Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung Paling Ampuh

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung – Samsung merupakan salah satu brand ternama di dunia yang sudah meluncurkan banyak sekali produk elektronik. Salah satu produk unggulannya yakni smartphone android. Smartphone dari Samsung terdiri dari berbagai tipe yang pastinya memiliki dukungan spesifikasi yang berbeda-beda. Mulai dari yang dibekali dengan spesifikasi standar hingga dengan spesifikasi mumpuni. Dan pastinya juga dukungan spesifikasi tersebut mempengaruhi harga banderol dari masing-masing seri HP Samsung.

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung
Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung

Berbicara mengenai spesifikasi, Samsung selalu menyematkan spesifikasi mumpuni pada setiap produk smartphone besutannya. Jadi, tidak heran jika HP dari Samsung selalu menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar pecinta gadget. Tidak hanya soal spesifikasi, di dalamnya juga dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang bahkan jarang ditemukan di HP android dari brand lain. Fitur-fitur keren tersebut disematkan tidak lain untuk memanjakan para penggunanya. Salah satu fitur yang disematkan di HP Samsung yakni fitur App Lock.

Baca Juga:

Sesuai dengan namanya, fitur AppLock sendiri berfungsi untuk menjaga privasi pengguna dengan cara mengunci aplikasi tertentu. Baik itu aplikasi chatting, galeri, SMS dan lain sebagainya. Namun, tidak semua HP dari Samsung dibekali dengan fitur satu ini. Lantas, bagaimana cara mengunci aplikasi di Samsung jika tidak dibekali fitur App Lock tersebut. Tenang saja, masih ada alternatif lain yang bisa kamu terapkan jika memang di HP-mu tidak tersedia fitur AppLock. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Adapun cara kunci aplikasi di HP Samsung selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung Paling Ampuh

Cara Lock Aplikasi di HP Samsung
Cara Lock Aplikasi di HP Samsung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setidaknya ada 2 metode untuk mengunci aplikasi di HP Samsung yang bisa kamu terapkan. Kedua metode tersebut yakni mengunci aplikasi dengan aplikasi dan juga tanpa aplikasi tambahan. Menariknya lagi, di sini kamu tidak memerlukan akses root untuk sekedar mengunci aplikasi android. Dan juga tidak memerlukan skill oprek sistem yang mumpuni, karena pemula pun bisa melakukannya dengan mudah.

Berikut cara kunci aplikasi di HP Samsung tanpa root yang mudah selengkapnya, yakni:

1. Kunci Aplikasi di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama yakni mengunci aplikasi di HP Samsung tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Perlu ditekankan lagi, metode satu ini hanya bisa diterapkan di HP Samsung yang sudah dibekali dengan fitur App Lock bawaan saja. Sejauh ini fitur App Lock sudah dihadirkan di HP Samsung dari keluarga Galaxy A, seperti A10, A30, A50, dan seri lainnya. Di HP seri Samsung lainnya kemungkinkan sudah disematkan fitur tersebut. Kamu tinggal mengeceknya sendiri melalui menu Pengaturan, apakah sudah ada fitur tersebut atau tidak.

Jika memang di HP Samsungmu sudah dibekali fitur App Lock, maka bisa melajutkan ke langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  • Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Advanced Features.
  • Pada halaman tersebut, kamu pilih opsi App Lock untuk mulai mengunci aplikasi yang bersifat privasi.
  • Selanjutnya kamu aktifkan fitur App Lock tersebut dengan cara geser tombol slider yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Sekarang kamu akan diminta untuk membuat kunci atau metode keamanan yang ingin digunakan, baik itu berupa kunci pola, PIN, kata sandi, ataupun fingerprint. Kamu bisa memilih salah satu metode kunci atau keamanan tersebut sesuai keinginan dan dianggap paling aman. Jika memang ingin memilih metode fingerprint, pastikan terlebih dahulu kalau HP-mu sudah dibekali sensor sidik jari tersebut.
  • Jika sudah membuat metode keamanan perangkat, selanjutnya kamu bisa mulai memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Caranya sangat mudah, pada list aplikasi terinstall tinggal kamu geser tombol slidernya hingga menjadi aktif.
  • Sekarang aplikasi yang kamu pilih sudah berhasil dikunci. Untuk membukanya kamu perlu memasukkan metode keamanan yang sudah dipilih dan dibuat tadi.
  • Selesai.

2. Kunci Aplikasi di HP Samsung dengan Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua seri HP Samsung dibekali dengan fitur App Lock. Karena itulah, alternatif lainnya jika kamu ingin mengunci aplikasi di dalamnya yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak pilihan aplikasi AppLock terbaik yang bisa kamu pilih dan gunakan. Aplikasi semacam ini bisa kamu install secara gratis melalui Google Play Store.

Dari sekian banyaknya aplikasi pengunci aplikasi di android, salah satunya yang paling direkomendasikan yakni 360 Security. Aplikasi satu ini cukup mumpuni dalam hal mengunci aplikasi di android, khususnya di HP Samsung. Untuk langkah-langkah mengunci aplikasi menggunakan 360 Security selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu harus menginstall aplikasi 360 Security di HP Samsung.
  • Jika sudah, langsung saja kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal aplikasi, kamu klik ikon menu yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan aplikasi.
  • Akan muncul beberapa menu aplikasi, kamu pilih opsi App Lock untuk mengunci aplikasi.
  • Pada halaman ini kamu akan melihat list aplikasi yang terinstall di HP Samsung-mu. Pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu kunci dengan cara memberi tanda centang pada bagian kotak yang ada di sebelah kanan masing-masing aplikasi. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Lock.
  • Selanjutnya kamu buat pola untuk dijadikan sebagai kunci aplikasi yang dipilih tadi. Masukkan pola lagi sebagai konfirmasinya.
  • Nanti akan muncul notifikasi pop up, tinggal kamu klik tombol Confirm.
  • Pada menu Usage Access, kamu aktifkan Permit usage access dengan cara geser slider ke arah kanan.
  • Penguncian aplikasi hampir selesai, selanjutnya kamu klik Confirm untuk menyudahinya.
  • Sekarang aplikasi yang dipilih sebelumnya sudah berhasil kamu kunci menggunakan pola tadi.
  • Selesai.

Setelah selesai mengunci aplikasi, kamu juga memungkinkan untuk mengatur ulang pola yang digunakan. Masih bisa juga menghapus atau menambahkan aplikasi yang ingin dikunci menggunakan pola tadi.

Penutup

Mudah bukan cara kunci aplikasi di HP Samsung tanpa akses root di atas? Kamu bebas ingin memilih cara yang mana, baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.