Cara Mematikan Auto Translate TikTok di HP Android

42
Cara Mematikan Auto Translate TikTok
Cara Mematikan Auto Translate TikTok

Cara Mematikan Auto Translate TikTok – Hampir semua pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform jejaring sosial satu ini. TikTok memang sedang menjadi platform paling booming sekarang ini, penggunanya datang dari berbagai kalangan. Dalam hal ini pihak TikTok telah melakukan pembatasan usia untuk para penggunanya, di mana usia minimal seseorang uang diperbolehkan mengakses TikTok yakni di atas 13 tahun. Pembatasan usia ini dilakukan demi menjaga anak di bawah umur agar tidak mengakses konten-konten yang bukan untuk usianya. Bisa jadi kebijakan dalam pembatasan usia ini berubah sewaktu-waktu mengikuti kondisi yang ada sekarang ini.

Cara Mematikan Auto Translate TikTok
Cara Mematikan Auto Translate TikTok

Di TikTok kita dapat menonton berbagai video pendek menarik sesuai minat, karena itulah disediakan halaman FYP. FYP memiliki kepanjangan For Yout Page, yang artinya pada halaman ini akan menampilkan video-video yang sesuai dengan minat masing-masing pengguna. Video FYP dari setiap akun ini akan berbeda-beda hasilnya, yang mana video yang ditampilkan berdasarkan kebiasaan pengguna menonton video apa saja. Misalnya saja pengguna sering menonton video bergenre burung, maka pada FYP-nya akan lebih sering muncul video yang bertema burung. Meskipun terkadang juga dapat muncul video genre lainnya. Selain menonton video, di TikTok kita juga memungkinkan untuk membuat dan mengunggah video kita sendiri di akun pribadi.

Baca Juga:

Saat menonton video di TikTok, terkadang ada beberapa video yang memiliki bahasa asing yang muncul di FYP kita. Karena bahasanya yang berbeda dengan pengaturan bahasa di akun TikTok kita, sehingga akan muncul dibawah video terjemahannya. Sistem canggih dari TikTok akan melakukan translate bahasa dengan cepat dan real-time sesuai dengan bahasa pada video. Fitur auto translate ini sangat mirip dengan fitur Subtitle yang ada di Youtube, yang mana bahasa terjemahan akan ditampilkan secara real-time pada video. Meskipun cukup bermanfaat, nyatanya beberapa pengguna merasa terganggu dengan adanya fitur ini. Sehingga mereka ingin menghilangkan fitur Auto Translate di akun TikToknya tersbeut. Sayangnya tidak jarang dari mereka yang tahu cara menonaktifkan fitur Auto Translate TikTok ini. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Tentang Fitur Auto Translate TikTok

Auto Translate atau Terjemahan Otomatis merupakan salah satu fitur canggih yang dimiliki oleh TikTok. Fitur satu ini akan secara otomatis mendeteksi bahasa dari audio pada sebuah video TikTok. Demi meningkatkan pengalaman pengguna dalam menonton video TikTok, fitur tersebut akan memberikan terjemahan bahasa sesuai yang dimengerti oleh pengguna.

Fitur Auto Translate TikTok ini akan menampilkan terjemahan bahasa dalam sebuah video dalam bentuk teks yang muncul di bagian bawah video tersebut. Hasil terjemahan yang diberikan diklaim cukup akurat, meskipun menurut beberapa orang terkadang fitur tersebut kurang akurat dalam memberikan terjemahan. Kemungkinan inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa beberapa orang lebih memilih untuk menonaktifkan fitur tersebut di akun TikToknya.

Secara default fitur Auto Translate TikTok ini memang akan diaktifkan pada akun pengguna. Fitur tersebut akan menyesuaikan bahasa yang digunakan pengguna TikTok, sehingga dalam fungsinya ia dapat menerjemahkan bahasa yang mungkin tidak dimengerti oleh pengguna. Dalam hal ini pengguna akan lebih mengerti tentang sebuah video memiliki bahasa berbeda dengannya.

Cara Mematikan Auto Translate TikTok di HP Android

Untuk menonaktifkan Terjemahan Otomatis TikTok di android, kita dapat melakukannya melalui menu Pengaturan Akun. Di sana terdapat opsi untuk mematikan atau mengaktifkan fitur Auto Translate tersebut. Dengan demikian pengguna dapat mengaturnya sesuai dengan kenyamanan ia dalam mengakses TikTok.

Adapun cara mematikan Auto translate TikTok di smartphone android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Menonaktifkan Auto Translate TikTok di HP Android
Cara Menonaktifkan Auto Translate TikTok di HP Android
  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi TikTok di HP Androidmu.
  2. Pastikan kamu sudah login ke akun TikTok yang ingin dimatikan Auto Translatenya.
  3. Pada halaman FYP TikTok, sekarang kamu klik menu Profile atau Profil yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  4. Halaman Profil Akun TikTok akan ditampilkan di sana, selanjutnya kamu klik ikon Tiga Garis Horizontal yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  5. Lanjutkan dengan pilih menu Pengaturan dan Privasi atau Settings and Privacy.
  6. Kemudian gulir ke bawah dan klik pada opsi Bahasa atau Language.
  7. Di sana kamu akan menemukan opsi Tampilkan Terjemahan Otomatis atau Always Auto Translate. Untuk mematikan fitur tersebut, kamu ketuk tombol slider yang ada di sebelah kanan opsi tersebut hingga warnanya berubah menjadi abu-abu.
  8. Selesai.

Dengan cara ini fitur Auto Translate di akun TikTokmu akan dinonaktifkan sehingga tidak akan muncul lagi teks hasil terjemahan di bawah video.

Cara Menonaktifkan Teks Otomatis di TikTok

Teks Otomatis dan Terjemahan Otomatis sebenarnya merupakan dua fitur yang berbeda, cara kerjanya juga berbeda. Jika Terjemahan Otomatis atau Auto Translate akan menampilkan teks hasil terjemahan dari bahasa dalam video, berbeda lagi dengan Auto Teks atau Teks Otomatis.

Fungsi dari Teks Otomatis TikTok ini akan menampilkan teks dari suara vocal di dalam sebuah video. Teks yang ditampilkan sendiri sesuai dengan suara yang dikeluarkan dalam video tanpa menerjemahkannya ke bahasa lain. Misalnya saja pada video podcast, maka di bawah video akan muncul teks sesuai dengan pembicaraan yang ada di dalam video tersebut.

Fitur Auto Teks TikTok ini sangat bermanfaat bagi kamu yang menonton video TikTok tanpa suara atau dengan suara yang kecil. Kamu tetap dapat mengerti isi dari video dengan membaca teks otomatis yang muncul di bawah video. Misalnya saja saat kamu scrolling TikTok saat malam hari dan tidak ingin mengganggu orang lain yang ada di dekatmu.

Akan tetapi, menurut beberapa pengguna fitur ini cukup mengganggu sehingga ingin mematikannya. Utnuk mematikan fitur Teks Otomatis TikTok tersebut, yakni:

Cara Menonaktifkan Teks Otomatis di TikTok
Cara Menonaktifkan Teks Otomatis di TikTok
  1. Buka aplikasi TikTok di HP androidmu.
  2. Pada halaman FYP TikTok, kamu klik menu Profile atau Profil yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  3. Selanjutnya klik pada ikon Tiga Garis Horizontal di pojok kanan atas tampilan.
  4. Lalu pilih menu Pengaturan dan Privasi atau Settings and Privacy.
  5. Lanjutkan dengan pilih opsi Aksesibilitas atau Accessibility.
  6. Kemudian nonaktifkan fitur Subtitles atau Teks Otomatis dengan menggeser tombol slidernya.
  7. Selesai.

Kami juga membahas cara mematikan fitur Teks Otomatis atau Subtitle di TikTok ini dikarenakan fungsinya yang hampir sama dengan Auto Translate. Mungkin saja maksud beberapa pengguna ingin mematikan Teks Otomatis ini, hanya saja ia mengira itu adalah teks hasil dari Auto Translate.

Penutup

Itulah tadi cara mematikan auto translate TikTok di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Ganti Password BSI Mobile di HP Tanpa ke Bank
Artikel SelanjutnyaCara Menambahkan Lagu di Catatan Instagram Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini