Cara Kirim File Besar Lewat WhatsApp Paling Mudah

Cara Kirim File Besar Lewat WhatsApp – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting online paling populer sekarang ini. Hampir semua pengguna smartphone android khususnya pasti punya yang akun WhatsApp di dalamnya. WhatsApp sendiri memiliki banyak sekali fitur menarik yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lainnya. Meski disebut aplikasi chatting, nyatanya aplikasi WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun video call.

Cara Kirim File Besar Lewat WhatsApp
Cara Kirim File Besar Lewat WhatsApp

Di WhatsApp kita juga memungkinkan untuk mengirimkan berbagai jenis file, baik itu file foto, video, dokumen, bahkan hingga aplikasi android. Baru-baru ini WhatsApp juga menghadirkan fitur untuk saling berbagi lokasi dengan pengguna lain. Berkar kecanggihannya inilah yang akhirnya membuat aplikasi WhatsApp diminati oleh hampir semua pengguna smartphone. Tampilan yang simple juga menjadi alasan lain bagi para pengguna, karena hal ini membuatnya mudah untuk digunakan.

Baca Juga:

Namun, ada satu kelemahan dari aplikasi WhatsApp yakni tidak memperbolehkan pengguna mengirim file dengan kapasitas besar. Ada batasan kapasitas sebuah file yang bisa dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp. Tetapi tenang saja, ada kok trik khusus yang bisa kamu lakukan agar bisa mengirim file berkapasitas besar melalui WhatsApp. Penasaran dengan caranya tersebut? Berikut cara kirim file besar lewat WhatsApp yang bisa coba kamu terapkan.

Cara Kirim File Besar Lewat WhatsApp Paling Mudah

Seperti yang kita tahu, di WhatsApp ada ketentuannya tersendiri dalam hal berkirim file antar pengguna. Salah satunya yakni pembatasan kapasitas file yang ingin dikirim lewat WhatsApp. Ketentuannya sendiri, pengguna hanya diperbolehkan mengirim file media dengan kapasitas maksimal 16MB. Sementara untuk file dokumen, batas kapasitas maksimalnya mencapai 100MB. Jika melebihi dari ketentuan kapasitas ini, tentunya file tidak akan bisa dikirimkan ke penerima.

Namun kamu tidak perlu bingung, karena masih ada alternatif lain untuk mengirim file besar di WhatsApp. Setidaknya ada 3 trik mengirim file besar melebihi 100MB di aplikasi WhatsApp. Caranya sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam sekali pun bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

1. Kirim File Besar di WhatsApp dengan Gdrive

Kirim File Besar di WhatsApp dengan Gdrive
Kirim File Besar di WhatsApp dengan Gdrive

Cara yang pertama bisa coba kamu terapkan yakni mengirim file besar di WhatsApp dengan memanfaatkan Google Drive. Google Drive sendiri merupakan layanan penyimpnan berbasis cloud dari Google yang memungkinkan digunakan secara gratis oleh penggunanya. Namun, untuk kapasitas yang lebih besar (unlimited) perlu membayar ke pihak Google.

Kapasitas file yang bisa dikirimkan melalui Google Drive ini bahkan bisa lebih dari 1GB. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Google Drive di HP androidmu. Pastikan kamu sudah login ke akun Google Drive pribadi.
  • Pada halaman awal aplikasi Google Drive, kamu klik ikon Tambah (+) yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. Akan muncul beberapa opsi, di sini kamu bisa pilih opsi Uploud untuk mulai menguploud file besar yang ingin dikirimkan lewat WhatsApp.
  • Sekarang kamu cari dan pilih file besar yang akan dikirimkan dan tunggu proses uploud hingga selesai.
  • Jika file sudah berhasil diuploud, selanjutnya kamu aktifkan sharing file. Caranya dengan klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bawah file yang sudah diuploud tadi, lalu pilih opsi Link sharing off. Secara otomatis link sharing akan ter-copy.
  • Selanjutnya kamu bisa keluar dari Google Drive dan buka aplikasi WhatsApp.
  • Buka menu Obrolan dan cari kontak yang ingin kamu kirimi file besar tersebut.
  • Kemudian langsung Paste link sharing file dari Google Drive tadi pada kolom pesan, lalu klik Kirim.
  • File besar sudah berhasil dikirim. Si penerima hanya perlu klik pada link yang dikirimkan tadi dan nantinya bisa langsung download file yang sudah diuploud ke Google Drive sebelumnya.
  • Selesai.

2. Kirim File Besar di WhatsApp dengan Youtube

Kirim File Besar di WhatsApp dengan Youtube
Kirim File Besar di WhatsApp dengan Youtube

Cara yang kedua ini khusus dilakukan jika kamu ingin mengirimkan file video yang kapasitasnya lebih dari 100MB. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, batas maksimum kapasitas file yang bisa dikirim lewat WhatsApp hanya sebesar 100MB saja. Kapasitasnya lebih dari itu, maka file tidak akan bisa dikirimkan.

Di sini kamu bisa memanfaatkan platform Youtube untuk mempermudah berbagi video berkapasitas besar dengan pengguna WhatsApp lain. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Youtube di HP androidmu. Pastikan kamu sudah login ke akun Youtube pribadimu. Gunakan akun Google untuk masuk ke akun Youtube pribadi.
  • Sekarang kamu bisa langsung menguploud video kapasitas besar yang ingin dibagikan lewat WhatsApp.
  • Caranya dengan masuk ke menu Library yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. Kemudian klik pada tombol Your Videos.
  • Pada halaman baru yang ditampilkan, kamu klik pada tombol Uploud Video.
  • Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses kamera, microphone, dan file yang tersimpan di dalam memori. Beri izin akses dengan klik Allow Access.
  • Selanjutnya kamu pilih video yang ingin diuploud dan dibagikan ke WhatsApp.
  • Sebelum mulai meng-uploud video, kamu isi terlebih dahulu judul, deskripsi, privasi hingga lokasi untuk videonya. Jika sudah, sekarang kamu klik tombol Uploud. Tunggu sampai proses uploud video selesai.
  • Sekarang kamu bisa langsung membagikan video tadi ke pengguna WhatsApp yang diinginkan. Caranya dengan klik ikon tiga titik yang ada di bagian bawah video tadi, lalu pilih tombol Share. Pada tampilan notifikasi pop up yang muncul, kamu pilih opsi Copy Link.
  • Selanjutnya kamu close aplikasi Youtube dan buka aplikasi WhatsApp. Cari nomor kontak yang ingin dikirimi video, kemudian Paste link tadi dan klik tombol Kirim.
  • Video berkapasitas besar sudah berhasil kamu bagikan. Si penerima hanya perlu klik link video tadi untuk mulai menontonnya.
  • Selesai.

Selain cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan layanan lain untuk berbagi file besar lewat WhatsApp. Misalnya saja menggunakan layanan cloud lain , seperti OneDrive, DropBox, MediaFire dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penutup

Itulah tadi cara kirim file besar lewat WhatsApp di HP android yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?