3 Cara Melacak HP Oppo yang Hilang Paling Akurat

Cara Melacak HP Oppo yang Hilang – Selain Xiaomi, Oppo juga menjadi salah satu brand smartphone yang cukup diminati sekarang ini. Oppo terkenal dengan produk smartphone-nya yang dibekali dengan fitur kamera mumpuni. Hasil jepretan dari kamera Oppo ini sangat bagus karena dibekali dengan Ai Camera handal. Di dalamnya juga dibekali fitur lain yang semakin membuat hasil jepretannya sangat memuaskan.

Cara Melacak HP Oppo yang Hilang

Oppo juga terkenal sebagai vendor yang haus akan inovasi, terbukti beberapa smartphone terbaru besutannya selalu menghadirkan inovasi-inovasi terbaru. Fitur-fitur canggih disematkan ke dalam HP Oppo, hal ini juga bertujuan untuk memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Ini juga yang membuat banyak orang memilih brand Oppo sebagai favoritnya.

Baca Juga:

Beralih ke informasi lain, apakah kamu salah satu pengguna yang kehilangan HP Oppo? Entah itu hilang karena dicuri atau lupa menaruhnya di mana, sekarang kamu bisa mendapatkannya kembali dengan melacak keberadaannya. Pada artikel kali ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara melacak HP Oppo yang hilang paling mudah dan akurat. Untuk lebih jelalsnya simak ulasan di bawah ini.

Cara Melacak HP Oppo yang Hilang Paling Mudah

Saat kehilangan HP, terutama HP Oppo yang harus dilakukan pertama kali adalah tenang dan jangan panik. Jika pikiranmu kacau dan tidak terkontrol, tentu akan membuatmu lebih sulit untuk bisa menemukan HP tersebut kembali. Tenangkan pikiran dan cari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini adalah cara melacak HP Oppo yang hilang paling mudah dan akurat, di antaranya:

1. Lacak HP Oppo Menggunakan Aplikasi Find My Device

Cara melacak HP Oppo yang hilang paling efektif dan akurat yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut bernama Find My Device yang merupakan aplikasi resmi dari Google LLC. Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna melakukan pengendalian pada smartphone mereka melalui smartphone lain.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk melacak keberadaan sebuah perangkat, baik itu smartphone, tablet, atau juga smartwatch. Ukuran apikasi ini tidak terlalu besar, yakni hanya 3.5MB saja. Penggunanya sendiri sangat banyak banyak yakni sudah mencapai lebih dari 50 juta downloader. Untuk cara penggunaannya sendiri sangat mudah, yaitu:

  • Pertama kamu harus menginstall aplikasi Find My Device di perangkat lain, melalui link ini.
  • Jika sudah langsung saja jalankan aplikasi tersebut, lalu login ke akun Google yang sama dengan di HP Oppo yang hilang.
  • Secara otomatis nantinya aplikasi akan langsung mencari lokasi di mana HP Oppo yang terhubung dengan akun Google yang sama tersebut berada. Karena aplikasi ini memanfaatkan fitur GPS, jadi pada HP Oppo yang hilang harus sudah diaktifkan fitur GPS atau lokasinya.
  • Jika sudah terhubung, maka kamu bisa melihat di mana lokasi real-time HP Oppo yang hilang tersebut berada.

Pada aplikasi Find My Device ini nantinya akan muncul 3 fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengendalikan HP Oppo yang hilang dari jarak jauh. Fitur pertama adalah Play Sound yang memungkinkan HP Oppo yang hilang berdering dengan keras selama kurang lebih 5 menit. Ada pula fitur Secure Device yang memungkinkan HP Oppo yang hilang tadi terkunci dan tidak bisa diakses oleh orang lain. Dan terakhir ada fitur Erase Device yang berguna untuk menghapus semua data yang ada di dalam HP Oppo secara permanen.

2. Lacak HP Oppo Menggunakan Google Maps

Cara melacak HP Oppo yang hilang selanjutnya ini sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya. Hanya saja, di sini kamu tidak perlu melalukan instalasi aplikasi, melainkan langsung melalui browser android. Sama seperti sebelumnya, HP Oppo yang hilang harus sudah diaktifkan fitur GPS atau lokasinya. Jika tidak, maka kamu akan kesulitas mengetahui keberadaan HP tersebut.

Untuk menerapkan cara ini kamu juga perlu menggunakan perangkat lain, baik itu smartphone, tablet atau PC. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu perlu menyiapkan perangkat gadget lain, bisa smartphone, tablet ataupun laptop. Pastikan juga perangkat tersebut sudah terhubung dengan jaringan internet.
  • Selanjutnya kamu tinggal mengakses situs Find My Device di Browser melalui link ini.
  • Setelah itu, kamu masih harus melalukan login ke akun Google yang sama dengan di HP Oppo yang hilang.
  • Secara otomatis pencarian lokasi HP Oppo yang hilang langsung dilakukan, tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah, nantinya di sana akan muncul di mana lokasi HP tersebut berada. Selain itu, akan terera juga tipe HP, waktu dilihat terakhir, sisa baterai, dan jaringan yang terhubung dengan HP.

Sama seperti cara sebelumnya, di sini kamu akan menemukan 3 opsi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengendalian pada HP Oppo yang hilang. Ketiga opsi tersebut, di antaranya:

  1. Opsi Putar suara. Opsi ini berfungsi untuk membuat smartphone yang hilang mengeluarkan suara alias berdering selama kurang lebih 5 menit. HP tetap akan berdering meskipun diatur ke mode senyap sekalipun.
  2. Opsi Amankan Perangkat. Opsi ini semacam fitur Lock smartphone, di mana fungsinya adala untuk mengunci HP yang hilang dan membuatnya logout dari akun Google kamu. Selain itu, melalui opsi ini kamu juga bisa menampilkan nomor kontak atau pesan pada layar kunci.
  3. Opsi Hapus Perangkat. Dan opsi yang terakhir ini berfungsi untuk menghapus semua data dan file yang tersimpan di dalam perangkat agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Opsi ini bisa kamu lakukan jika HP yang hilang tersebut ternyata dicuri orang. Perlu diingat, jika kamu menggunakan opsi ini maka setelahnya kamu tidak bisa lagi melacak keberadaan HP yang hilang tersebut.

Penutup

Itulah tadi 2 cara melacak HP Oppo yang hilang paling mudah dan akurat bisa kamu terapkan sendiri. Meski begitu, cara ini akan percuma jika HP yang hilang ternyata fitur GPS atau lokasinya dimatikan. Karena itulah, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu selalu menghidupkan fitur lokasi atau GPS di HP android agar lebih mudah melakukan pelacakan jika HP hilang.