Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus di HP Android

26
Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus
Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus

Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus – Di jaman yang sudah modern seperti sekarang ini, rasanya hampir tidak ada memiliki smartphone. Smartphone android khususnya sekarang sudah bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau, apalagi untuk kondisi bekasnya. Meskipun bekas, namun performa smartphone masih cukup cepat dan nyaman dioperasikan. Terlebih lagi sekarang ini para vendor smartphone android berlomba-lomba untuk merilis HP canggih dengan banderol harga terjangkau. Berbagai fitur canggih dan inovasi terbaru dihadirkan guna untuk menarik minat pengguna.

Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus
Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus

Meski dibekali dengan banyak fitur, namun HP android tidak terlepas dari fungsi utamanya yakni memudahkan pengguna untuk saling berkomunikasi. Terhubung dan berkomunikasi lewat HP android bisa dengan berbagai cara, misalnya saja dengan saling berkirim pesan. Untuk soal ini kita tidak hanya bisa menggunakan layanan SMS saja, melainkan juga lebih praktis dengan aplikasi chatting online. Berbeda dengan layanan SMS yang berbayar untuk setiap pengiriman pesan, namun untuk aplikasi chatting online ini kita hanya membutuhkan jaringan internet saja. Menghubungkan HP ke jaringan internet, maka kita sudah bisa puas chattingan melalui aplikasi, misalnya lewat WhatsApp.

Baca Juga:

Meskipun sudah semakin ditinggalkan, nyatanya tidak jarang pengguna yang masih mengandalkan layanan SMS untuk berkirim pesan. Tidak hanya dari pengguna biasa saja, beberapa jenis perusahaan juga masih menggunakan layanan SMS untuk mengirim pesan. Misalnya saja SMS berupa penawaran produk dan jasa, penawaran diskon dan promo produk dan jasa, pengiriman kode OPT untuk verifikasi dan lain sebagainya. Berbicara mengenai Pesan di HP android, terkadang kita sudah menghapusnya padahal itu SMS penting. Tidak perlu khawatir, kita masih memungkinkan untuk melihat yang terhapus tersebut. Berikut cara melihat SMS yang sudah dihapus di HP android yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus di HP Android

Pesan yang diterima di HP android biasanya akan tersimpan otomatis dan kita bisa mengaksesnya kapan saja. Namun, mungkin karena terlalu banyak SMS yang tersimpan sehingga kita menghapus semua pesan tersebut. Padahal di dalamnya ada beberapa pesan yang sifatnya penting atau bahkan belum terbaca.

Beruntungnya di perangkat HP android terdapat fitur khusus yang memungkinkan untuk mencadangkan serta mengembalikan pesan yang sudah dihapus sebelumnya. Namun, untuk cara ini kamu perlu melakukan backup pesan terlebih dahulu. Jika tidak, maka pengembalian atau restore pesan terhapus tidak akan bisa dilakukan. Kecuali kamu menggunakan software yang memang khusus dihadirkan untuk mengembalikan pesan terhapus tanpa backup data tersebut.

Adapun cara melihat SMS yang sudah dihapus di perangkat smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melihat SMS Terhapus dengan Fitur Restore di HP

Melihat SMS Terhapus dengan Fitur Restore di HP
Melihat SMS Terhapus dengan Fitur Restore di HP

Untuk cara yang pertama ini kita tidak perlu memasang aplikasi tambahan di perangkat smartphone. Cukup memanfaatkan fitur Backup and Restore atau Pencadangan dan Pemulihan data, di mana fitur ini sudah bisa ditemukan di semua merek dan tipe HP.

Namun, untuk menerapkan cara ini ada syarat penting yang harus dipenuhi. Syarat yang dimaksud yakni sebelum pesan dihapus kita sudah melakukan backup atau pendangan data pesan terlebih dahulu. Untuk langkah-langkah mengembalikan pesan yang sudah terhapus di android tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di perangkat smartphone.
  • Gulir ke bawah, lalu masuk ke opsi Akun dan Pencadangan atau Account and Backup.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Pulihkan Data atau Restore Data. Lalu klik pada file data hasil backup sebelumnya.
  • Tunggu hingga data berhasil diambil, kemudian kamu beri tanda centang pada bagian Pesan.
  • Sekarang lakukan restore dengan klik Pulihkan atau Restore. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika sudah, sekarang kamu buka aplikasi Pesan, maka di sana kamu akan melihat pesan yang sebelumnya sudah terhapus.
  • Selesai.

Catatan: Cara ini bisa disesuaikan dengan tipe atau merek HP androidmu. Untuk cara di atas saya terapkan di HP Samsung Galaxy M11.

2. Melihat SMS Terhapus di HP dengan iMyFone D-Back for Android

Melihat SMS Terhapus di HP dengan iMyFone D-Back for Android
Melihat SMS Terhapus di HP dengan iMyFone D-Back for Android

Sementara untuk kamu yang ingin mengembalikan pesan atau SMS yang terhapus sebelum melakukan backup data, maka cara ini bisa dilakukan. Di sini kita bisa memanfaatkan software bernama iMyFone D-Back for Android yang bisa digunakan secara gratis. Namun, jika ingin fitur yang lebih lengkap maka kamu bisa berlangganan versi premiumnya.

Software iMyFone D-Back for Android sendiri tidak hanya bisa mengembalikan SMS yang terhapus saja, melainkan juga log panggilan, kontak, foto, video, audio, dokumen dan jenis data lainnya. Untuk menggunakannya kamu perlu bantuan perangkat PC atau laptop dan juga sambungan kabel data.

  • Langkah pertama kamu download software iMyFone D-Back for Android melalui situs resminya.
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut di perangkat PC atau laptop.
  • Selanjutnya hubungkan HP android ke PC menggunakan kabel USB atau kabel data. Pastikan HP yang dihubungkan tersebut dalam keadaan menyala dan atur sambungannya ke mode Transfer File.
  • Di tampilan aplikasi iMyFone D-Back for Android akan terdeteksi HP android yang disambungkan tersebut. Selanjutnya konfirmasi penyambungan dengan klik tombol Start.
  • Jika sudah terhubung sekarang kamu pilih menu Recover Phone Data. Nantinya software akan melakukan scanning dan menampilkan semua data yang sebelumnya telah dihapus dari perangkat HP tersebut.
  • Karena tujuannya di sini untuk melihat pesan terhapus, maka kamu pilih opsi Messages & Call Log.
  • Pada layar pop yang muncul kamu atur Format File, lalu tentukan lokasi untuk menyimpan file pesan. Kemudian klik tombol Recover dan tunggu hingga file berhasil diekstrak.
  • Silakan kamu buka file hasil recover tadi dan di sini kamu bisa melihat daftar dan isi pesan atau SMS yang sudah dihapus sebelumnya di HP android.
  • Selesai.

Tidak hanya bisa mengembalikan file atau data terhapus dari memori HP saja, aplikasi iMyFone D-Back for Android juga memungkinkan untuk merecover data dari penyimpanan lain. Misalnya saja mengembalikan data WhatsApp yang terhapus, baik itu data chat maupun attachment-nya. Kamu tinggal memilih menu Recover WhatsApp Data di tampilan utama aplikasi tersebut.

Selain itu, bisa juga melakukan recover data dari Google Drive yang tidak sengaja atau dengan sengaja dihapus, tetapi kamu ingin mengembalikannya. Dan terakhir ada menu untuk mengembalikan data dari HP yang sudah rusak. Aplikasi ini bahkan support untuk HP android yang tidak atau belum diroot, jadi tentunya aman untuk digunakan.

Alternatif aplikasi recover data pesan di HP lainnya yang bisa kamu gunakan yakni bernama Dr. Fone. Aplikasi ini juga cukup ampuh untuk mengembalikan pesan atau SMS yang sudah terhapus tanpa backup dan tanpa root. Sama seperti iMyFone D-Back for Android, kamu bisa menggunakan aplikasi Dr. Fone ini di perangkat PC atau laptop.

Penutup

Itulah tadi dua cara melihat SMS yang sudah dihapus di HP android yang ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Buat Catatan di HP Samsung yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Hapus Samsung Account yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini