke Youtube akan memberikanmu uang jika banyak yang nonton, dan pastinya sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan.

Cara Mematikan Notifikasi Youtube
Cara Mematikan Notifikasi Youtube

Youtube sendiri memungkinkan untuk diakses melalui berbagai jenis platform, misalnya saja melalui perangkat smartphone android. Untuk jenis perangkat mobile satu ini, kamu bisa mengakses Youtube menggunakan browser atau aplikasi Youtube yang diinstall melalui Google Playstore. Agar lebih mudah dan nyaman untuk mengelola tontonanmu di Youtube, disarankan untuk masuk menggunakan akun Google milikmu. Di Youtube ada banyak sekali jenis tontonan yang menarik dan menghibur, pastinya sesuai dengan berbagai kalangan usia.

Baca Juga:

Menggunakan aplikasi Youtube di HP android, tidak jarang memang pengguna akan diberikan notifikasi. Notifikasi Youtube tersebut berupa rekomendasi video, video baru dari subscription, balasan komentar dan lain sebagainya. Menurut beberapa pengguna hal ini cukup mengganggu kenyamanan mereka dalam hal menggunakan smartphone. Paling menyebalkan lagi saat seru-serunya main game, tiba-tiba muncul notifikasi dari Youtube yang memecah fokus saat bermain. Lantas, bagaimana cara mematikan notifikasi Youtube di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mematikan Notifikasi Youtube di HP Android

Cara Mematikan Pemberitahuan Youtube
Cara Mematikan Pemberitahuan Youtube

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan atau menghilangkan notifikasi dari aplikasi Youtube di perangkat smartphone android. Kamu bisa memilih salah satu cara yang akan diberikan ini, pastinya sesuai dengan kebutuhanmu dalam memblokir notifikasi Youtube. Adapun cara mematikan notifikasi Youtube di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menonaktifkan Notifikasi dari Channel yang Disubscribe

Pada HP android biasanya sering muncul rekomendasi video yang disarankan untuk kamu tonton. Video tersebut merupakan video terbaru dari channel Youtube yang sudah kamu subscribe sebelumnya. Munculnya notifikasi berupa rekomendasi video ini dikarenakan sebelumnya kamu telah mengaktifkan tanda lonceng dari sebuah channel Youtube ketika pertama kali subscribe.

Tentu saja notifikasi semacam ini akan terus muncul sebelum kamu mematikan notifikasinya tersebut. Untuk mematikan notifikasi video baru dari cahnnel yang disubscribe ini terbilang sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Youtube di perangkat smartphone.
  • Pada halaman Beranda Youtube, kamu klik menu Subscription yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Kemudian pada daftar channel yang disubscribe, kamu klik opsi SEMUA yang ada di sebelah kanannya. Nantinya akan ditampilkan daftar lengkap channel Youtube yang sudah kamu subscribe.
  • Selanjutnya klik opsi KELOLA yang ada di kanan atas tampilan, lalu cari channel yang tanda loncengnya aktif.
  • Untuk mematikan notifikasi video baru dari channel tersebut, kamu klik tanda loncengnya lalu pilih opsi Tidak Ada atau Dipesonalisasi. Untuk pilihan dipersonalisasi, notifikasi video hanya akan muncul dalam hal tertentu.
  • Lakukan cara yang sama pada channel lain yang tidak ingin kamu lihat notifikasi video yang baru diuploadnya.
  • Selesai.

2. Mematikan Notifikasi Lewat Setelan Youtube

Cara yang kedua ini agak berbeda dengan cara di atas, di mana di sini kita akan mengelola notifikasi dari Youtube dalam berbagai jenis. Kamu memungkinkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi berupa rekomendasi video, subscription, aktivitas channel, balasan komentar, konten yang dibagikan, update produk dan lain sebagainya.

Untuk melakukan cara ini tentunya kamu perlu mengunduh dan menginstall aplikasi Youtube di perangkat smartphone. Selain itu, pada akun Youtube kamu juga harus login menggunakan akun Google milikmu agar bisa mengakses pengaturan notifikasi ini. Mengenai langkah-langkah untuk mengelola notifikasi di aplikasi Youtube ini sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Youtube di perangkat smartphone.
  • Pada halaman Beranda aplikasi, kamu klik pada menu Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Akan ditampilkan beberapa pilihan di sana, selanjutnya klik pada opsi Setelan.
  • Cari dan klik pada opsi Notifikasi, maka akan ditampilan halaman untuk mengelola pemberitahuan di aplikasi Youtube tersebut.
  • Ada beberapa jenis notifikasi yang memungkinkan untuk kamu aktifkan dan nonaktifkan, mulai dari Subscription, Rekomendasi video, Aktivitas di channel saya, Balasan untuk komentar saya, Sebutan, Konten yang dibagikan, Update produk, Tonton di TV, hingga Notifikasi suara & getar.
  • Untuk menonaktifkan beberapa jenis notifikasi tersebut, tinggal geser tombol slider yang ada di sebalah kanannya ke arah kiri hingga warnanya berubah menjadi abu-abu.
  • Selesai.

3. Mematikan Notifikasi Youtube dari Pengaturan HP

Selain melakukan pengaturan notifikasi Youtube dari dalam aplikasi, kamu juga bisa mengelola notifikasi Youtube ini lewat menu Pengaturan atau Settings. Sama halnya dengan cara kedua di atas, kamu bisa mengatur jenis notifikasi yang boleh atau tidak boleh menampilkan pemberitahuan. Menariknya, menggunakan cara ini kamu memungkinkan untuk mematikan semua jenis notifikasi dari aplikasi Youtube sekaligus dengan hanya sekali klik.

Mengenai langkah-langkah untuk mematikan notifikasi Youtube lewat menu Pengaturan HP selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP androidmu.
  • Pada halaman pengaturan tersebut kamu klik pada opsi Aplikasi. Jika tidak menemukannya, maka bisa dengan masuk ke Pengaturan Lainnya lalu pilih Aplikasi Terinstall atau Manajemen Aplikasi. Pengaturan ini bisa disesuaikan dengan merek dan tipe HP androidmu.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Youtube, lalu masuk ke menu Pemberitahuan atau Notifikasi.
  • Di sana kamu bisa mematikan jenis notifikasi yang tidak ingin muncul di HP android. Caranya cukup dengan klik pada tombol slider yang ada di sebelah kanan jenis notifikasi hingga nonaktif atau berubah menjadi abu-abu.
  • Atau jika kamu ingin mematikan semua jenis notifikasi sekaligus, maka bisa menggeser tombol slider yang ada di sebelah opsi Tampilkan Notifikasi.
  • Selesai.

Penutup

Dengan beberapa cara di atas maka di HP androidmu tidak akan lagi muncul notifikasi dari aplikasi Youtube. Kamu bisa tenang mengoperasikan HP tanpa adanya gangguan pemberitahuan Youtube. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Upload Foto ke Google di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Reset HP Jarak Jauh yang Mudah Terbaru 2022
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini