Cara Lock 4G Vivo Paling Mudah, Work 100%!

Cara Lock 4G Vivo – Internet seakan sudah menjadi kebutuhan paling penting bagi kehidupan masyarakat sekarang ini. Internet sendiri bisa difungsikan untuk berbagai hal, mulai dari sarana informasi, bisnis atau bahkan sekedar hiburan seperti main game online. Perkembangan teknologi yang semakin maju, menghadirkan pula koneksi jaringan tercepat berbasis 4G LTE. Hingga sekarang ini jaringan 4G LTE masih menjadi yang tercepat di dunia dengan kecepatan koneksi mencapai 100 Mbps hingga 1Gbps.

Cara Lock 4G Vivo

Baru-baru ini dunia juga dihebohkan dengan bakal hadirnya jaringan 5G yang diklaim lebih cepat dan stabil dibandingkan jaringan 4G LTE. Menyimpang dari berita tersebut, jaringan 4G sendiri saat ini sudah mulai menyeluruh di Indonesia. Meski begitu, terkadang di beberapa daerah sinyal 4G yang tersedia tidak terlalu kuat sehingga memaksa mereka melakukan sesuatu. Salah satunya adalah dengan melakukan cara lock sinyal 4G LTE only di smartphone mereka.

Baca Juga:

Melakukan penguncian jaringan 4G LTE only di android memang bisa membuat sinyal 4G lebih stabil dan juga tidak berpindah ke mode jaringan lain seperti 3G H+. Cara lock jaringan 4G ini bisa dilakukan di HP apa saja, termasuk juga HP Vivo. Berikut ini adalah cara mengunci jaringan 4G Vivo paling mudah yang bisa kamu coba terapkan.

Cara Lock 4G Vivo Paling Mudah Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

Cara Lock 4G Vivo Paling Mudah Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

Bagi pengguna awam mungkin masih bingung bagaimana cara lock sinyal 4G Vivo yang paling mudah dilakukan. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengunci jaringan 4G di HP Vivo, bisa melalui menu Pengaturan, menggunakan kode rahasia atau juga dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Cara Mengunci / Lock Jaringan 4G Vivo melalui Pengaturan

Untuk cara yang akan dibahas ini kita tidak memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga, serta juga tidak perlu melakukan rooting HP Vivo. Seperti yang kita tahu, ada banyak bahaya rooting HP yang akan terjadi jika dilakukan. Untuk langkah-langkah lock jaringan 4G LTE only di HP Vivo, yakni:

  1. Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan HP Vivo.
  2. Setelah itu, pilih opsi Jaringan Seluler (kamu perlu juga memilih kartu SIM mana yang ingin digunakan untuk jaringan 4G).
  3. Selanjutnya pilih mode jaringan, dalam hal ini kamu bisa mengatur jaringan ke 4G (Diutamakan)/3G/2G.
  4. Selesai.

Catatan:

Cara ini memang tidak bisa mengunci jaringan ke 4G LTE Only/. Tetapi jika daerahmu sudah tercover jaringan 4G, maka secara otomatis HP beralih ke jaringan 4G.

Cara Mengunci / Lock Jaringan 4G Vivo dengan Kode Dial

Jika cara di atas tidak membuatmu puas karena HP Vivo belum disetting ke jaringan 4G LTE Only, kamu bisa menggunakan cara kedua ini. Caranya juga tidak terlalu sulit dan tentunya tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut cara lock Jaringan 4G di HP Vivo dengan kode rahasia bisa kamu terapkan, yakni:

  1. Buka menu Dial atau Panggilan di HP Vivo.
  2. Setelah itu, ketikkan kode rahasia *#*#4838#*#*. Secara otomatis kamu akan dibawa masuk ke tampilan menu Menguji.
  3. Pada tampilan tersebut kamu pilih Informasi Telepon, kemudian scroll ke bawah dan pilih opsi Setel jenis jaringan yang disukai.
  4. Pada opsi tersebut kamu bisa mengubah mode jaringan ke LTE Only. Dengan begitu jaringan 4G LTE di HP Vivo kamu sudah berhasil dikunci.

Catatan:

Saat HP Vivo disetting ke jaringan 4G LTE Only, itu artinya HP tidak akan berpindah ke mode jaringan lainnya seperti 3G dan 2G. Oleh karena itu, kartu SIM yang dikunci ke jaringan 4G LTE Only tidak bisa mengirim SMS ataupun melakukan panggilan. Ini karena jaringan 4G LTE hanya berguna untuk mengakses internet saja.

Cara Lock 4G LTE Melalui Aplikasi Tanpa Root

Cara Lock 4G Vivo Melalui Aplikasi Tanpa Root

Kalau cara sebelumnya kamu tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga, beda lagi dengan cara satu ini. Kamu perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memang dibuat khusus untuk melakukan cara mengunci sinyal 4G LTE only. Melalukan cara ini, kamu juga tidak perlu melakukan rooting HP android sehingga lebih mudah untuk diterapkan.

Untuk cara kali ini kita akan menggunakan aplikasi khusus bernama 4G LTE Switch yang dikembangkan oleh Unita Informatics. Aplikasi tersebut punya tampilan UI yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami. Selain itu, ukuran aplikasinya juga tidak terlalu besar yakni hanya 2.4MB sehingga ringan dijalankan.

  1. Pertama kamu perlu menginstall aplikasi 4G LTE Switch melalui Google Play Store.
  2. Setelah itu, jalankan langsung aplikasi tersebut. Secara otomatis kamu akan dibawa ke menu Pengujian atau Device Info.
  3. Scroll ke bawah, lalu cari opsi Set Preferred Network Type. Pada bagian bawah opsi tersebut, kamu klik ikon segitiga lalu pilih mode jaringan LTE Only.
  4. Dengan begitu, jaringan 4G LTE Only di HP Vivo sudah berhasil dikunci.

Catatan:

Jika cara diatas tidak berhasil, cobalah untuk mengaktifkan terlebih dahulu Otoritas Perangkat Tampilan Nirkabel melalui Developer Option. Selain itu, cara ini biasanya hanya bekerja pada kartu SIM 1 saja, tidak untuk SIM 2.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara lock 4G Vivo paling mudah yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa dengan bebas memilih cara yang mana, baik melalui menu Pengaturan, menggunakan kode rahasia ataupun dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Dengan mengunci jaringan ke 4G LTE Only, hal tersebut akan membuat koneksi internet HP menjadi lebih stabil dan tidak berpindah ke mode jaringan lainnya.