Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Paling Mudah

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang – Kehilangan sesuatu yang berharga dalam kehidupan pasti membuat siapa saja terasa sakit dan pahit. Termasuk juga saat kehilangan smartphone kesayangan, apalagi jika harga smartphone tersebut tidaklah murah. Smartphone yang hilang bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena dicuri, terjatuh atau lupa menaruhnya dimana.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Apapun penyebab kehilangan HP android, hal yang wajib untuk dilakukan adalah melacaknya. Melacak keberadaan smartphone bisa dilakukan dengan mudah sekarang ini. Apalagi kecanggihan teknologi semakin mempermudah cara pelacakannya tersebut.

Baca Juga :

Untuk kamu yang kehilangan HP android dan khususnya HP Samsung, disini saya punya cara melacak HP Samsung yang hilang bisa kamu terapkan. Caranya cukup mudah sehingga kamu yang masih pemula sekalipun bisa menerapkannya.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Paling Mudah

Sebelum lanjut ke cara melacak HP Samsung yang hilang, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu. Hal yang pertama adalah dengan mecoba menelpon ataupun SMS ke nomor yang ada di HP Samsung yang hilang tersebut. Cara ini dilakukan untuk bisa memastikan apakah HP Samsung yang hilang tersebut dikarenakan lupa menaruhnya atau benar-benar karena dicuri.

Selain itu, kamu juga perlu mengingat-ingat lagi dimana terakhir kali kamu mengoperasikan HP yang hilang tersebut. Bisa jadi HP tersebut tidak hilang, malainkan kamu lupa meletakkannya. Sambil mengingat, cobalah untuk mencarinya di kamar, lemari, ruang tamu, toilet atau dimanapun. Lakukan pencarian sampai benar-benar kamu yakin HP-mu hilang, bukan lupa menaruhnya dimana.

Setelah yakin HP Samsung kesayanganmu benar-benar tidak ada disekitarmu, barulah lakukan cara melacak HP Samsung yang hilang berikut ini.

1. Melacak HP Samsung melalui situs Find My Mobile

Cara melacak HP Samsung yang hilang paling mudah yang pertama adalah dengan memanfaatkan situs Find My Mobile. Situs ini memang cukup ampuh untuk melacak keberadaan sebuah HP Samsung yang hilang. Namun sebelumnya, kamu harus sudah mendaftar Samsung ID dan mengaktifkan fitur Remote Controls dan Google Location Service pada HP Samsung. Jika HP yang hilang melakukan hal ini, maka pelacakan tidak akan bisa kamu lakukan.

Untuk melakukan pelacakan HP Samsung yang hilang menggunakan situs Find My Mobile, berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

1. Pertama kamu bisa membuka aplikasi browser di perangkat PC atau laptop. Pastikan perangkat sudah terhubung dengan internet. Pada browser tersebut silahkan kamu akses situs Find My Mobile melalui link ini.

2. Setelah tampil halaman utama situs, selanjutnya kamu klik Sign In agar bisa masuk ke dasboard Find My Mobile.

3. Untuk bisa masuk kamu perlu menggunakan Samsung ID atau Samsung Account yang sudah kamu daftarkan di HP Samsung yang hilang tadi. Masukkan Samsung ID atau Samsung Account pada kolom yang sudah disediakan. Jika sudah, tinggal kamu klik Sign In agar bisa melakukan pelacakan.

4. Untuk bisa melacak HP Samsung yang hilang, perlu kamu menyetujui legal Information yang sudah ditentukan oleh pihak Samsung. Lakukan ceklist pada semua beberapa opsi yang ditampilkan. Jika sudah, lanjutkan dengan meng-klik Agree untuk melanjutkan.

5. Langkah selanjutnya adalah melakukan pelacakan HP Samsung yang hilang. Disini akan memungkinkan kamu mengetahui dimana lokasi terakhir dari HP Samsung kamu yang hilang. Tidak hanya mengetahui lokasinya, kamu juga bisa melihat jaringan yang terhubung dan sisa baterai dari HP yang hilang tersebut.

6. Menariknya lagi, jika sudah terhubung maka kamu bisa melakukan kontrol pada HP tersebut. Kamu bisa melakukan penguncia perangkat, membackup dan menghapus data, membunyikan speaker, melihat log panggilan dan masih banyak lagi.

2. Melacak HP Samsung yang hilang menggunakan e-mail

Cara melacak HP Samsung yang hilang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan alamat e-mail. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu simak di bawah ini.

1. Pertama kamu buka aplikasi browser yang ada di perangkat PC atau laptop. Selanjutnya lakukan login ke akun Gmail yang sama dengan yang digunakan di HP Samsung yang hilang tadi.

2. Buka tab baru pada aplikasi browser, disini saya menggunakan browser Chrome. Pada tampilan baru tersebut kamu klik ikon kotak-kotak yang berada di sebelah pojok kanan atas. Selanjutnya klik menu Account atau Akun.

3. Pada tampilan Akun, selanjutnya kamu klik kotak pencarian untuk melanjutkan pelacakan. Pada kotak pencarian tersebut ketikkan keyword “Find Your Phone”, kemudian klik pada menu Find Your Phone tersebut.

4. Di dalam menu tersebut akan terlampir beberapa perangkat yang terhubung dengan akun Gmail tadi. Silahkan kamu klik pada perangkat yang hilang, kemudian masukkan password akun Gmail untuk melakukan verifikasi. Selanjutnya klik Next untuk melanjutkan.

5. Untuk melakukan pelacakan, kamu tinggal lakukan klik pada tombol Locate. Secara cepat menu Find Your Phone akan memberitahu kamu dimana lokasi terakhir HP Samsung yang hilang tadi. Tidak hanya mengetahui lokasi, kamu juga bisa melakukan kontrol pada perangkat hilang tesebut, seperti mengunci perangkat, mengapus data hingga membunyikan alarm.

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan cara melacak HP Samsung yang hilang di atas? Kedua cara di atas adalah yang dianggap paling efektif dilakukan untuk melacak HP android Samsung yang hilang. Caranya yang mudah pastikan akan bisa diterapkan oleh siapa saja, termasuk kamu yang masih pemula. Jangan lupa juga untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadi kamu agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.