Cara Melacak HP Lewat Email yang Akurat

114
Cara Melacak HP Lewat Email
Cara Melacak HP Lewat Email

Cara Melacak HP Lewat Email – Memiliki perangkat HP seakan menjadi kewajiban bagi sebagian besar masyarat modern seperti sekarang ini. Selain untuk keperluan komunikasi, HP pintar juga memiliki fungsi lain yang membuatnya dapat membantu memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Hal ini dikarenakan di perangkat smartphone dibekali dengan beragam fitur canggih untuk dapat melakukan berbagai hal tersebut. Tidak heran banyak orang yang sangat membutuhkan perangkat HP pintar tersebut, khususnya smartphone android. Ditambah lagi dengan beragam jenis aplikasi yang bisa dipasang di dalamnya, yang mana masing-masing aplikasi ini memiliki fungsi atau kegunaan tersendiri. Sebagian besar aplikasi dapat di download dengan mudah melalui Google Play Store dan sebagian lainnya bisa didapatkan di internet.

HP android khususnya dibekali dengan beragam kecanggihan yang membuatnya dapat membantu memudahkan berbagai aktivitas penggunanya. Salah satu kecanggihan dari HP android adalah dapat melacak keberadaan HP lain dengan mudah dan akurat. Pada HP android dapat memancarkan sinyal khusus yang memungkinkan untuk dideteksi dan ditangkap oleh HP lainnya. Dari sini HP yang hilang sekali pun dapat ditemukan dengan mudah keberadaannya tanpa perlu mengandalkan pelacak khusus. Bahkan pada HP android kita juga akan diberikan navigasi yang bisa diikuti agar keberadaan HP bisa ditemukan. Inilah kecanggihan HP android yang mungkin belum bisa ditemukan di perangkat serupa lainnya.

Baca Juga:

Dalam hal melacak keberadaan seseorang melalui smartphone android, terdapat beberapa metode yang bisa digunakan. Kita bisa memilih sendiri cara mana yang dianggap paling mudah dilakukan dan ampuh pastinya. Selain metodenya, beberapa sarana juga diperlukan agar dapat melacak lokasi dari HP target. Melacak lokasi HP android ini sendiri bisa dilakukan baik saat HP dalam keadaan hidup, internet aktif / terhubung ke jaringan internet, maupun saat HP dalam keadaan mati. Kondisi tersebut memiliki metode yang berbeda dalam hal pelacakan keberadaannya agar hasil yang diberikan lebih akurat. Salah satu metode paling mudah untuk melacak lokasi HP adalah dengan menggunakan akun email. Berikut cara melacak HP lewat email yang mudah dan akurat bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Melacak HP Lewat Email yang Akurat

Melacak keberadaan HP android bisa dibilang susah-susah gampang, tergantung dari kondisi HP yang ingin dilacak. Paling mudah melacaknya jika HP yang dicari lokasinya dalam keadaan hidup dan terhubung ke jaringan internet. Berbeda ceritanya jika HP yang ingin dilacak kondisinya secara tidak terhubung ke jaringan internet, bahkan dalam keadaan mati. Kita tidak tahu bagaimana kondisi sebenarnya dari HP yang ingin dilacak. Yang pasti, dengan menggunakan email kita bisa mengetahui lokasi HP dengan mudah, bagaimana pun kondisinya saat itu.

Adapun cara melacak HP lewat email paling akurat yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lacak HP Android Menggunakan Laptop atau PC

Cara yang pertama untuk melacak HP hilang dengan email yakni dengan memanfaatkan perangkat tambahan, yakni PC atau laptop. Meskipun sebenarnya cara ini masih bisa diterapkan di HP android lain, yakni dengan mengakses email melalui browser yang ada di HP android yang digunakan. Cara ini akan lebih efektif memberitahukan lokasi HP, saat HP android yang dilacak tersebut tersambung ke jaringan internet.

Namun, jika kondisinya HP tidak tersambung ke jaringan internet, maka lokasi yang ditampilkan merupakan lokasi terakhir saat HP yang dilacak tersebut terhubung ke internet. Untuk langkah-langkah melacaknya sendiri, yakni:

Lacak HP Android Menggunakan Laptop atau PC
Lacak HP Android Menggunakan Laptop atau PC
  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP lain, PC atau laptop. Untuk browsernya diharuskan menggunakan Google Chrome.
  2. Pada browser Google Chrome, kamu login menggunakan akun Gmail yang digunakan di HP yang hilang atau yang ingin dilacak keberadaannya.
  3. Jika sudah berhasil login, sekarang buka halaman awal Google Chrome. Klik menu Sembilan Titik yang ada dibagian kanan atas tampilan (sebelah kiri foto profil akun Google/Gmail).
  4. Terdapat beberapa menu di sana, kamu pilih saja menu Akun atau Account. Kemudian pilih submenu Keamanan atau Security.
  5. Gulir ke bawa sampai menemukan opsi Perangkat Anda atau My Device. Di bagian bawahnya kamu klik pada menu Cari Perangkat yang Hilang. Nantinya akan ditampilkan perangkat HP yang tertaut dengan akun Gmail yang kamu gunakan tersebut. Dalam hal ini kamu pilih seri HP terhubung yang ingin dilacak lokasinya.
  6. Setelah diklik, kamu akan langsung diarahkan ke halaman Temukan Ponsel Saya atau Find My Device. Peta akan ditampilkan beserta lokasi dari HP yang kamu cari keberadaannya tersebut.
  7. Selesai.

Selain bisa mengetahui lokasi dari HP yang terhubung dengan akun Gmail yang sama, di sini kamu bisa melakukan tindakan lanjutan. Terdapat 3 opsi yang bisa kamu gunakan di halaman Temukan Ponsel Saya tersebut, yakni Putar Suara (membuat ponsel berdering), Amankan Perangkat (mengunci ponsel sekaligus keluar dari akun Google otomatis), dan Hapus Perangkat (menghapus semua data di ponsel).

2. Lacak HP Android Menggunakan Google Maps

Cara kedua ini tetap membutuhkan akun Gmail yang digunakan di HP yang ingin kita lacak lokasinya. Sementara untuk perangkat tambahan yang dibutuhkan, bisa menggunakan HP lain dan juga sambungan internet untuk melakukan pelacakan. Pada HP yang digunakan pastikan sudah terpasang aplikasi Google Maps. Selain itu, kamu juga harus mengingat alamat email dan password yang digunakan di HP yang ingin dilacak lokasinya tersebut.

Cara melakukannya bisa dibilang sangat mudah, bahkan cara ini juga dapat melacak lokasi HP meskipun HP yang dilacak dalam keadaan mati. Biasanya HP yang hilang karena terjatuh, dicuri ataupun lupa menaruhnya di mana, dalam beberapa waktu akan membuatnya mati karena kehabisa baterai atau alasan lainnya. Untuk langkah-langkah cara melacak HP lewat email dengan Google Maps tersebut, yakni:

Lacak HP Android Menggunakan Google Maps
Lacak HP Android Menggunakan Google Maps
  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Google Maps di HP android lain.
  2. Pada halaman utama Google Maps, kamu klik Foto Profil yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  3. Kotak notifikasi baru akan ditampilkan di layar, selanjutnya kamu klik ikon Segitiga Kecil yang ada di sebelah kanan alamat email. Kemudian pilih opsi Tambahkan Akun Lainnya.
  4. Sekarang kamu masukkan alamat email dan juga password dari akun yang sama yang digunakan di HP hilang dan ingin kamu lacak keberadaannya.
  5. Jika sudah berhasil masuk, sekarang klik lagi Foto Profil di pojok kanan atas tampilan. Kemudian pilih opsi Linimasa Anda.
  6. Di sana akan ditampilkan lokasi dari HP yang kamu cari. Jika tidak muncul, klik menu dropdown Hari Ini, lalu pilih tanggal aktif yang menyimpan riwayat lokasi dari HP.
  7. Selesai.

Dengan dua cara di atas kamu bisa dengan mudah mengetahui lokasi dari HP yang hilang, baik karena dicuri, terjatuh, ataupun lupa menaruhnya di mana.

Penutup

Itulah tadi cara melacak HP lewat email yang paling mudah dan akurat bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Kirim Folder Lewat WhatsApp Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini