Cara Melihat Kontak Gmail di HP Android yang Mudah

Cara Melihat Kontak Gmail – Gmail merupakan salah satu layanan surel gratis dari Google yang memungkinkan diakses melalui berbagai macam perangkat. Salah satunya kamu bisa mengakses Gmail melalui HP android.  Cara aksesnya sendiri ada dua metode, yakni dengan menginstall aplikasi Gmail atau akses melalui browser di HP android. kedua metode tersebut sama mudahnya untuk dilakukan. Akan tetapi, yang paling mudah yakni mengakses e-mail melalui aplikasi Gmail.

Cara Melihat Kontak Gmail
Cara Melihat Kontak Gmail

Bagi kamu pengguna android, tidak perlu menginstall aplikasi Gmail secara manual. Pasalnya aplikasi gratis dari Google ini sudah tersedia secara default di perangkat android. Aplikasi termasuk bloatware yang merupakan aplikasi bawaan dari sistem. Selain itu, Gmail tersebut tidak bisa diuninstall secara manual, kamu butuh akses lebih untuk menghapusnya dari perangkat. Salah satunya yakni dengan melakukan rooting pada smartphone android.

Baca Juga:

Berbicara mengenai layanan Gmail, ada banyak sekali fitur menarik yang disediakan di dalamnya. Tidak hanya untuk mengirim email saja, ada pula fitur yang memungkinkan kamu menyinkronkan kontak yang ada di HP android untuk disimpan di layanan Gmail tersebut. Jadi, nomor telepon yang ada di HP android bisa kamu pindahkan ke penyimpanan Gmail. Akan tetapi, beberapa pengguna merasa bingung bahkan tidak tahu cara melihat kontak yang disinkronkan dan disimpan di Gmail tersebut. Tidak perlu khawatir, karena di sini saya akan membahasnya. Berikut ini cara melihat kontak Gmail melalui HP android yang bisa kamu terapkan.

Cara Melihat Kontak Gmail di HP Android yang Mudah

Sebenarnya sangat mudah untuk melihat daftar kontak yang disimpan di Gmail lewat HP android. Hanya saja memang tidak semua pengguna mengetahui cara tersebut. Dan kali ini saya akan membahas cara untuk melihat list kontak yang disimpan di Gmail untuk kamu terapkan sendiri. Setidaknya ada dua metode yang bisa dilakukan untuk melihat kontak di Gmail tersebut, di antaranya:

1. Melihat Kontak di Gmail Lewat Aplikasi

Cara yang pertama ini dianggap yang paling mudah dan kamu pasti bisa melakukannya. Meskipun menggunakan aplikasi, akan tetapi kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan di HP android. Kamu cukup gunakan aplikasi Gmail yang sudah terpasang secara default di semua jenis HP android.

Adapun langkah-langkah untuk melihat kontak di Gmail melalui aplikasi Gmail selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Gmail di HP android. Jika memang belum punya, baik sengaja atau tidak sengaja dihapus maka kamu perlu menginstall ulang melalui LINK INI.
  • Pada tampilan utama aplikasi, selanjutnya kamu klik foto profil akun Gmail yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi di sana, lanjutkan dengan klik opsi Kelola Akun Google Anda atau Manage your Google Account.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman untuk mengelola akun Google. Pada tampilan jendela baru tersebut, kamu klik pada tab menu Orang & Berbagi atau People & Sharing.
  • Di sana kamu akan melihat beberapa opsi, termasuk opsi Kontak atau Contacts. Sekarang kamu klik pada opsi Kontak tersebut.
  • Pada halaman baru kamu akan melihat list kontak yang telah disinkronkan dengan akun Gmail tersebut, mulai dari kontak berbasis nomor telepon ataupun e-mail.
  • Selesai.

Catatan: Kamu tidak akan bisa melihat daftar kontak dengan cara ini jika belum pernah menyinkronkan akun Gmailmu dengan Kontak yang ada di HP. Jadi, pastikan kamu sudah memilih akun Gmail yang benar, di mana kamu pernah menyinkronkan Kontak di dalamnya.

2. Melihat Kontak di Gmail Tanpa Aplikasi

Jika kamu memang tidak memiliki aplikasi Gmail di perangkat android, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Mungkin saja kamu sudah melakukan rooting HP dan menghapus beberapa aplikasi android yang tidak bisa dihapus alias bloatware. Di sini kamu bisa memanfaatkan browser untuk mengakses akun Gmail dan melihat kontak yang disimpan di sana.

Adapun langkah-langkah untuk melihat daftar kontak di Gmail lewat browser selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di HP android, baik itu browser Google Chrome atau yang lainnya. Di sini saya menggunakan Google Chrome.
  • Sekarang kamu kunjungi situs Gmail melalui LINK INI.
  • Kemudian login ke akun Gmail yang ingin dilihat list kontak yang tersimpan di dalamnya.
  • Di browser akan muncul situs Gmail dengan tampilan mode seluler. Sekarang kamu klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian kamu klik pada alamat email yang ada di bagian atas tampilan.
  • Akan muncul halaman untuk mengganti akun Google. Kamu tidak perlu mengganti, cukup klik opsi Kelola Akun Google Anda yang ada di bawah alamat email tadi.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman baru untuk mengelola akun Google. Selanjutnya kamu masuk ke tab menu Orang & Berbagi.
  • Ada beberapa opsi yang terlampir di sana. Selanjutnya kamu klik pada opsi Kontak.
  • Maka kamu akan dibawa lagi ke halaman baru yang menampilkan semua daftar kontak yang tersimpan di akun Google tersebut. Kontak yang ditampilkan tidak hanya yang berbasis nomor telepon saja, melainkan juga yang berbasis email.
  • Selesai.

Mudah sekali bukan cara mengetahui kontak di Gmail lewat smartphone android di atas? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi ketika kontak yang ada di HP hilang atau terhapus, karena semuanya masih tersimpan di Gmail yang disinkronkan.

Penutup

Itulah tadi cara mudah melihat kontak gmail di HP android yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini