Cara Memasang Tempered Glass yang Benar

17
Cara Memasang Tempered Glass
Cara Memasang Tempered Glass

Cara Memasang Tempered Glass – HP android tersusun dari berbagai jenis komponen yang menjadi satu kesatuan, baik itu komponen hardware maupun software. Setiap komponen hardware HP khususnya, ini memiliki fungsi penting tersendiri. Jika ada salah satu komponen hardware HP yang bermasalah atau rusak, tentunya hal ini akan membuat HP tidak dapat berfungsi normal seperti biasanya. Untuk itu, sangat penting untuk memberikan perawatan rutin dan berkala pada setiap komponen HP agar fungsinya tetap maksimal. Tidak hanya pada sisi hardware saja, perawatan juga perlu diberikan pada sistem software HP.

Cara Memasang Tempered Glass
Cara Memasang Tempered Glass

Dari beberapa jenis komponen hardware HP, salah satu komponen yang punya fungsi penting yakni layar. Layar HP ini fungsinya sebagai display atau menampilkan gambar visual sehingga pengguna bisa mengoperasikan HP dengan mudah dan nyaman. Tidak seperti HP jaman dulu, HP android dibekali dengan layar sentuh yang kuat dan kokoh. Bahkan pada beberapa merek dan tipe HP layarnya tersebut sudah dilapisi dengan kaca pelindung yang kuat dan anti gores. Ini tentunya akan menjadi proteksi tambahan pada layar HP, sehingga pengguna tidak perlu khawatir layar HP-nya tersebut dapat tergores atau pecah.

Baca Juga:

Namun, memang masih ada beberapa tipe HP android yang belum dilengkapi dengan proteksi layar bawaan ini. Untuk itu, pengguna perlu memberikan proteksi layar tambahan yang bisa dibeli secara bebas di pasaran. Pelindung layar tambahan pada HP ini sendiri dikenal dengan sebutan tempered glass yang diklaim mampu melindungi layar HP dengan sangat baik. Membeli tempered glass, mungkin sebagian dari kalian bingung saat ingin memasangnya. Pemasangan tempered glass ini pun tidak boleh sembarangan agar fungsinya bisa lebih maksimal dan tidak mengganggu fungsi layar. Berikut cara memasang tempered glass pada layar HP yang benar bisa kalian simak dan terapkan sendiri.

Cara Memasang Tempered Glass yang Benar

Cara Memasang Pelindung Layar
Cara Memasang Pelindung Layar

Sebenarnya jika kamu kesulitan untuk memasang tempered glass HP, bisa saja meminta bantuan kepada penjual tempered glass tersebut. Namun, terkadang tempered glass yang disediakan di konter HP tidak cocok dengan HP kita. Atau bisa juga kualitasnya tidak sesuai dengan keinginan, sehingga memaksa kita untuk membeli tempered glass secara online. Hal ini tentunya juga mengharuskan kita memasang sendiri tempered glass tersebut.

Memasang pelindung kaca tambahan pada layar HP bisa dibilang susah-susah gampang. Bagi kita yang belum pernah sekali pun memasangnya, mungkin agak gugup dan bahkan sampai kebingungan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu saat pemasangan. Memasang tempered glass secara sembarangan akan berdampak pada tampilan layar HP yang kurang menarik, bahkan bisa juga mengganggu fungsi layarnya.

Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap dan detail mengenai cara memasang tempered glass pada HP tersebut. Adapun langkah-langkah pemasangan tempered glass HP selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum lanjut sebaiknya kamu siapkan dulu alat dan bahan untuk memasang pelindung layar atau tempered glass. Beberapa alat yang perlu disiapkan, seperti sepaket tempered glass (pelindung layar, tisu basah, tisu kering, dust absorder, dll), tempat yang datar dan bersih, kartu ATM bekas (opsional).

2. Membersihkan Permukaan Layar HP

Setelah beberapa bahan dan alat di atas dipersiapkan, sekarang lanjutkan untuk membersihkan permukaan layar HP. Gunakan tisu basah yang ada di dalam paket tempered glass untuk mengusap layar HP. Gosok-gosok secara perlahan hingga semua kotoran yang menempel di layar HP terangkat. Sebelumnya kamu perlu memastikan tangan sudah bersih dari debu atau kotoran lainnya.

Jika sudah sekarang lap permukaan layar HP menggunakan tisu kering yang juga berada satu paket dengan tempered glass. Pastikan permukaan layar HP sudah bersih dan kering, lakukan cara ini secara perlahan agar tidak menyebabkan goresan pada layar.

3. Gunakan Dust Absorder untuk pembersihan Lanjutan

Selain kedua alat di atas, biasanya di dalam satu paket tempered glass juga tersedia dust abdosder. Alat satu ini berfungsi untuk mengangkat kotoran yang membandel dan sulit hilang dari permukaan layar HP.

Akan tetapi, jika kamu sudah bisa memastikan permukaan layar HP yang ingin dipasang tempered glass sudah bersih, maka tidak perlu menggunakan alat satu ini. Dust absorder hanya bisa digunakan sebagai alat pembersih tambahan yang memang kemampuannya sangat baik dalam hal mengangkat kotoran yang sulit dibersihkan.

4. Buka Segel Tempered Glass dan Pasang pada Layar

Pastikan kamu meletakkan HP di bidang yang datar dan bersih agar lebih mudah melakukan pemasangan. Sekarang kamu buka segel tempered glass yang biasanya berada di ujung pojok atas. Namun perlu diingat, jangan langsung kamu buka semua lapisan segel di tempered glass tersebut. Usahakan buka separuhnya saja, kemudian posisikan bagian ujung tempered glass pada sisi ujung layar HP.

Jika dirasa sudah pas, sekarang kamu tempelkan tempered glass sambil menarik sisa pelindung segel yang masih belum dilepas tadi. Rekatkan tempered glass seluruhnya pada layar, lalu sambil menekan tempered glass agar tidak menimbulkan gelembung udara yang terperangkap. Untuk lebih mempermudah, kamu bisa menggunakan semacam kartu ATM bekas yang bagian tepinya sudah dihaluskan. Takutnya tepian kartu yang kasar ini akan menimbulkan goresan pada tempered glass.

Penutup

Sekarang kamu sudah berhasil menerapkan cara memasang tempered glass pada layar HP sendiri, tanpa harus meminta bantuan siapa pun. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Melepas Tempered Glass yang Mudah dan Aman
Artikel SelanjutnyaCara Ganti Foto Playlist Spotify di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini