3 Cara Lock 4G Samsung Tanpa Root yang Mudah

Cara Lock 4G Samsung – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan brand smartphone ternama di dunia satu ini, yakni Samsung. Samsung sudah mengeluarkan berbagai seri smartphone terbaru dengan segala keunggulan, baik dari segi fitur maupun spesifikasi komponen yang dibawanya. HP Samsung lebih banyak dipilih dikarenakan ketangguhan dan juga performa kinerjanya yang selalu maksimal saat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Cara Lock 4G Samsung

Di era modern sekarang ini, penggunaan HP android khususnya Samsung pasti tidak terlepas dari yang namanya internet. Sebagian besar fungsi HP hanya bisa diakses ketika sudah terhubung dengan jaringan internet. Mulai dari berkomunikasi (teks atau video), menjalankan aplikasi atau bahkan sekedar bermain game. Karena itulah, internet menjadi salah satu kebutuhan terpenting dalam kehidupan modern seperti sekarang ini.

Baca Juga:

Berbicara mengenai jaringan internet, 4G LTE menjadi basis internet tercepat sekarang ini. Dengan jaringan tersebut kita bisa mengakses internet dengan sangat cepat bahkan mencapai 100 Mbps – 1Gbps. Tetapi sayangnya, jaringan 4G LTE masih belum merata di Indonesia. Hanya beberapa provider saja yang sudah cukup luas jaringan 4G LTE, salahs satunya Telkomsel. Di beberapa daerah jaringan 4G LTE juga belum stabil sehingga terkadang sinyal HP akan secara otomatis berpindah ke 3G atau H+. Agar tetap stabil pengguna biasanya melakukan cara lock 4G Samsung khususnya. Cara tersebut diklaim ampuh membuat jaringan internet HP tetap kuat tanpa berpindah ke jaringan 3G.

Bagaimana Cara Lock 4G Samsung Paling Mudah?

Bagi para pengguna awam mungkin masih cukup asing dengan istilah Lock 4G LTE Only. Lock sinyal 4G LTE only merupakan cara untuk mengunci jaringan internet di HP agar selalu ada dalam jaringan 4G LTE. Dengan begitu, jaringan internet HP akan tetap berada di jaringan 4G LTE meski sinyalnya tidak terlalu kuat atau bahkan belum terjangkau. Cara lock 4G LTE saja juga diklaim bakal membuat sinyal jaringan lebih stabil.

Cara ini sebenarnya bisa dilakukan di merek HP apa saja, termasuk HP Samsung. Tetapi sayangnya, secara default mode jaringan 4G LTE Only tidak tersedia di perangkat android terutama Samsung. Karena itulah, perlu melakukan sedikit trik agar bisa melakukan cara lock 4G Samsung tersebut. Bisa dengan menggunakan pengaturan dengan kode rahasia atau juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Lock 4G Samsung dengan Kode Rahasia

Semua merek atau tipe HP pasti dilengkapi dengan beberapa kode rahasia di dalamnya, di mana untuk setiap kode tersebut punya fungsi dan kegunaan tersendiri. Khususnya di HP Samsung, terdapat sebuah kode rahasia yang bisa dimanfaatkan untuk mengunci jaringan 4G LTE only. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka menu Dial atau Panggilan, kemudian ketikkan kode *#0011#.
  • Secara otomatis HP akan masuk ke ServiceMode. Pada mode tersebut kamu klik Lainnya yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Back.
  • Klik lagi Lainnya, lalu pilih opsi Key Input. Pada kolom yang tersedia kamu ketikkan huruf Q, kemudian klik OK.
  • Pilih Lainnya lagi, lalu pilih opsi Back.
  • Selanjutnya klik lagi Lainnya, kemudian ketikkan angka 0000 pada kolom tersedia dan klik OK kalau sudah.
  • Kamu perlu menunggu beberapa saat sampai MAIN MENU muncul di ServiceMode. Jika sudah muncul lanjut dengan memilih opsi [1] DEBUG SCREEN >> pilih [8] PHONE CONTROL >> pilih [7] NETWORK >> pilih [2] BAND SELECTION
  • Sampai di sini kamu perlu menentukan kartu SIM mana yang ingin disetting ke jaringan 4G LTE only. Pilih BAND SELECTION SIM1 atau pun SIM 2, lalu klik pada opsi [5] LTE BAND dan terakhir klik [1] LTE ALL.
  • Penguncian jaringan 4G LTE only di Samsung sudah selesai. Sekarang keluar dari ServiceMode dengan cara klik Lainnya, lalu pilih opsi End.

Catatan:

Cara ini mungkin sudah tidak berlaku pada HP Samsung seri terbaru, karena pihak Samsung sudah menghapus pengaturan tersebut. Jadi, tidak semua HP Samsung bisa di Lock 4G LTE only dengan dial seperti ini. Khusus kamu pengguna HP Samsung lawas, mungkin masih bisa menerapkannya.

Cara Lock 4G Samsung dengan Aplikasi 4G LTE Switch

Cara mengunci sinyal 4G di Samsung juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi bernama 4G LTE Switch. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa digunakan tanpa memerlukan akses root. Adapun langkah-langkah lock jaringan 4G LTE only dengan 4G LTE Switch, sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi 4G LTE Switch di HP Samsung milikmu. Klik tautan Link Ini.
  • Sebelum melanjutkan, kamu perlu mengaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Option di HP Samsung. Caranya adalah dengan menuju menu Pengaturan >> pilih Tentang Perangkat >> pilih Info Perangkat Lunak >> pada Nomor Versi kamu klik sebanyak 5 kali. Selanjutnya Opsi Pengembang atau Developer Option nanti akan muncul di menu Pengaturan. 
  • Buka Opsi Pengembang atau Developer Option tersebut, lalu aktifkan Otoritas Perangkat Tampilan Nirkabel atau Authorise Wireless Display Device.
  • Selanjutnya kamu jalankan aplikasi 4G LTE Switch yang sudah diinstall tadi. Pada tampila utama aplikasi kamu rubah Set Prefered Network Type ke mode LTE Only.
  • Selesai, jaringan 4G LTE di HP Samsung kamu sudah berhasil di-lock.

Catatan:

Aplikasi 4G LTE Switch hanya berfungsi ketika Otoritas Perangkat Tampilan Nirkabel atau Authorise Wireless Display Device sudah diaktifkan.

Aplikasi 4G LTE Switch hanya bisa mengunci jaringan 4G di SIM 1 saja.

Cara Lock 4G Samsung dengan Aplikasi Force LTE Only

Sesuai namanya, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengunci jaringan 4G LTE di HP Samsung khususnya. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan juga bisa digunakan tanpa rooting smartphone.

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi Force LTE Only melalui Link Ini.
  • Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut. klik SKIP untuk mempercepat membuka aplikasi. Pada pop up yang berisi info pengguna, kamu klik I ALREADY READ.
  • Selanjutnya klik tombol bertuliskan LTE|3G|2G SETTING.
  • Kemudian rubah Set Preferred Network Type, lalu pilih LTE Only pada list opsi yang tersedia.
  • Tunggu hingga proses penguncian jaringan 4G LTE only selesai.

Catatan:

Perlu diingat, cara ini hanya bekerja pada HP Samsung yang sudah mendukung jaringan 4G saja. Jadi, HP Samsung yang belum dibekali jaringan 4G tentu tidak bisa menggunakannya.

Lock sinyal 4G menggunakan aplikasi ini tidak bersifat permanen, di mana pengaturan tersebut akan direset ketika HP dimatikan atau direstart.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara lock 4G Samsung tanpa akses root paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun jejaring sosial media kamu ya?