Cara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor Sekaligus

28
Cara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor
Cara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor

Cara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor – WhatsApp menjadi pilihan utama bagi para pengguna smartphone dalam hal mengirim atau menerima pesan. Berbeda dengan layanan SMS, di WhatsApp kita tidak hanya memungkinkan untuk saling berkirim pesan teks saja. Di WhatsApp kita bisa berkirim file media (foto dan video), file dokumen, link, stiker, emoticon, bahkan juga bisa berbagi lokasi. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak orang yang lebih memilih WhatsApp atau beralih ke aplikasi tersebut. Terlebih lagi aplikasi WhatsApp ini gratis untuk digunakan, mengunduhnya bisa melalui Google Playstore.

Cara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor
Cara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor

Selain mudah dan praktis untuk digunakan chattingan, WhatsApp juga hadir dengan beragam fitur canggih dan menarik di dalamnya. Sebut saja fitur Status WhatsApp, di mana melalui fitur ini pengguna memungkinkan untuk mengunggah foto, video ataupun teks yang akan hilang secara otomatis setelah melebihi waktu 24 jam. Postingan di Status WhatsApp ini nantinya bisa dilihat oleh teman WhatsApp, dan mereka boleh memberikan tanggapan. Untuk pemirsa Status WhatsApp ini juga bisa kita batasi sesuai keinginan, misalnya saja mengecualikan beberapa pengguna WhatsApp lain.

Baca Juga:

Ada lagi fitur chat langsung ke banyak nomor WhatsApp sekaligus atau yang dikenal juga dengan sebutan broadcast. Fitur ini dihadirkan oleh WhatsApp untuk memudahkan pengguna mengirim chat yang sama secara langsung ke banyak kontak. Pengirimannya cukup cepat dan praktis, dalam hitungan detik saja pesan sudah berhasil dikirimkan ke banyak nomor tersebut. Meskipun mudah, namun ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara kirim pesan WA ke banyak nomor sekaligus tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Bagaimana Cara Melakukan Pengiriman Pesan ke Banyak Nomor WA Sekaligus?

Sangat mudah sebenarnya untuk soal pengiriman chat langsung ke banyak nomor WhatsApp dalam satu waktu. Terlebih lagi WhatsApp sudah menyediakan fitur khusus untuk melakukan cara ini. Fitur yang dimaksud tersebut yakni bernama Pesan Siaran WhatsApp atau Broadcast Chat.

Pesan Siaran merupakan fitur khusus dari WhatsApp yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan yang sama ke banyak kontak WA sekaligus dalam satu waktu. Jadi, pesan akan dikirimkan ke masing-masing kontak yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam Daftar Siaran atai Broadcast List.

Perlu kamu tahu, chat yang dikirimkan oleh kontak lain di daftar pesan siaran ini akan diterima sebagai chat individu. Dan saat ia membalas chat tersebut juga kamu akan menerimanya sebagai chat individu. Jadi, pesan yang dikirim hanya kamu dan penerima saja yang bisa membacanya, bukan di halaman obrolan Pesan Siaran.

Syarat dan Ketentuan Menggunakan Pesan Siaran WhatsApp

Sebelum lanjut ke langkah-langkah untuk menggunakan Pesan Siaran atau Broadcast WA, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menggunakan fitur tersebut di WhatsApp pribadi. Adapun beberapa syarat dan ketentuan Pesan Siaran WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Menggunakan Pesan Siaran, kamu harus membuat Daftar Siaran terlebih dahulu di aplikasi WhatsApp.
  2. Daftar Siaran yang dibuat masih memungkinkan untuk diedit ulang di lain waktu, baik itu mengubah nama daftar siaran, menghapus penerima pesan siaran dan juga menambahkan kontak ke daftar siaran.
  3. Penerima pesan siaran harus sudah disimpan di nomor WhatsAppnya di buku kontak HP.
  4. Dan yang penting lagi, penerima harus sudah menyimpan nomor WhatsAppmu di buku kontak mereka. Jika tidak, maka penerima pesan siaran tersebut tidak akan dapat menerima pesan siaran yang kamu kirimkan.
  5. Pesan siaran yang dikirimkan akan diterima sebagai chat individual oleh penerima. Dan pesan yang dikirimkan oleh penerima juga dibuat sebagai pesan individual pula.
  6. Jumlah maksimal kontak WhatsApp yang bisa dikirimi pesan sairan sekaligus yakni sebanyak 256 kontak.

Cara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor Sekaligus

Cara Kirim Pesan WhtsApp ke Banyak Nomor
Cara Kirim Pesan WhatsApp ke Banyak Nomor

Sekarang lanjut cara untuk mengirim pesan siaran WhatsApp ke banyak nomor sekaligu di android. Cara ini sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam dalam hal ini. Yang perlu kamu perhatikan adalah sudah memenuhi syarat yang sudah dijelaskan di atas agar pesan ke banyak nomor WA sekeligus bisa dilakukan dengan mudah.

Adapun cara kirim pesan WA ke banyak nomor sekaligus yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Membuat Daftar Siaran atau Broadcast List

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di perangkat smartphone.
  2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, kamu klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  3. Ada beberapa opsi yang ditampilkan di sana, selanjutnya kamu pilih opsi Siaran Baru atau New Broadcast.
  4. Sekarang kamu pilih beberapa kontak yang ingin dikirimi pesan siaran dengan mengetuknya hingga muncul tanda centang hijau.
  5. Jika sudah selesai memilih, selanjutnya kamu klik ikon Centang Hijau yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  6. Sekarang kamu sudah berhasil membuat Daftar Siaran atau Broadcast List.

Langkah 2. Mengirim Pesan ke Banyak Nomor WhatsApp

Setelah berhasil membuat Daftar Siaran Baru, sekarang kamu bisa langsung masuk ke halaman Siaran untuk mengirimkan pesan ke banyak nomor WhatsApp sekaligus. Setelah membuat Daftar Siaran di atas, biasanya kamu akan langsung diarahkan ke halaman Siaran. Atau jika tidak sengaja keluar dari halaman tersebut, kamu bisa masuk lagi dengan klik Siaran yang ada di menu Obrolan.

  1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP.
  2. Pada halaman Obrolan, kamu klik Daftar Siaran yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Di halaman Siaran tersebut, kamu tinggal ketik pesan yang ingin disiarkan atau dikirim ke daftar kontak yang ada di Daftar Siaran tersebut. Di sini Anda bisa mengirimkan pesan teks, file media, pesan suara, lokasi, audio, kontak, dan jenis file lainnya.
  4. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim.
  5. Selesai.

Langkah Tambahan. Mengedit dan Menghapus Daftar Siaran

Sudah membuat Daftar Siaran di WhatsApp, mungkin kamu ingin mengubah informasi dan data di dalamnya. Misalnya saja mengubah nama daftar siaran, menambahkan penerima baru dan juga menghapus penerima yang sudah ditambahkan. Untuk langkah-langkah mengedit daftar siaran WhatsApp tersebut, yakni:

  1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  2. Klik Daftar Siaran yang ingin diedit.
  3. Kemudian klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  4. Ada dua pilihan yang tersedia di sana, yakni opsi Tambah Penerima (untuk menambah dan menghapus penerima) dan opsi Ubah Nama Daftar Siaran (untuk mengubah nama daftar siaran). Pilih salah satu sesuai dengan tujuanmu mengedit Daftar Siaran Tersebut.
  5. Jika sudah, kemudian simpan perubahan.

Sementara jika kamu ingin menghapus Daftar Siaran yang sudah dibuat, maka caranya:

  1. Pada halaman Obrolan WhatsApp, kamu tekan dan tahan Daftar Siaran yang ingin dihapus hingga muncul beberapa opsi di atasnya.
  2. Selanjutnya kamu klik ikon Tong Sampah untuk menghapus daftar siaran tersebut.
  3. Maka akan muncul kotak notifikasi pop up di layar untuk konfirmasi penghapusan. Jika kamu ingin menghapus juga file media yang diterima melalui Pesan Siaran, maka beri tanda centang pada kotak yang tersedia. Kemudian klik tombol HAPUS.
  4. Dengan demikian Daftar Siaran WhatsApp akan langsung dihapus dari WhatsApp milikmu.
  5. Selesai.

Penutup

Itu tadi cara kirim pesan WA ke banyak nomor sekaligus yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Siaran Langsung di FB Lewat HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Merekam Video Call WA di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini