Cara Melepas Tempered Glass yang Mudah dan Aman

16
Cara Melepas Tempered Glass
Cara Melepas Tempered Glass

Cara Melepas Tempered Glass – HP android identik dengan dukungan layar sentuh tanpa adanya tombol keyboard fisik layaknya HP biasa. Pengguna bisa mengoperasikan HP android tersebut dengan hanya menyentuh bagian permukaan layar sesuai tampilan yang diberikan. Hal ini juga mempermudah dan membuat nyaman pengguna dalam menggunakan HP, yang mana layar sentuh di HP ini hanya akan merespon jika disentuh oleh kulit kita. Sementara untuk benda lain kebanyakan tidak akan direspon, kecuali benda-benda tertentu.

Cara Melepas Tempered Glass
Cara Melepas Tempered Glass

Penggunaan layar sentuh pada perangkat smartphone android memberikan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk kekurangannya layar LCD akan rentan terkena goresan atau bahkan retak / pecah. Apalagi jika smartphone tersebut terjatuh dan menimpa permukaan atau benda yang keras, hal ini tentunya akan berdampak kerusakan pada layar HP tersebut. Beruntungnya para vendor sudah memberikan antisipasi terhadap risiko tersebut, yakni dengan melapisi layar LCD dengan kaca pelindung. Salah satunya menggunakan Corning Gorilla Glass yang merupakan kaca pelindung yang anti gores dan kuat.

Baca Juga:

Selain itu, pengguna disarankan juga untuk memberikan proteksi tambahan pada layar ponsel androidnya tersebut. Proteksi tambahan yang dimaksud yakni melapisi layar HP dengan tempered glass. Penggunaan ini lebih disarankan lagi jika HP yang dimiliki belum dibekali dengan Corning Gorilla Glass. Sudah melapisi layar HP dengan tempered glass, terkadang penggunaan yang sudah usang membuat pengguna harus menggantinya dengan yang baru. Akan tetapi banyak dari mereka yang bingung dengan cara melepas tempered glass pada layar HP-nya tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Alasan Kenapa Harus Melepas Tempered Glass dari Layar LCD HP

Penggunaan tempered glass atau pelindung layar HP memang terbilang sangat penting, bahkan menjadi keharusan jika HP belum dibekali pelindung layar bawaan. Penggunaannya ini akan melindungi layar dari risiko tergores, retak atau bahkan pecah. Tempered glass juga akan melindungi layar dari debu dan kotoran yang sering kali menurunkan sensitivitas sentuhan pada layar HP.

Penggunaan tempred glass yang sudah usang, biasanya ada beberapa kondisi yang cukup mengganggu pengguna dalam mengoperasikan HP. Misalnya saja tampilan layar yang terlihat kusam dan banyak goresan, atau bahkan retak. Kondisi tempred glass yang seperti ini tentunya harus diganti dengan yang baru agar tampilannya kembali kece.

Selain itu, ada alasan lainnya yang mengharuskan kamu untuk melepas tempered glass pada HP dan menggantinya dengan yang baru. Beberapa alasan yang dimaksud, di antaranya:

  1. Tempred glass sudah tampak kusam dan kotor, bahkan tidak bisa dibersihkan dengan apa pun.
  2. Permukaan tempered glass terdapat banyak goresan atau bahkan retak, sehingga ini akan mengganggu penampilan layar HP.
  3. Sensitivitas sentuhan layar menurun, yang mana HP tidak langsung merespon ketika pengguna menyentuhnya.
  4. Tempered glass tidak cocok dengan layar HP, baik ukuran, ketebalan, atau hal lainnya.
  5. Kualitas tempered glass tidak cukup baik, yang mana penggunaannya tersebut membuat fungsi layar tidak normal. Misalnya saja layar tidak merespon dengan cepat saat disentuh, layar mencet sendiri, dan lain sebagainya.

Cara Melepas Tempered Glass yang Mudah dan Aman

Cara Melepas Pelindung Layar
Cara Melepas Pelindung Layar

Mengalami salah satu dari hal di atas, di sini kamu harus segera melakukan pelepasan pada tempered glass yang terpasang di layar HP tersebut. Namun, tentunya tidak boleh sembarangan dalam melepas tempred glass, pastikan kamu sudah tahu tata cara yang benar dalam melepasnya.

