Cara Logout WhatsApp di HP Android yang Mudah

15
Cara Logout WhatsApp
Cara Logout WhatsApp

Cara Logout WhatsApp – Sebagai pengguna HP android kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting online terpopuler satu ini. WhatsApp menjadi pilihan favorit banyak pengguna smartphone di dunia, termasuk di Indonesia. Penggunaannya yang mudah dan praktis menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilihnya. Terlebih lagi di WhatsApp kita bisa chattingan lebih seru dengan adanya fitur kirim emoji, stiker, file media, bahkan membagikan lokasi. Untuk soal stiker, pengguna bahkan bisa membuat stiker sendiri dari foto selfie dan dimasukkan ke dalam aplikasi WhatsApp sebagai bentuk ekspresi diri dikala chattingan.

Cara Logout WhatsApp
Cara Logout WhatsApp

Aplikasi WhatsApp bisa didownload dan diinstall secara gratis melalui Google Playstore. Meskipun demikian, pengunduhan aplikasi juga memungkinkan untuk dilakukan dari internet, baik itu aplikasi WhatsApp resmi maupun MOD. Untuk aplikasi WhatsApp resmi, kita bisa memilih sendiri versi aplikasi WhatsApp yang ingin diunduh dan dipasang di perangkat smartphone. Tinggal mengunjungi situs APK android terpercaya di internet, kemudian cari aplikasi WhatsApp di dalamnya. Sudah memiliki aplikasi WhatsApp, kamu bisa membuat akun secara gratis hanya dengan bermodal nomor HP.

Baca Juga:

Perihal akun WhatsApp, kita dibebaskan untuk memiliki lebih dari satu akun. Syaratnya masing-masing akun membutuhkan nomor HP yang berbeda. Sementara untuk di satu HP, kita memungkinkan juga menjalankan 2 atau lebih aplikasi WhatsApp dengan akun yang berbeda. Namun, pada beberapa tipe HP hal ini tidak bisa dilakukan dikarenakan belum menyediakan fitur Dual App. Untuk itu, agar bisa berpindah ke akun WhatsApp lain maka harus melakukan logout pada akun WhatsApp utama. Berikut cara logout WhatsApp di HP android yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Logout WhatsApp di HP Android yang Mudah

Cara Keluar WhatsApp
Cara Keluar WhatsApp

Sejatinya di aplikasi WhatsApp android belum tersedia fitur untuk logout atau keluar dari akun. Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna yang ingin berpindah dari akun WhatsApp 1 ke akun lainnya. Bahkan tidak jarang dari mereka merasa bingung untuk mengeluarkan akun WhatsApp di HP miliknya.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari akun WhatsApp di HP android. Cara ini tentunya mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kalian yang masih awam. Adapun cara logout WhatsApp di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Keluar dari Akun WhatsApp dengan Hapus Data

Cara yang paling mudah untuk mengeluarkan akun WhatsApp yakni dengan melakukan penghapusan data. Di sini kamu akan menghapus data aplikasi WhatsApp, sehingga semua data dan pengaturan didalamnya akan direset. Aplikasi WhatsApp akan kembali kosong layaknya baru pertama kali menginstallnya.

Untuk melakukan cara ini, pastikan sebelumnya kamu sudah membackup data akun WhatsApp. Baik itu mencadangkan chat WhatsApp, file media WhatsApp, ataupun juga mencadangkan kontak WhatsApp. Jika sudah, maka kamu bisa lanjut untuk menghapus data pada aplikasi WhatsApp. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  1. Pertama kamu busa menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi atau Apps.
  3. Selanjutnya cari dan pilih aplikasi WhatsApp. Maka kamu akan dibawa ke halaman Info Aplikasi WhatsApp.
  4. Lanjutkan dengan klik pada opsi Penyimpanan atau Storage.
  5. Kemudian klik pada opsi Hapus Cache atau Clear Cache.
  6. Lanjutkan dengan klik pada opsi Hapus Data atau Clear Data.
  7. Konfirmasi penghapusan data dengan pilih Hapus atau Clear.
  8. Selesai.

Catatan: Selain cara di atas, untuk masuk ke halaman Info Aplikasi WhatsApp bisa juga dengan cara menekan dan tahan pada ikon aplikasi WhatsApp di layar menu, kemudian pilih Info Aplikasi atau ikon (i).

Dengan cara ini secara otomatis akun WhatsApp akan dilogout dari aplikasi. Saat kamu menjalankan aplikasi WhatsApp kembali di HP, maka akan diminta untuk login ulang dengan memasukkan nomor HP.

2. Keluar dari Akun WhatsApp dengan Uninstall Aplikasi

Sementara untuk cara yang kedua ini sama efeknya dengan cara di atas, yakni akan menghapus semua data pada aplikasi WhatsApp. Untuk itu, kamu perlu melakukan pencadangan data WhatsApp terlebih dahulu sebelum melakukannya. Tidak hanya akan menghapus data WhatsApp, cara ini juga akan menghapus aplikasi WhatsApp dari HP android.

Untuk langkah-langkah melakukan pencopotan atau uninstall aplikasi WhatsApp di HP android tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Apps.
  3. Selanjutnya cari dan pilih aplikasi WhatsApp yang tersedia di list.
  4. Pada halaman Informasi Aplikasi WhatsApp, kamu klik menu Hapus Instalasi atau Uninstall. Pada beberapa tipe dan merek HP terkadang berbeda tulisan menunya, yakni Copot Aplikasi, Bongkar Aplikasi atau semacamnya.
  5. Sekarang aplikasi WhatsApp sudah berhasil dihapus dari HP dan sekaligus logout dari akun WA pribadimu.
  6. Selesai.

Catatan: Cara lain untuk uninstall aplikasi WhatsApp yakni dengan tekan dan tahan ikon aplikasi WhatsApp, lalu pilih Uninstall atau Hapus Instalasi.

Setelah aplikasi berhasil diuninstall, kemudian kamu lakukan install ulang WhatsApp melalui Google Playstore. Jalankan aplikasi tersebut seperti biasa, kemudian login ulang dengan nomor HP lain sesuai keinginanmu.

Cara Logout Akun WhatsApp Web di Browser

Sementara untuk cara ini bisa dilakukan jika sebelumnya kamu login ke WhatsApp Web di browser dan sekarang ingin melakukan logout atau keluar. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari WhatsApp Web tersebut, di antaranya:

1. Keluar Langsung dari WhatsApp Web

Yang pertama yakni dengan memanfaatkan fitur logout yang disediakan di WhatsApp Web. Berbeda dengan di aplikasi WhatsApp, di WhatsApp Web memang sudah disediakan fitur khusus untuk logout akun WA. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pada halaman WhatsApp Web, pastikan kamu sudah login ke akun WhatsApp pribadi.
  2. Untuk logout atau keluar dari akun tersebut, kamu klik ikon Tiga Titik yang ada di sebelah kanan Foto Profil WhatsApp.
  3. Akan muncul beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu pilih opsi Keluar atau Logout.
  4. Konfirmasi keluar dari akun dengan klik tombol KELUAR.
  5. Selesai.

2. Keluarkan Akun WhatsApp Web di Semua Perangkat dari Aplikasi WhatsApp

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa kamu lakukan langsung dari aplikasi WhatsApp. Berbeda dengan cara di atas, cara ini memungkinkan kamu untuk mengeluarkan semua login WhatsApp Web dari semua jenis perangkat. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat smartphone.
  2. Kemudian klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas tampilan.
  3. Lalu pilih opsi Perangkat Tertaut.
  4. Di sana kamu akan melihat daftar perangkat yang saat ini login akun WhatsApp melalui WhatsApp Web.
  5. Untuk mengeluarkannya, kamu klik pada salah satu perangkat tersebut lalu pilih tombol KELUAR.
  6. Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara logout WhatsApp yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Backup Kontak WhatsApp di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Tanggal WhatsApp Tidak Akurat di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini