Cara Lock 4G Huawei Paling Mudah, 100% Berhasil!

Cara Lock 4G Huawei – Perlahan pasar smartphone dunia mulai dikuasai oleh brand-brand asal China. Salah satunya yang cukup mengancam adalah Huawei. Huawei sempat menjadi perbincangan banyak orang karena inovasi jaringan 5G yang bakal digunakan pada smartphone besutan terbarunya. Meskipun sampai sekarang jaringan yang diklaim lebih cepat dari jaringan 4G tersebut belum secara resmi diluncurkan.

Cara Lock 4G Huawei

Berbicara mengenai jaringan internet, 4G LTE memang masih menjadi yang tercepat sekarang ini. Bahkan penyebarannya di Indonesia khususnya sudah hampir merata, di mana beberapa provider sudah mencakup desa-desa terpencil. Dengan menggunakan sinyal 4G LTE, aktivitas pengguna saat internetan akan sangat cepat dan nyaman, apalagi didukung provider yang memaksimalkan kecepatan koneksinya.

Baca Juga:

Tetapi terkadang jaringan 4G di HP Huawei khususnya berpindah secara otomatis ke 3G H+ ketika sinyal 4G tidak terlalu kuat. Hal ini terkadang membuat pengguna kurang nyaman, karena sinyal 3G H+ bisa dibilang kurang memuaskan. Agar hal tersebut tidak terjadi, salah satunya caranya adalah dengan melakukan cara lock 4G Huawei. Dengan begitu koneksi jaringan di HP tidak akan berpindah lagi ke 3G atau 2G. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa dilihat di bawah ini.

Cara Lock 4G Huawei Tanpa Aplikasi (No Root)

Cara Lock Sinyal 4G Huawei

Huawei terkenal dengan HP androidnya yang dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang bahkan tidak ditemukan di HP lain. Spesifikasi untuk setiap produknya selalu menjadi unggulan, membuat performa kinerja HP sangat mumpuni. Harga yang ditawarkannya pun jauh lebih murah dibandingkan HP lain dikelasnya. Inilah yang menjadi asalan kenapa HP dari Huawei banyak diminati.

Beralih ke cara lock 4G Huawei, sebenarnya sangatlah sederhana dan mudah. Hanya saja beberapa pengguna awam mungkin masih bingung untuk melakukannya. Mengunci jaringan 4G LTE di Huawei diklaim juga bisa membuat sinyalnya lebih stabil dan lancar. 

Cara Mengunci Jaringan 4G Huawei Melalui Setelan

Cara yang pertama ini tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengunci sinyal 4G Huawei. Kamu hanya perlu melakukan pengaturan mode jaringan melalui menu Setelan HP Huawei. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  1. Pertama kamu masuk ke menu Setelan atau Pengaturan HP Huawei.
  2. Pilih opsi Jaringan Seluler (sesuaikan kartu SIM yang ingin dikunci ke 4G LTE only).
  3. Pilih Mode Jaringan, kemudian atur jaringannya ke 4G LTE Only. Kalau tidak ada, kamu bisa memilih mode jaringan 4G LTE/3G/2G.
  4. Selesai.

Catatan:

Beberapa tipe HP Huawei mungkin sudah menghapus fitur mode jaringan 4G LTE Only. Solusinya memilih mode jaringan otomatis 4G LTE/3G/2G. Namun kelemahannya jaringan akan otomatis berpindah menyesuaikan sinyal jaringan yang ada didaerah atau lokasimu.

Cara Mengunci Jaringan 4G Huawei dengan Kode Rahasia

Cara lock sinyal 4G Huawei berikutnya ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Kamu juga tidak perlu melakukan rooting HP Huawei serta tanpa tambahan aplikasi apapun. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu buka menu Dial atau Panggilan di HP Huawei.
  2. Setelah itu, ketikkan kode rahasia Huawei *#*#6130#*#*. Secara otomatis di layar akan muncul tampilan menu Pengujian. Jika kode tersebut tidak berfungsi, kamu bisa menggunakan kode alternatif *#*#4636#*#* atau #*#*3646633#*#*.
  3. Setelah menu Pengujian muncul, kamu tinggal scroll ke bawah dan temukan tulisan Set Preferred Network Type atau Setel Jenis Jaringan yang Disukai.
  4. Pada bagian bawah tulisan tersebut kamu klik ikon segitiga, lalu atur mode jaringan ke LTE Only.
  5. Selesai, sekarang kamu sudah berhasil mengunci jaringan 4G LTE Only di HP Huawei.

Catatan:

Cara ini mungkin saja tidak berfungsi pada beberapa tipe HP Huawei, khususnya HP Huawei keluaran terbari. Selain itu, mengunci sinyal 4G LTE Only membuat HP tidak bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan.

Cara Lock 4G Huawei dengan Aplikasi Khusus

Cara Lock Jaringan 4G Huawei

Cara mengunci sinyal 4G Huawei berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi khusus yang memang diciptakan untuk fungsi tersebut. Setidaknya ada 2 aplikasi pengunci sinyal 4G LTE only yang bisa kamu gunakan yakni Force LTE Only dan Setting Database Editor.

Menggunakan Aplikasi Force LTE Only

  1. Pertama kamu install aplikasi Force LTE Only melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut di HP Huawei.
  3. Nanti akan muncul beberapa informasi mengenai aplikasi, klik SKIP untuk mempercepat. Jika ada pop up info pengguna yang muncul, pilih saja I ALREADY READ.
  4. Klik pada tombol yang ada ditengah dan bertuliskan LTE|3G|2G SETTING (SIM 1 atau SIM 2).
  5. Pada tulisan Set Preferred Network Type, kamu klik dan atur mode jaringan ke LTE Only.
  6. Selesai.

Catatan:

Sama seperti sebelumnya, aplikasi ini mungkin saja tidak bekerja pada beberapa tipe HP Huawei. Selain itu, aplikasi ini hanya bisa berfungsi pada HP Huawei yang sudah mendukung jaringan 4G LTE saja.

Menggunakan Aplikasi Setting Database Editor

  1. Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Setting Database Editor melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  3. Scroll ke bawah untuk mencari tulisan hw_networkmode_preference. Jika sudah ketemu, ubah angka 9,3,2,1 menjadi 9,3,2,1,11.
  4. Kalau sudah, silahkan kamu lakukan restart HP Huawei seperti biasa. Untuk mengunci jaringan 4G LTE Only, kamu tinggal menuju menu pengaturan jaringan seluler seperti biasa. Bedanya, sekarang mode jaringan 4G LTE Only sudah tersedia dan bisa kamu pilih.

Catatan:

Perlu berhati-hati saat menggunakan aplikasi Setting Database Editor ini. Jangan coba-coba melalukan editing sembarang kode jika tidak mengerti ilmunya, karena hal tersebut bisa membuat HP Huawei error.

Penutup

Penutup itulah tadi beberapa cara lock 4G Huawei paling mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?