Meskipun mudah, ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara melepas pelindung layar di HP. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dibahas cara tersebut secara detail dan mudah dipahami. Adapun cara melepas tempered glass yang benar selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melepas Tempered Glass HP Pakai Kartu ATM atau Kartu SIM

Cara yang paling mudah untuk melepas pelindung layar atau tempered glass pada HP yakni dengan menggunakan kartu bekas, baik itu kartu ATM, kartu SIM atau sejenisnya. Alat satu ini memang sering digunakan oleh para teknisi untuk mempermudah pembongkaran bodi HP, tablet, laptop atau sejenisnya.

Tempered glass diklaim akan lebih mudah dilepas memanfaatkan kartu bekas ini. Namun, melakukannya harus secara perlahan agar tidak merusak bagian layar LCD HP. Atau juga jika tempered glass masih ingin digunakan lagi di HP lain, maka harus melepas secara perlahan agar tidak retak atau pecah. Untuk cara melepasnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu congkel sedikit di bagian ujung sudut tempered glass hingga terangkat.
  • Kemudian masukkan kartu ATM atau kartu SIM tadi di bawah tempered glass, lalu dorong ke depan secara perlahan.
  • Terus dorong hingga semua bagian tempered glass terangkat dan terlepas dari permukaan layar HP.
  • Jika sudah terlepas, selanjutnya kamu bersihkan permukaan layar dari kotoran, debu atau juga sisa lem dari tempered glass yang masih menempel.
  • Selesai.

Catatan: Selain menggunakan kartu SIM atau ATM bekas, solusi lainnya bisa kamu pilih yakni menggunakan kertas HVS yang dilipat agar lebih kuat. Gunakan layaknya kartu ATM atau SIM tadi untuk melepas tempered glass.

2. Melepas Tempered Glass HP Pakai Hair Dryer

Beberapa jenis tempered glass memiliki daya rekat yang sangat kuat, sehingga tidak bisa dilepas dengan mudah hanya menggunakan kartu ATM atau kartu SIM seperti di atas. Untuk lebih mempermudah, di sini kamu bisa memanfaatkan hair dryer yang dapat menghasilkan panas. Namun, perlu berhati-hati dalam penggunaannya, karena panas yang berlebih akan mengakibatkan komponen HP menjadi rusak, khususnya bagian layarnya.

Untuk cara melepas pelindung layar HP menggunakan hair dryer tersebut, yakni:

  • Pertama kamu pastikan HP sudah dalam keadaan mati.
  • Sekarang hidupkan hair dryer dan atur suhu panasnya ke tingkat rendah atau sedang.
  • Kemudian arahkan hair dryer ke layar HP yang ingin dilepas tempered glassnya. Panaskan kurang lebih sekitar 10 hingga 15 detik saja, ini sudah cukup menghangatkan tempered glass dan menurunkan daya rekat lemnya.
  • Sekarang congkel bagian ujung dari tempered glass menggunakan kuku.
  • Kamu juga bisa menggunakan alat tambahan seperti kartu ATM atau kartu SIM, kemudian masukkan di bawah ujung tempered glass yang dicongkel tadi.
  • Dorong ke depan hingga tempered glass terlepas semuanya dari panel HP.
  • Selanjutnya tinggal kamu bersihkan kotoran, debu atau sisa lem dari tempered glass yang menempel di permukaan layar LCD HP.
  • Selesai.

 3. Melepas Tempered Glass HP Pakai Lakban / Perekat

Dan cara yang terakhir untuk melepas pelindung layar yang mudah dan aman yakni menggunakan lakban atau jenis perekat lainnya. Cara ini dipilih untuk mempermudah mengangkat tempered glass yang menempel kuat di panel layar HP. Untuk cara melakukannya sendiri terbilang mudah, yakni:

  • Pertama kamu siapkan lakban atau jenis perekat lainnya.
  • Kemudian potong satu lembar lakban dan rekatkan di bagian ujung tempered glass.
  • Tekan-tekan sedikit hingga lakban merekat kuat. Anda juga bisa terlebih dahulu menghangatkan tempered glass menggunakan hair dryer agar lebih mudah melepasnya.
  • Sekarang kamu angkat lakban yang sudah direkatkan ke tempered glass tadi hingga ujung tempered glass ikut terangkat.
  • Terus tarik dan angkat hingga tempered glass terlepas dari panel HP.
  • Selanjutnya tinggal kamu bersihkan bagian permukaan layar HP dari kotoran, debu atau sisa lem yang menempel.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara melepas tempered glass yang aman dan mudah bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Telegram Lemot Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Memasang Tempered Glass yang Benar
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini