Cara Mematikan Notifikasi FB di HP Android

21
Cara Mematikan Notifikasi FB di HP
Cara Mematikan Notifikasi FB di HP

Cara Mematikan Notifikasi FB di HP – FB atau Facebook bisa dibilang sebagai salah satu platform jejaring sosial yang paling banyak diminati saat ini. Hadir dalam bentuk website dan aplikasi mobile, Facebook bahkan menjadi dunia kedua bagi beberapa orang. Khususnya mereka yang memang suka berselancar di dunia maya. Bahkan kebanyakan dari mereka menghabiskan banyak waktunya untuk sekedar scrolling di media sosial. Tidak heran karena Facebook menghadirkan semakin banyak fitur menarik di dalamnya. Terlebih lagi Facebook gratis untuk digunakan, baik untuk versi website maupun aplikasi mobilenya.

Cara Mematikan Notifikasi FB di HP
Cara Mematikan Notifikasi FB di HP

Memasang aplikasi Facebook di HP android, pengguna bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Playstore. Namun, ada beberapa tipe HP android yang menjadi aplikasi Facebook sebagai aplikasi bawaan atau bloatware. Dengan ini pengguna tidak perlu menginstall aplikasi Facebook tersebut secara manual, pasalnya sudah menjadi aplikasi yang otomatis ada di HP android. Namun, terkadang aplikasi Facebook yang dijadikan sebagai aplikasi bawaan ini tidak dapat dihapus. Bisa menghapusnya asalkan HP android tersebut sudah diroot, akan tetapi ini merupakan tindakan yang membahayakan. Ada dua jenis aplikasi Facebook di android yang bisa digunakan, yakni aplikasi Facebook Reguler dan Facebook Lite.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi Facebook di HP android, biasanya aplikasi tersebut akan menampilkan notifikasi ketika ada sesuatu pada akun pengguna. Baik itu karena ada permintaan pertemanan baru, like postingan, komentar postingan pribadi dan grup, pesan baru yang masuk dan lain sebagainya. Terkadang juga aplikasi Facebook akan memberikan notifikasi kepada pengguna ketika ada versi aplikasi Facebook baru yang dihadirkan di Google Playstore. Bagi sebagian pengguna, mereka merasa terganggung dengan adanya notifikasi FB di HP android ini. Tidak perlu khawatir, karena pada HP android ada fitur khusus yang bisa menghilangkan atau membisukan notifikasi aplikasi tersebut, termasuk notifikasi Facebook. Berikut cara mematikan notifikasi FB di HP android yang bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Mematikan Notifikasi FB di HP Android

Cara Mematikan Pemberitahuan FB di HP
Cara Mematikan Pemberitahuan FB di HP

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan notifikasi Facebook di HP android, yakni memanfaatkan fitur di aplikasi Facebook dan fitur di HP android itu sendiri. Kedua cara tersebut sama-sama mudah untuk diterapkan, bahkan tidak membutuhkan langkah-langkah yang panjang. Adapun cara mematikan notifikasi FB di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan Pemberitahuan Facebook Langsung di Aplikasi

Untuk cara yang pertama kamu bisa mematikan notifikasi Facebook di HP android melalui aplikasi Facebook itu sendiri. Di sini kamu bisa mengontrol jenis notifikasi atau pemberitahuan apa saja yang ingin disenyapkan dan membiarkan jenis notifikasi lain tetap aktif. Atau bisa juga mematikan semua jenis notifikasi tersebut, baik notifikasi di HP, notifikasi di email ataupun notifikasi di SMS.

Untuk langkah-langkah mematikan notifikasi FB langsung dari aplikasinya tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Facebook di HP android.
  2. Kemudian login ke akun Facebook pribadi jika belum.
  3. Pada halaman Beranda Facebook, kamu klik menu Tiga Garis yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  4. Kemudian klik pada opsi Pengaturan dan Privasi, lalu klik opsi Pengaturan.
  5. Gulir ke bawah, kemudian klik pada opsi Notifikasi.
  6. Di bagian “Notifikasi Apa yang Anda Terima” kamu tinggal pilih jenis notifikasi apa yang ingin dimatikan. Misalnya saja ingin mematikan notifikasi Komentar, maka klik opsi Komentar lalu matikan notifikasi Push, Email dan SMS dengan cara menggeser tombol slidernya. Kamu bisa melakukan cara yang sama untuk mematikan jenis notifikasi FB lainnya.
  7. Sementara pada bagian “Tempat Anda Menerima Notifikasi”, kamu klik pada opsi Otomatis, lalu matikan notifikasinya. Cara ini bisa digunakan jika ingin memblokir semua pemberitahuan Facebook di HP android.
  8. Selesai.

Catatan: Cara di atas diterapkan di aplikasi Facebook Reguler. Sementara untuk cara melakukannya di Facebook Lite kemungkinan tidak berbeda jauh dengan cara di atas.

2. Mematikan Pemberitahuan Facebook Lewat Menu Pengaturan

Sementara untuk cara kedua ini dilakukan untuk memblokir notifikasi dari FB pada HP android. Biasanya notifikasi yang muncul di Panel Notifikasi atau Notifikasi Pop-up. Untuk mematikannya bisa langsung melalui menu Pengaturan atau Settings di HP android. Mengenai langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi. Jika tidak ada, maka bisa masuk ke Pengaturan Tambahan terlebih dahulu, lalu klik pada opsi Manajemen Aplikasi.
  3. Di sana akan ditampilkan daftar aplikasi yang terinstall di perangkat androidmu. Sekarang kamu cari aplikasi Facebook dan klik pada ikon aplikasi tersebut.
  4. Pada halaman Info Aplikasi Facebook, kamu klik pada opsi Kelola Notifikasi.
  5. Kemudian cari jenis notifikasi Facebook yang ingin dimatikan atau diblokir. Jika sudah ketemu, matikan jenis notifikasi tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kiri hingga berubah warna menjadi abu-abu.
  6. Namun, jika kamu ingin mematikan semua jenis notifikasi FB di HP, maka tinggal geser tombol slider ke arah kiri yang ada di bagian opsi Izinkan Notifikasi. Letaknya ada di bagian atas sendiri.
  7. Selesai.

Cara di atas bisa kamu terapkan di semua tipe HP android. Kalau pun berbeda, pasti tidak akan beda jauh dengan tutorial di atas. Jika kamu bingung mengakses halaman Info Aplikasi Facebook, alternatif lain yang bisa digunakan yakni dengan menekan dan tahan ikon aplikasi Facebook di layar menu HP hingga muncul beberapa opsi di atasnya. Kemudian kamu klik opsi Info Aplikasi (ikon i) yang ada di sana, maka kamu akan langsung dibawa ke halaman Info Aplikasi Facebook.

Dengan demikian kamu sudah berhasil mematikan notifikasi dari Facebook di HP android. Beberapa pengguna memang merasa terganggu dengan adanya notifikasi di aplikasi Facebooknya ini, khususnya ketika sudah login ke akun FB di aplikasi Facebook.

Penutup

Itulah tadi cara mematikan notifikasi FB di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Upload Video dari FB ke Status WA di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini