Cara Mudah Kompres Video Dari HP Android

Cara Mudah Kompres Video Dari HP Android – Kompres merupakan suatu istilah yang dipakai ketika sedang mengurangi size dari ukuran suatu file. Compress sendiri biasanya dilakukan supaya bisa menghemat memori penyimpanan dalam perangkat keras seperti smartphone, laptop dan komputer. Untuk kalian yang cukup sering menyimpan video pada perangkat HP, pastilah tahu bahwa ukuran yang di hasilkan cukup lah besar. Apalagi kalau video tersebut mempunyai durasi yang lumayan panjang serta kualitas terbaik, alhasil akan gampang membuat kapasitas memory menjadi penuh.

Cara Mudah Kompres Video Dari HP Android

Cara Mudah Kompres Video Dari HP Android

Dari pengaturan pabrik pada perekaman video android sudah tersetting dengan kualitas Full HD 1920 x1080 pixel atau juga resolusi HD 1280x 720 pixel. Resolusi merupakan detail dari jumlah kepadatan pixel pada kamera, jadi tak heran kalau ukuran video yang di hasilkan pun begitu besar. Tapi tenang, dengan membaca artikel ini nantinya kamu sudah akan bisa untuk mengurangi size dari semua jenis video tanpa harus menurunkan kualitasnya dengan cara yang sangat mudah untuk diterapkan.

Baca Juga:

Banyak manfaat yang akan kita rasakan dengan memakai teknik ini. Seperti bisa menghemat waktu jika ingin mengupload video, dikarenakan size yang harus di upload terbilang kecil dan menghemat kuota juga tentunya, serta kapasitas memory yang cuma termakan sedikit. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, bagi kamu yang sudah penasaran, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.

Cara Mudah Kompres Video Dari HP Android

Ada dua cara yang akan saya jelaskan pada bahasan kita ini dalam proses mengecilkan ukuran video menggunakan smartphone android tanpa harus mengurangi kualitasnya. Yang pertama dengan cara memakai sebuah aplikasi, dimana setelah mendowload aplikasi tersebut akan bisa kamu pakai untuk mengkompres tanpa butuh akses jaringan internet lagi.

Dan cara kedua ini, kalian wajib memiliki akses internet untuk bisa menerapkannya, karena kita akan memanfaatkan layanan compress dari sebuah situs dalam browser. Namun walaupun begitu, dengan cara memanfaatkan layanan website ini kita tidak perlu lagi mendownload aplikasi tambahan yang dapat mengurangi kapasitas penyimpanan internal hp kita.

Website YouCompress

Bagi kalian yang mencari situs compress simple yang mendukung segala format, maka YouCompress ini adalah jawabannya. Dalam fiturnya tersedia berbagai format seperti MP4, GIF, MOV, MP3, PNG, JPEG, PDF, dan JPG secara gratis. Antarmuka pada halamannya juga tidak rumit sehingga mudah untuk di mengerti bagi orang awam sekalipun.

Bukan hanya bisa mengecilkan ukuran dari video, namun juga berguna dalam mengkompres file berbentuk document PDF, Images, dan Music. YouCompress merupakan situs yang mampu mengecilkan size video tanpa mengurangi kualitasnya secara online, bahkan diklaim sebagai salah satu penyedia jasa compres online terbaik untuk saat ini.

Langkah dalam memproses compress file pada website YouCompress:

  1. Buka situsnya melalui link ini YouCompress
  2. Pada halaman pertama, klik menu Select File. Lalu masukan file video, document PDF, maupun Music yang akan hendak anda kompres
    langkah 1
  3. Kemudian jika sudah langsung saja tekan opsi UploadFile & Compress. Perhatikan gambar di atas untuk lebih jelasnya
    langkah 2
  4. Setelah selesai menunggu beberapa saat hingga proses upload dan pengecilan size berlangsung, silahkan kamu download hasil filenya dengan cara klik Download seperti yang ada pada contoh di gambar atas.

Website Online Converter

Jika pilihan di atas tadi menurut kalian terlalu simple untuk di coba, maka situs ini pilihannya. Selain berguna untuk mengecilkan size, kita juga dapat mengatur Sumber Video, Quality Audio, dan Size Video yang di inginkan.

Format video yang didukung pun banyak beragamnya, seperti MP4, WMV, MKV, MOV, FLV, 3GP, AVI, dan masih banyak lagi. Tak perlu ragu dalam penggunaan layanan seperti ini sebab ia tidak akan menyimpan video yang telah di unggah, dengan begitu kita tidak perlu khawatir video akan dilihat oleh orang lain.

Langkah pemakaian Online Converter:

  1. Pilih sumber video yang kalian inginkan seperti dari URL atau melalui Upload File
  2. Lalu masukan URL jika kamu memilih sumber tersebut, atau klik Choose File untuk mengupload
    proses 1
  3. Kemudian, sesuaikan Size dan Audio Quality yang anda mau
  4. Jika sudah selesai, tinggal kita klik Compress untuk mengeksekusinya
    proses 2
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, dan tekan Download Now untuk menyimpan hasilnya.

Aplikasi VidCompact

Aplikasi pengompres video tanpa memerlukan koneksi internet yang pertama akan kita bahas adalah VidCompact. Banyak fitur yang sudah tersaji dalam aplikasi satu ini, misalnya saja ada fitur convert format file, melakukan sekali kompres ke banyak video sekaligus, pemangkas klip yang tidak kita sukai, dan membagikan hasil editing kita ke berbagai opsi media sosial yang ada.

Aplikasi VidCompact

Aplikasi VidCompact

Tampilan menu yang tersaji dalam aplikasi ini juga terbilang simple untuk bisa di pahami oleh semua kalingan pengguna android. Developers dari apl ini sendiri ialah VideoShow EnjoyMobi &Video Maker Inc, merupakan developers yang sama pada aplikasi VideoSgow Editor. Jadi tak lagi heran kalau ada banyak fitur yang tersedia pada perangkat lunak VidCompact ini.

Ikuti langkah-langkah penggunaan VidCompact di bawah berikut:

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi VidCompact melalui Google Play Store secara gratis
  2. Jika sudah, lanjut dengan memilih menu Pangkas & Kompres
    VidCompact 1
  3. Masukan video yang akan anda kecilkan ukurannya ataupun di pangkas
  4. Kemudian klik opsi Pangkas seperti contoh pada gambar di bawah kalau kamu hendak mau memangkasnya
    VidCompact 2
  5. Lalu klik Resolusi untuk memilih resolusi yang di inginkan, terdapat pilihan seperti 240P, 320P, 360P, 480P, dan yang terakhir yaitu 640P
  6. Kalau di rasa sudah cukup tinggal klik Selesai seperti langkah 4 pada gambar
    VidCompact 3
  7. Pada halaman selanjutnya, kita bisa memilih mau dibagikan melalui sosial media apa saja, ada Facebook, Youtube, Instagram, dan masih banyak lagi
  8. Jika hendak ingin disimpan, maka langsung saja klik Simpan ke Galeri
    VidCompact 4
  9. Tinggal kamu tunggu saja beberapa detik hingga prosesnya selesai.

Aplikasi Video Compress

Rekomendasi aplikasi offline kompres android selanjutnya ada Video Compress. Apl ini sangat banyak dipakai pengguna android sebab hasil dari mengecilkan videonya sangat lah maksimal. Yang mana pengguna mampu menentukan tingkat kompresi videonya sendiri, opsi diantaranya yaitu ada tingkat rendah, normal, tinggi, dan bahkan terdapat custom (menyesuaikan sendiri).

Aplikasi Video Compress

Aplikasi Video Compress

Perlu kalian ketahuai juga bahwa sudah hampir semua format video yang didukung oleh aplikasi besutan developers Mel Studio Apps ini. Menyajikan layar antarmuka yang mudah dipahami, membuat pemakaian aplikasi ini sangar ramah bagi semua kalangan pemakai ponsel android. Pada kerja prosesnya pun terbilang sangat aman, yang mana video aslinya tidak akan hilang dari hasil kompres nanti, karena ia bersifat menyalin dari original filenya saja.

Tutorial dalam penggunaan Video Compress:

  1. Download terlebih dulu aplikasinya dari dalam Play Store secara gratis disini 
  2. Kalau sudah berhasil terinstall, langsung saja buka apl tersebut
  3. Pada halaman pertama kita sudah di haruskan memilih video mana yang ingin kita compres
    Video Compress 1
  4. Setelah itu, akan tampil banyak fitur yang bisa kamu gunakan, namun karena pada langkah ini kita akan mengecilkan ukuran, maka pilih Compress Video
    Video Compress 2
  5. Kemudian, akan muncul banyak opsi quality video yang dapat anda pilih, jika sudah di tentukan mau resolusi mana, tinggal di Klik saja
    Video Compress 3
  6. Selanjutnya tinggal kamu tunggu proses sampai selesai, hasilnya akan otomatis tersimpan kedalam galeri hp.

Penutup

Ok sobat, itulah tadi empat cara mudah untuk mengecilkan ukuran video dengan hanya menggunakan perangkat keras smarthpone. Jangan segan untuk membaca artikel kami yang lainnya jika anda tertarik. Sekian dari saya kali ini, terimkasih.