3 Cara Kloning Semua Aplikasi di Xiaomi Paling Mudah

Cara Kloning Semua Aplikasi di Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang cukup populer di Indonesia. Selain dikenal dengan produk smartphone-nya yang murah, Xiaomi juga sering menghadirkan inovasi terbaru dengan menyematkan berbagai fitur canggih pada smartphone besutannya. Berbagai fitur tersebut tidak lain untuk memanjakan serta mempermudah penggunanya dalam melakukan berbagai hal.

Cara Kloning Semua Aplikasi di Xiaomi

Salah satu fitur khusus yang disematkan di HP Xiaomi adalah tools cloning aplikasi. Dengan tools ini pengguna bisa dengan mudah menggandakan aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya di dalam HP Xiaomi. Bahkan bukan hanya aplikasi-aplikasi tertentu atau bawaan saja, semua jenis aplikasi bisa dikloning atau digandakan dengan sangat mudah.

Baca Juga:

Yang semakin membuat pengguna Xiaomi girang adalah cara menggandakan semua aplikasi di Xiaomi ini tidak memerlukan akses root atau tanpa root HP. Cara menggunakan tools kloning bawaan Xiaomi ini juga sangat gampang, bahkan pemula pun bisa melakukannya dengan mudah. Selain menggunakan tools kloning bawaan, ada pula aplikasi cloning app yang tersedia di Google Play Store bisa kamu gunakan. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Kloning Semua Aplikasi di Xiaomi Tanpa Aplikasi

Menggandakan atau meng-kloning aplikasi mungkin kurang penting bagi beberapa orang. Tetapi hal ini justru menjadi kabar baik bagi sebagian pengguna smartphone lainnya, terutama mereka yang menggeluti bidang bisnis online. Aplikasi menjadi alat penting yang tidak boleh terlewatkan, misalnya saja aplikasi WhatsApp atau yang lainnya. Menggunakan 2 akun WhatsApp dalam satu HP sering dilakukan oleh pelaku bisnis.

Selain WhatsApp, aplikasi lain juga bisa digandakan dengan sangat mudah menggunakan tools khusus yang disediakan oleh Xiaomi. Tools ini sendiri bisa ditemukan di HP Xiaomi yang sudah mengguankan  MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9. Berikut ini cara kloning semua aplikasi di Xiaomi tanpa root dan tanpa aplikasi, yakni:

  • Pertama kamu masuk ke menu Setelan atau Settings. Scroll ke bawah lalu pilih opsi Aplikasi Ganda.
  • Di sana akan muncul list aplikasi yang bisa kamu gandakan melalui tools ini. Perlu diingat, memang tools tersebut hanya bisa menggandakan apk yang mendukung aplikasi ganda. Tetapi tidak perlu khawatir, karena hampir semua aplikasi terbaru sudah mendukung fitur tersebut.
  • Untuk menggandakan atau clone aplikasi, kamu tinggal geser tombol navigasi ke kanan. Pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu gandakan.
  • Sekarang kamu bisa kembali ke menu Home. Secara otomatis aplikasi yang sudah dipilih tadi berhasil kamu gandakan. Aplikasi kloning biasanya punya tampilan ikon yang berbeda dengan aslinya, umumnya terdapat tanda khusus di bagian sudut kiri bawah ikon tersebut.

Aplikasi sudah berhasil kamu kloning atau gandakan. Kamu sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut layaknya aplikasi aslinya.

Cara Kloning Semua Aplikasi di Xiaomi dengan Parallel Space

Jika cara di atas kamu tidak perlu menggunakan aplikasi lain, beda lagi dengan cara ini. Kamu harus menginstall terlebih dahulu aplikasi kloning aplikasi android khusus bernama Parallel Space. Kehebatan dari aplikasi ini adalah mampu menggandakan semua jenis aplikasi dan juga game. Jadi, tidak memandangan apakah apk tersebut mendukung aplikasi ganda atau tidak.

Cara kloning semua aplikasi di Xiaomi menggunakan Parallel Space juga tidak perlu melakukan rooting HP. Hebatnya lagi, menggandakan aplikasi dengan Parallel Space juga sangat aman serta mudah. Adapun cara menggunakan aplikasi Parallel Space untuk menggandakan aplikasi, sebagai berikut:

  • Pertama kamu harus menginstall aplikasi Parallel Space melalui Google Play Store.
  • Setelah berhasil diinstall, langsung buka aplikasi Parallel Space tersebut.
  • Pada tampilan utama, kamu pilih aplikasi yang ingin diclone atau digandakan dengan cara tap pada aplikasi hingga muncul tanda centang biru.
  • Selanjutnya klik tombol Tambahkan ke Parallel Space, secara otomatis aplikasi yang dipilih akan masuk ke list aplikasi cloning dalam Parallel Space.
  • Untuk menggunakannya, kamu tinggal tap pada aplikasi yang sudah digandakan di dalam Parallel Space. Jika ingin menggandakan aplikasi lain, tinggal tap pada opsi Tambahkan Aplikasi.

Cara kloning semua aplikasi di Xiaomi menggunakan Parallel Space ini memang agak berbeda dengan sebelumnya. Ya, aplikasi kloning tidak ditampilkan di layar utama smartphone, melainkan di dalam aplikasi Parallel Space.

Cara Kloning Semua Aplikasi di Xiaomi dengan App Cloner

Cara satu ini juga memanfaatkan aplikasi cloner android yang bernama App Cloner. Dulunya aplikasi ini tersedia secara gratis, namun sekarang justru menjadi aplikasi berbayar di Google Play Store. Tapi tenang saja, di sini saya punya aplikasi App Cloner versi gratis yang mana fiturnya tidak kalah bagus, terutama dalam menggandakan aplikasi di Xiaomi. Langkah-langkah menggunakannya sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu mengunduh dan install aplikasi App Cloner melalui Link Ini.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di HP Xiaomi kamu.
  • Pada tampilan utama, kamu klik menu Apps. Di sana akan muncul semua aplikasi yang terinstall di HP dan bisa kamu gandakan.
  • Tinggal pilih aplikasi yang ingin diclone dengan cara tap di aplikasi tersebut.
  • Pada opsi Name, kamu rubah nama aplikasi sesuai keinginan. Cara ini sebagai antisipasi agar tidak tertukar dengan aplikasi versi aslinya. Selain itu, pada opsi Clone number rubah nomornya sesuai keinginan (ini berlaku jika kamu mengkloning aplikasi lebih dari 2).
  • Jika sudah, klik tombol lingkaran yang terdapat logo centang di tengahnya. Tunggu proses kloning aplikasi hingga selesai. Nanti akan muncul pop up kalau aplikasi sudah berhasil dikloning. Selanjutnya klik Install App, jika meminta akses aplikasi tidak dikenal tinggal beri izin.
  • Sekarang kembali ke menu Home, aplikasi sudah berhasil kamu gandakan.

Berbeda dengan cara sebelumnya, menggunakan App Cloner memungkinkan kamu mengkloning aplikasi hingga lebih dari 2, bisa 3 aplikasi atau lebih dalam 1 HP. Inilah alasannya mengapa App Cloner tidak disediakan secara gratis di Google Play Store.

Penutup

Itulah tadi cara kloning semua aplikasi di Xiaomi paling mudah bisa kamu terapkan sendiri. Menggunakan tools bawaan Xiaomi lebih mudah, tetapi fiturnya sangat terbatas. Memanfaatkan aplikasi ketiga juga bagus, tetapi karena alasan keamanan banyak pengguna yang mengurungkan niatnya. Kamu tinggal memilih cara mana saja yang ingin kamu gunakan.