Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang atau Dicuri

Cara Melacak HP Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone asal China yang cukup terkenal di Indonesia. Hadir dengan menyasar kalangan menengah ke bawah, HP Xiaomi kebanyakan dibanderol dengan harga yang lumayan terjangkau. Bahkan beberapa HP Xiaomi keluaran terbaru ada yang dijual di bawah Rp 1 juta. Meskipun murah, HP dari Xiaomi dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni sehingga menghasilkan performa yang cepat dan responsif. Xiaomi juga menyematkan berbagai fitur canggih di dalamnya sebagai upaya untuk semakin memanjakan para pengguna.

Cara Melacak HP Xiaomi
Cara Melacak HP Xiaomi

Dari sekian banyaknya fitur canggih di HP Xiaomi, salah satu yang cukup menarik minat adalah fitur pelacakan. Fitur ini memungkinkan untuk digunakan ketika HP Xiaomi hilang, entah itu karena dicuri atau lupa menaruhnya di mana. Fitur semacam ini akan mampu melacak keberadaan HP Xiaomi secara akurat, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukannya. Cara menggunakannya pun sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam tidak akan kesulitan untuk melakukannya.

Baca Juga:

Selain bisa mengetahui keberadaan HP secara akurat, fitur pelacakan HP Xiaomi ini juga memungkinkan pengguna melakukan kontrol pada HP. Kontrol ini sendiri bisa berupa penguncian perangkat, delete data pada memori perangkat Xiaomi hingga membunyikan alarm pada HP Xiaomi yang dilacak tersebut. Bagi kamu yang masih belum tahu, berikut ini cara melacak HP Xiaomi yang hilang dengan mudah dan akurat yang bisa coba kamu terapkan.

Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang atau Dicuri

Untuk melacak HP Xiaomi yang hilang baik karena dicuri atau lupa menaruhnya di mana, setidaknya ada dua metode yang bisa kamu terapkan. Keduanya ini tentu sama mudahnya untuk dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Adapun cara melacak HP Xiaomi yang hilang paling mudah dan akurat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lacak HP Xiaomi Menggunakan MiCloud

Cara yang pertama untuk mengetahui lokasi HP Xiaomi secara akurat adalah dengan memanfaatkan situs resmi MiCloud. MiCloud sendiri merupakan layanan cloud storage yang diberikan oleh Xiaomi untuk para penggunanya. Selain berfungsi sebagai tempat untuk backup data, ternyata di MiCloud juga terdapat fitur untuk melacak keberadaan HP Xiaomi yang hilang. Bisa juga menjadi cara untuk mengetahui lokasi seseorang secara real-time.

Mengenai langkah-langkah untuk melacak lokasi HP Xiaomi dengan MiCloud selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Lacak HP Xiaomi via MiCloud
Cara Lacak HP Xiaomi via MiCloud
  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di PC ataupun HP android lain.
  2. Kemudian kunjungi situs resmi MiCloud.
  3. Pada halaman utama situs tersebut, kamu klik tombol Sign in with MI Account.
  4. Sekarang kamu masukkan alamat e-mail, nomor HP ataupun Mi Account beserta passwordnya. Pastikan kamu login menggunakan akun yang digunakan pada HP Xiaomi yang ingin dilacak lokasinya.
  5. Klik Sign In untuk mulai masuk ke akun tersebut.
  6. Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya kamu klik Find Device atau Cari Perangkat untuk melacak lokasi HP Xiaomi.
  7. Secara otomatis MiCloud akan mencari lokasi dari HP Xiaomi dan akan ditampilkan pada peta. Kamu bisa klik tombol Zoom atau Tambah untuk melihat lebih jelas di mana lokasi dari HP Xiaomi tersebut.
  8. Dengan demikian kamu bisa langsung tahu di mana keberadaan HP Xiaomi yang kamu cari.
  9. Selesai.

Pada halaman Pencarian HP Xiaomi di Mi Cloud ini, disediakan beberapa menu sebagai kontrol terhadap HP yang dilacak. Beberapa menu yang dimaksud, di antaranya:

  • Located. Merupakan menu yang akan menampilkan di mana lokasi HP Xiaomi yang kita lacak.
  • Noise. Merupakan menu yang berfungsi untuk menghidupkan alarm atau audio pada HP Xiaomi yang dilacak. Jika menggunakan fitur ini, HP yang dilacak tersebut akan mengeluarkan suara alarm dengan volume tinggi. Jika HP ternyata berada didekat kita, maka akan terdengar suara tersebut sehingga kamu bisa lebih mudah menemukannya.
  • Lost Mode. Merupakan fitur keamanan tinggi yang berfungsi untuk mengunci HP dalam keadaan darurat. Fitur ini bisa kamu gunakan jika HP yang hilang karena dicuri. HP tidak akan bisa digunakan kecuali dengan masuk ke akun MiCloud yang terdaftar.
  • Wipe Device. Merupakan fitur yang berguna untuk mengamankan data yang tersimpan di memori HP. Fitur ini akan menghapus semua data yang ada di Xiaomi tersebut hingga tak bersisa. Fitur ini bisa kamu gunakan jika dalam keadaan darurat dan takut data di dalam HP disalahgunakan oleh pencuri HP atau penemu HP tersebut.

Catatan: MiCloud akan memberitahukan lokasi HP secara akurat dan real-time asalkan HP terhubung ke internet. Serta memungkinkan untuk kamu melakukan kontrol pada HP tersebut dari jarak jauh.

2. Lacak HP Xiaomi Menggunakan Google Find My Device

Cara yang kedua ini tidak jauh berbeda dengan cara di atas, hanya saja yang digunakan adalah akun Google. Pastikan akun Google sudah digunakan di HP yang ingin dilacak keberadaannya. Jika tidak, tentu cara ini tidak akan bisa dilakukan. Di sini kamu bisa memanfaatkan HP lain atau perangkat PC/laptop untuk lebih mempermudah melacak lokasi HP Xiaomi.

Mengenai langkah-langkah melacak HP Xiaomi lewat Find My Device Google selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Lacak HP Xiaomi via Google Find My Device
Cara Lacak HP Xiaomi via Google Find My Device
  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat PC atau smartphone.
  2. Kemudian kunjungi situs Google Find My Device.
  3. Pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google yang sama dengan yang digunakan di HP Xiaomi yang ingin dilacak.
  4. Secara otomatis halaman tersebut akan menampilkan peta dan memberi tanda lokasi di mana HP Xiaomi yang kamu lacak berada. Kamu bisa langsung melakukan zoom peta untuk mengetahui lebih jelas di mana tempat atau lokasi dari HP Xiaomi tersebut.
  5. Selesai.

Catatan: Cara ini hanya bisa dilakukan jika HP Xiaomi yang dilacak terhubung ke internet dan fitur Lokasi atau Maps-nya aktif. Jika dalam keadaan mati, tentu pelacakan tidak akan bisa dilakukan via Find My Device Google Ini.

Sama seperti cara di atas, HP yang berhasil terlacak dan terhubung maka kamu bisa melakukan kontrol pada HP tersebut. Disediakan 3 menu utama di Find My Device yang bisa kamu manfaatkan untuk mengontrol HP, di antaranya:

  • Putar Suara. Merupakan fitur yang akan menghidupkan alarm atau audio pada HP sehingga jika HP berada di sekitarmu, maka kamu akan mendengarnya. Audio akan tetap menyala meskipun HP dalam Mode Senyap.
  • Amankan Perangkat. Merupakan fitur keamanan yang memungkinkan kamu mengunci perangkat HP Xiaomi yang hilang dari jarak jauh. Tidak akan ada yang bisa membukanya, kecuali kamu. Kamu juga bisa menampilkan pesan atau nomor telepon di layar kunci HP Xiaomi tersebut.
  • Hapus Perangkat. Merupakan fitur yang berfungsi untuk menghapus semua data dan file yang tersimpan di memori perangkat HP Xiaomi. Menggunakan fitur ini akan membuat HP Xiaomi tidak bisa kamu lacak lagi keberadaannya.

Selain Find My Device di browser, kamu juga bisa melakukannya di aplikasi Google Find My Device. Aplikasi ini sudah bisa kamu download secara gratis melalui Google Playstore, di mana untuk soal fitur dibuat sama dengan yang ada di versi websitenya.

Penutup

Itulah tadi dua cara HP Xiaomi yang hilang karena dicuri atau lupa menaruhnya di mana yang paling mudah dan akurat. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk melacak keberadaan seseorang melalui HP-nya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini