Cara Melacak Lokasi Nomor WhatsApp Paling Akurat

Cara Melacak Lokasi Nomor WhatsApp – Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi WhatsApp? Bisa dipastikan hampir semua pengguna HP android pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting online terpopuler satu ini. WhatsApp memang menjadi aplikasi favorit bagi  banyak pengguna smartphone di seluruh dunia. Tidak lain karena fungsinya yang sangat membantu pengguna dalam hal berkomunikasi dengan semua orang. Cukup menggunakan nomor telepon saja, kamu sudah bisa berkomunikasi dengan pengguna lain dengan mudah. Baik itu berkomunikasi lewat chat, panggilan suara atau bahkan panggilan video.

Cara Melacak Lokasi Nomor WhatsApp
Cara Melacak Lokasi Nomor WhatsApp

Dewasa ini WhatsApp sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Di dalamnya dibekali berbagai fitur baru yang pastinya sangat memanjakan para pengguna. Tapi, tahukah kamu kalau di WhatsApp sekarang memungkinkan kita untuk mengetahui lokasi terkini pengguna WhatsApp lain? Ya, fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui ke mana seseorang peegi hanya melalui WhatsApp. Cara ini sangat pas dilakukan bagi kamu yang curiga dengan pacar atau pasangan. Dengan demikian kamu bisa melacak aktivitas hariannya, kemana perginya dia sepanjang hari.

Baca Juga:

Selain itu, cara melacak nomor WhatsApp seperti ini juga bisa kamu lakukan ketika HP hilang. Melacak lokasinya tentu akan memudahkan kamu menemukan kembali HP android yang hilang tersebut. Di sini kamu bisa memanfaatkan fitur di WhatsApp atau dengan memanfaatkan aplikasi lain untuk mempermudah pelacakannya. Adapun cara melacak lokasi nomot WhatsApp yang akurat selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Melacak Lokasi Nomor WhatsApp Paling Mudah

Melacak lokasi nomor WA bukanlah tindakan yang dilarang, justru cara ini fungsinya sangat dibutuhkan oleh beberapa pengguna. Misalnya untuk mengetahui lokasi seseorang yang di sayang, ketika ia tidak mengabari sama sekali. Atau seperti yang dijelaskan di atas, yakni melacak HP yang hilang atau dicuri. Berbeda dengan halnya menyadap WhatsApp, inilah yang menjadi tindakan terlarang untuk dilakukan.

Berikut ini cara melacak nomor WhatsApp yang paling akurat dan mudah bisa kamu terapkan, yakni:

1. Lacak Lokasi Nomor WhatsApp Lewat Aplikasi WhatsApp

Lacak Lokasi Nomor WhatsApp Lewat Aplikasi WhatsApp
Lacak Lokasi Nomor WhatsApp Lewat Aplikasi WhatsApp

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, melacak nomor WhatsApp bukanlah tindakan yang terlarang. Buktinya WhatsApp sudah menghadirkan fitur khusus untuk melacak lokasi penggunanya secara real-time alias langsung. Fitur tersebut diberi nama Live Location, yang tentunya hanya bisa dilakukan untuk melacak keberadaan seseorang yang dikenal. Baik itu teman, pacar, ataupun anggota keluarga. 

Nantinya kamu bisa meminta orang yang ingin dilacak lokasinya tersebut untuk mengirimkan lokasinya melalui fitur Live Location. Dengan demikian kamu bisa langsung melacak lokasinya tersebut. Mengenai cara melacak keberadaan seseorang melalui nomor WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya kamu buka aplikasi WhatsApp di HP androidmu. (HP inilah yang nantinya akan dilacak lokasinya)
  • Buka menu obrolan dan pilih nomor WhatsApp yang ingin melacak lokasimu atau yang ingin dikirimi Live Location.
  • Pada tampilan chatting, kamu klik ikon Powerclip atau seperti PIN yang ada di sebelah kiri tombol kirim.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Lokasi. Dan untuk membagikan lokasi terkini atau live location, maka kamu bisa pilih opsi Berbagi lokasi terkini. Jangan justru memilih opsi Kirim lokasi Anda saat ini, karena opsi ini hanya akan mengirimkan lokasi terakhir kamu saat mengirim pesan tersebut.
  • Berikutnya kamu pilih durasi untuk berbagi Live Location, bisa 15 menit, 1 jam ataupun 8 jam. Selain itu, kamu juga bisa mengisi pesan sesuai keinginan pada kolom yang tersedia. Dan terakhir klik tombol Send atau Kirim.
  • Dengan demikian, nomor WhatsApp yang kamu kirimi live location akan bisa melacak lokasimu secara real-time, bahkan saat kamu berpindah tempat sekalipun.
  • Selesai.

Berbagi lokasi ini sendiri akan hilang secara otomatis jika sudah melebihi durasi waktu yang sudah ditentukan. Meskipun demikian, kamu juga memungkinkan untuk mengakhiri live location sebelum durasinya habis dengan cara klik berhenti berbagi. Sangat mudah bukan?

2. Lacak Lokasi Nomor WhatsApp Lewat Google Maps

Lacak Lokasi Nomor WhatsApp Lewat Google Maps
Lacak Lokasi Nomor WhatsApp Lewat Google Maps

Selain berfungsi sebagai navigasi, Google Maps juga memungkinkan untuk kamu gunakan melacak nomor WhatsApp seseorang. Melacak lokasi seseorang dari WhatsApp bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur berbagi lokasi yang tersedia di dalamnya. Berbagi lokasi lewat Google Maps terbilang sangat akurat dan mudah untuk dilakukan.

Mengenai cara berbagi lokasi Google Maps melalui aplikasi WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  • Sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, pastinya di HP androidmu sudah terinstall aplikasi Google Maps. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi Google Maps, kamu klik ikon menu (tiga garis horizontal) yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa menu di sini, selanjutnya kamu pilih menu Berbagi Lokasi.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman untuk membagikan lokasi terkini, lanjutkan dengan klik tombol Mulai untuk memulai berbagi lokasi.
  • Kamu akan diberi pilihan durasi berbagi lokasi secara real-time, yakni berbagai selama 1 jam atau Hingga dinonaktifkan. Setelah memilih durasi berbagi lokasinya, selanjutnya kamu pilih platform untuk berbagi lokasi. Dalam hal ini kamu pilih platform WhatsApp.
  • Sekarang kamu bisa memilih nomor kontak yang ingin dibagikan atau dikirimi lokasi terkini. Nantinya yang dikirim adalah sebuah link yang akan mengarah ke Google Maps secara langsung.
  • Dengan demikian, orang yang sudah kamu kirimi lokasi Google Maps akan bisa melacak keberadaanmu secara real-time.
  • Selesai.

Sama halnya seperti cara sebelumnya, berbagi lokasi di Google Maps akan secara otomatis berakhir jika sudah melebihi durasi yang kamu tentukan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara melacak lokasi nomor WhatsApp paling mudah dan akurat yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu, agar juga bermanfaat untuk orang lain.