Cara Masuk Recovery Android yang Mudah

45
Cara Masuk Recovery Android
Cara Masuk Recovery Android

Cara Masuk Recovery Android – HP android hadir dengan dibekali berbagai kecanggihan di dalamnya. Kecanggihan ini dihadirkan untuk membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Karena hal inilah membuat banyak orang semakin tidak bisa terlepas dari perangkat smartphone tersebut. Bahkan tidak jarang pengguna yang menghabiskan banyak waktunya hanya untuk bermain ponsel android. Baik untuk membantu pekerjaan, berselancar di sosial media, main game, hingga streaming musik dan film. Ditambah lagi dengan spesifikasi mumpuni yang dibekalkan pada HP, sehingga membuat performanya sangat cepat dan responsive.

Cara Masuk Recovery Android
Cara Masuk Recovery Android

Meskipun dibekali dengan banyak kecanggihan, namun ada kalanya smartphone android mengalami error atau keruskan. Baik itu masalah error pada perangkat lunak atau sistem android atau kerusakan pada komponen hardwarenya. Untuk soal error pada sistem android, cara ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara, misalnya dengan factory reset dan flashing HP. Sementara untuk melakukan cara tersebut, pengguna perlu masuk dulu ke menu Recovery Mode yang ada di HP android.

Baca Juga:

Berbicara mengenai Recovery Mode, ini merupakan fitur tersembunyi di perangkat android dan biasanya cara mengaksesnya menggunakan kombinasi tombol. Semua merek dan tipe HP android sudah dibekali dengan fitur ini, baik itu HP Samsung, Asus, Xiaomi, OPPO, VIVO, Huawei, Lenovo dan merek HP lainnya. Namun, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara masuk recovery android tersebut. Apakah kamu juga salah satuny? Kalau begitu kamu wajib menyimak ulasan di bawah ini sampai selesai.

Jenis Recovery Mode di Perangkat Android

Sebelum lanjut ke cara masuk halaman Recovery Mode di android, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Setidaknya ada 2 jenis Recovery Mode di perangkat HP android ini, yakni Recovery Mode Bawaan / Original dan Recovery Mode Custom. Keduanya tentu memiliki keunggulan masing-masing yang menjadi daya tariknya.

Recovery Mode Original merupakan fitur recovery bawaan yang disematkan oleh vendor dari perangkat HP tersebut. Biasanya di dalamnya terdapat beberapa menu seperti, wipe cache, wipe data / factory reset, dan lain sebagainya. Namun, menu yangdisediakannya ini cukup terbatas dan merupakan menu penting saja.

Sementara untuk Recovery Mode Custom merupakan fitur recovery untuk android yang dikembangkan oleh developer lain. Yang menjadi keunggulannya yakni menu yang disediakan lebih beragam. Mulai dari wipe cache, wipe data / factory reset, root android, backup data android dan masih banyak lagi yang lainnya. Menunya yang lengkap ini membuat banyak pengguna lebih memilih untuk menggunakan Reocovery Mode Custom.

Ada beberapa pilihan Recovery Mode Custom yang bisa kamu gunakan. Yang paling populer dan banyak diminati yakni TWRP Recovery dan CWM Recovery. Karena ini merupakan buatan developer, untuk penggunaannya kamu perlu melakukan pamasangan terlebih dahulu di perangkat androidmu.

Cara Masuk Recovery Android yang Mudah

Cara Masuk Recovery Mode Android
Cara Masuk Recovery Mode Android

Setelah mengetahui jenis recovery di android, sekarang lanjut ke cara masuk ke mode terebut. Meskipun berbeda, namun untuk cara masuk ke kedua jenis recovery mode tersebut sama, yakni dengan menggunakan kombinasi tombol fisik di HP android. Adapun cara masuk Recovery Android yang paling mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu matikan HP androidmu seperti biasa, yakni dengan menekan tombol Power beberapa saat lalu pilih Matikan Daya.
  2. Setelah HP mati sepenuhnya, selanjutnya kamu Tekan dan Tahan kombinasi tombol Power + Volume Atas secara bersamaan hingga HP bergetar dan muncul logo brand.
  3. Lepas tekanan pada tombol Power saat sudah muncul logo brand, dan tombol Volume Atas tetap ditekan.
  4. Nantinya di layar HP akan ditampilkan halaman Recovery Mode. Kamu lepaskan tekanan pada Volume Atas saat HP sudah masuk ke halaman Recovery Mode tersebut.
  5. Kamu tinggal pilih menu yang tersedia di dalamnya dan meyesuaikan dengan apa yang ingin kamu lakukan pada HP androidmu.
  6. Selesai.

Beberapa tipe HP android dari setiap merek bisa jadi berbeda-beda untuk kombinasi tombol yang digunakan buat masuk ke Recovey Mode di dalamnya. Baik itu halaman Recovery Mode Bawaan atau Recovery Mode Custom (TWRP atau CWM). Berikut ini beberapa pilihan kombinasi tombol di android untuk masuk ke Recovery Mode-nya. Kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan merek HP yang kamu miliki.

1. Kombinasi Tombol untuk Masuk ke Recovery Mode Samsung

Untuk HP Samsung, Kamu Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga HP bergetar dan muncul logo brand. Lepaskan tekanan pada tombol Power, kemudian saat sudah masuk ke Recovery Mode lepaskan juga tekanan pada tombol Volume Atas.

Selain itu, di beberapa HP Samsung lain ada yang menggunakan kombinasi tombol Home + Power + Volume Atas/Bawah.

2. Kombinasi Tombol untuk Masuk ke Recovery Mode Xiaomi

Sementara untuk kamu pengguna HP Xiaomi, bisa menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan hingga muncul logo di layar. Lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut, nantinya akan langsung ditampilkan halaman Mi Recovery.

3. Kombinasi Tombol untuk Masuk ke Recovery Mode OPPO

Untuk pengguna HP OPPO kamu bisa menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan. Saat sudah muncul logo OPPO di layar, kamu lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut. Selain itu, beberapa HP OPPO ada juga yang menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Bawah.

4. Kombinasi Tombol untuk Masuk ke Recovery Mode VIVO

Pada kondisi mati, kamu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas di HP VIVO selama beberapa detik hingga muncul logo VIVO di layar. Pada halaman Select Boot Mode yang muncul, kamu pilih menu Mode Recovery.

5. Kombinasi Tombol untuk Masuk ke Recovery Mode Asus

Untuk di HP Asus kamu bisa tekan dan tahan tombol Power + Volume atas selama beberapa detik. Saat sudah muncul logo di layar, kamu lepas tekanan pada tombol Power saja. Dan ketika sudah masuk ke Recovery Mode, baru kamu lepas juga tekanan pada tombol Volume Atas.

Untuk merek HP android lainnya kemungkinan tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Kamu hanya perlu menggunakan kombinasi tombol untuk bisa masuk ke halaman Recovery Mode di android tersebut. Beberapa pilihan kombinasi tombol lengkap untuk masuk ke Recovery Mode Android, di antaranya:

  • Tombol Power + Volume Atas
  • Tombol Power + Volume Bawah
  • Tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah
  • Tombol Power + Home + Volume Atas
  • Tombol Power + Home + Volume Bawah

Penutup

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara masuk recovery android yang mudah untuk berbagai merek HP android yang ada saat ini. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Perbarui Google Playstore yang Mudah dan Cepat
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri yang Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini