Cara Memati Hidupkan HP Xiaomi Secara Otomatis

Cara Memati Hidupkan HP Xiaomi Secara Otomatis – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada semua smartphone keluaran dari merk Xiaomi memiliki ROM nya sendiri, yaitu ROM MIUI, di mana hingga saat ini sudah muncul MIUI 8. Yang membuat versi kedelapan nya ini sangat keren adalah kita para pengguna nya akan menemukan banyak sekali fitur tambahan yang sebagian tidak terdapat pada hp merk lain. Salah satu fitur dari MIUI 8 yang akan kita bahas kali ini adalah fitur agar kita bisa memati hidupkan smartphone Xiaomi secara otomatis dan terjadwal. Walaupun terbilang sepele fitur ini akan sangat dapat berguna bagi kamu yang suka malas memati dan hidupkan hp Xiaomi secara manual, yang mana dengan cara mematikan hp akan bisa memperpanjang umur hp itu sendiri agar tidak cepat rusak dan pemakaian baterai juga akan jauh lebih hemat.

Cara Memati Hidupkan HP Xiaomi Secara Otomatis

Jadi jika fitur ini sudah kamu aktifkan tidak lagi perlu untuk repot – repot mematikan nya secara manual, biarkan smartphone Xiaomi kamu melakukannya sendiri sesuai jadwal mati dan hidup yang telah di setting sebelumnya. Untuk kamu yang masih bertanya – tanya kenapa wajib mengetahui penggunaan fungsi dari fitur ini ? Karena fitur ini akan sangat berguna untuk bisa menghemat daya baterai hp, apa lagi ketika saat anda tidak memainkan hp. Contoh nya saja saat di jam 11 malam hingga 6 pagi, yang mana jelas itu merupakan waktu anda tidur dan tidak menggunakan smartphone, maka akan lebih baik untuk mengaktifkan fitur yang satu ini dari pada membiarkan hp kesayangan anda menyala, dengan cara menonaktifkan ponsel dengan sendiri nya.

Baca Juga :

Penting juga untuk anda ketahui semua fitur apa saja yang telah MIUI 8 sajikan, yaitu di antara nya seperti Aplikasi Notes, berfungsi menambah pengalaman kamu membuat sebuah note baru hanya dengan mengusap / swipe layar ke bawah secara cepat, dan untuk menghapus note cukup kamu double swipe ke atas dengan cepat. Desain baru notifikasi juga di terapkan pada MIUI 8 tersebut, yaitu di swipe dari kanan ke kiri atau atas ke bawah, dan masih banyak fitur lain dari MIUI 8. Namun, tetap saja fitur simple tapi sangat berguna adalah fitur Scheduled Power Off / On yang sedang kita bahas pada artikel ini, yang mana dengan memakai fitur otomatis ini hp Xiaomi kita akan dapat mati hidup sesuai dengan waktu yang sudah di tentukan sebelumnya.

Cara Memati Hidupkan HP Xiaomi Secara Otomatis

Kalau anda tertarik ingin memakai fitur yang satu ini, maka ikuti lah beberapa langkah di bawah ini. Tapi, sebelum itu ada baik nya anda pastikan terlebih dahulu bahwa MIUI yang terdapat di smartphone kamu adalah MIUI 8 yaa, sebab pada MIUI 7 sendiri belum memiliki fitur canggih ini, jadi percuma saja kalian ikuti tutor di bawah taoi MIUI yang kalian pakai sendiri bukan MIUI 8 hehe.

Ikuti langkah – langkah nya di bawah ini :

  • Buka aplikasi Keamanan pada hp Xiaomi, lalu pilih menu Baterai, kemudian pilih Jadwal daya hidup / mati. Pada menu ini kalian bisa mengatur waktu kapan hp harus mati (nonaktif) dan kapan ia harus hidup (aktif).

Cara Memati Hidupkan HP Xiaomi Secara Otomatis

  • Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di atas, di mana saya mengatur mati hidup nya smartphone saya di pukul 23:30 pagi, lalu bangun pada jam 07:00 (pagi), karena di jam – jam itu lah saya tidak menggunakan hp.

Fitur tersebut sangat bermanfaat agar daya baterai bisa kita tahan, yang mana secara logika pada saat hp dalam keadaan mati, maka baterai tidak digunakan sama sekali, sebab tidak ada hardware maupun software yang sedang berjalan. Kemudian di sebabkan pada dasar nya setiap baterai itu memiliki masa pakai nya tersendiri, semakin sering kita gunakan maka akan semakin cepat rusak, begitu pula sebalik nya dengan perangkat lain. Selain pengaturan hidup mati ini Xiaomi masih ada fitur lain nya, yaitu Sleep, menonaktifkan hp dengan mode Sleep sangat lah berbeda, sebab cara yang kita pakai di atas merupakan cara memati / nonaktif kan hp yang artinya hp akan dalam keadaan tidak hidup secara keseluruhan, akan tetapi pada mode Sleep hanya layar nya saja yang mati, pada mesin hp masih berjalan normal.

Akan tetapi jika hp Xiaomi kamu sering mati total dengan sendiri nya dan ternyata bukan fungsi dari fitur yang telah kita bahas tadi, maka berkemungkinan bahwa hp Xiaomi kamu mengalami namanya Bootloop. Hal tersebut bisa terjadi salah satu nya adalah kesalahan ketika mengutak – atik ROM atau melakukan penginstallan ROM yang kurang kompatibel dengan perangkat Xiaomi kamu, jadi jangan heran apabila smartphone yang kamu miliki tiba – tiba mati sendiri setelah melakukan hal seperti yang saya bilang tadi yaitu melakukan upgrade sistem maupun sejenis nya yang tidak sesuai dengan device Xiaomi. Pada umum nya kegagalan dalam proses flash rom atau rooting, menginstall viper . dolby atmos / xposed juga bisa menjadi penyebab terjadi nya gangguan yang sedang anda alami sekarang ini.

Cara Memati Hidupkan HP Xiaomi Secara Otomatis

Sering tidak di sadari atau ketahui oleh para pengguna smartphone Xiaomi bahwa dengan cara melakukan tindakan flashing rom atau flash firmware bisa menyelesaikan masalah hp yang sering mati hidup sendiri, yang padahal hp android ngehang / ngeblank tersebut tidak cuman berupa kasus seperti Xiaomi Redmi 3 yang tidak dapat masuk ke dalam mode fastboot atau juga sembarang download firmware tanpa mengetahui kompatibel tidak nya sama perangkat yang di miliki. Supaya kamu tidak lagi salah dalam hal menangani problem hp mati total dan tidak hidup. maka berikut di bawah ini sedikit perbedaan yang penting kamu ketahui di antara Harbrick dan Bootloop :

  • Jika smartphone Xiaomi Redmi 3 telah tidak dapat hidup serta tidak bisa untuk di charge, itu artinya smartphone Xiaomi kamu sedang bermasalah Hardbrick.
  • Jika smartphone Xiaomi Redmi 3 anda bisa hidup tapi cuman sebatas Logo Mi, hal ini mempunyai arti bawha hp Xiaomi yang kalian miliki mendapatkan masalah Bootloop.
  • Jika smartphone Xiaomi Redmi 3 telah tidak dapat hidup tapi masih bisa di charge, itu artinya smartphone tersebut mengalami masalah yang nama nya Hardbrick / Softbrick.
  • Jika smartphone Xiaomi Redmi 3 anda bisa hidup tapi cuman sebatas Logo Mi dan melakukan reboot ladi dengan sendiri nya, maka hp anda mengalami masalah Softbrick.

Penutup

Ok guys itulah tadi beberapa langkah cara mengaktifkan mode mati hidup Xiaomi terbaru, serta sedikit informasi yang kemungkinan bahwa hp anda mengalami masalah jika mengalami mati hidup tapi bukan karena di sebabkan oleh fitur ini. Jangan lupa share artikel kali ini, see you next time guys.