Cara Kirim File Besar Lewat Email di HP Android

9

Cara Kirim File Besar Lewat Email – Berkirim pesan bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan berbagai jenis layanan pesan yang disediakan saat ini. Yang paling populer dari dulu hingga sekarang yakni layanan SMS yang bisa dilakukan melalui perangkat HP. Pesan yang dikirim akan membebani pengirim dengan sejumlah pulsa, meskipun bisa juga dengan memanfaatkan kuota SMS yang dibeli sebelumnya. Layanan pesan singkat ini bisa sayangnya hanya bisa mengirim pesan berbentuk teks saja. Seiring berkembangnya jaman dunia teknologi semakin canggih, yang mana kita bisa berkirim pesan dalam bentuk file media atau jenis file lain melalui aplikasi chatting online.

Cara Kirim File Besar Lewat Email
Cara Kirim File Besar Lewat Email

Selain melalui aplikasi chatting online, alternatif lainnya untuk mengirim pesan secara virtual yakni menggunakan layanan email. Ada banyak platform yang menyediakan layanan email gratis yang bisa kita gunakan, misalnya saja yang paling terkenal adalah Gmail dari Google. Layanan email gratis dari Google ini memungkinkan untuk diakses secara online melalui berbagai jenis perangkat, termasuk melalui HP android. Kita hanya perlu menginstall aplikasi Gmail atau mengakses Gmail melalui browser. Sementara untuk membuat akun Gmail, kita hanya perlu menggunakan nomor HP dan mengisi data diri saja.

Baca Juga:

Berbicara mengenai layanan Gmail, kita bisa mengirim pesan dalam bentuk dan format apa pun di dalamnya. Baik itu mengirim pesan teks, gambar, video, audio, dokumen, link dan lain sebagainya. Namun, untuk pengiriman file di Gmail, ada batasan kapasitas file yang diberlakukan. Ukuran file yang bisa dikirim lewat akun Gmail ini 25MB saja. Namun, Google akan melakukan performatan file dan menyalinnya, sehingga kapasitas yang tersedia untuk lampiran file hanya sebesar 12MB saja. Hal ini tentunya membuat kita kesulitan untuk mengirim file dalam kapasitas besar lewat email tersebut. Tidak perlu bingung, karena di bawah ini kami memiliki trik khusus agar dapat mengirim file besar. Berikut cara kirim file besar lewat email (Gmail) yang mudah bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Kirim File Besar Lewat Email di HP Android

Cara Kirim File Media Berkapasitas Besar Lewat Email
Cara Kirim File Media Berkapasitas Besar Lewat Email

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis layanan email gratis yang bisa digunakan. Mulai dari layanan Gmail, Hotmail, Mail.com, Microsoft Outlook, Yahoo Mail, AOL, Zoho, hingga ProtonMail. Dari beberapa layanan email yang disebutkan tersebut, layanan email dari Google memang yang lebih banyak dipilih dan digunakan. Selain karena fitur yang lengkap, Gmail juga hadir dengan tampilan antarmuka yang simpel sehingga mudah untuk dioperasikan.

Meskipun gratis, namun ada beberapa batasan yang diterapkan pada beberapa platform email di atas, termasuk pada layanan Gmail. Salah satu batasannya adalah dalam hal pengiriman file, di mana ada batas ukuran file yang diperbolehkan untuk dikirim di dalamnya. Seperti yang dijelaskan di atas, ukuran maksimal file yang bisa dikirim lewat akun Gmail yakni sekitar 12MB saja.

Namun demikian, ada trik supaya file besar bisa dikirim melalui Gmail, dan yang pasti cara ini sangat mudah diterapkan. Adapun cara kirim file besar lewat email di perangkat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Kompres File

Langkah termudah untuk mengirim file berukuran besar lewat email Google yang pertama yakni dengan melakukan kompres pada file. Melakukan cara ini akan mampu menekan kapasitas dari sebuah file, namun tidak mengurangi kualitas file tersebut. Misalnya file yang ingin dikirim adalah file video dengan kualitas HD, kualitas video tersebut akan tetap HD meskipun sudah dikompres.

Salah satu cara untuk mengompres file tanpa mengurangi kualitasnya yakni dengan mengubah formatnya menjadi ZIP atau RAR. Di sini kita bisa memanfaatkan aplikasi khusus untuk mengubah format file menjadi file arsip tersebut. Misalnya saja aplikasi bernama ZArchiver yang bisa didownload secara gratis melalui Google Play Store. Tersedia pula versi premiumnya jika kamu ingin menikmati fitur lengkap dari aplikasi tersebut.

Tinggal kamu kompres file besar yang ingin dikirim lewat email menggunakan aplikasi ZArchiver tersebut. Ubah formatnya menjadi ZIP atau RAR, maka secara otomatis ukuran file-nya akan menjadi lebih ringan. Pastikan ukuran file yang sudah diubah formatnya tersebut tidak lebih dari 12MB agar bisa dikirim lewat Gmail.

2. Upload File ke Layanan Cloud Storage

Mengirim file besar melalui Gmail biasanya akan secara otomatis terintegrasi ke Google Drive jika ukuran file-nya melebihi batas ketentuan layanan. Nantinya file akan diupload ke akun Google Drive, kemudian dijadikan lampiran file di email yang dikirim. Jadi, saat penerima membuka file maka akan langsung diarahkan ke halaman Google Drive.

Namun, terkadang secara default izin akses file di Google Drive yang dikirim dalam mode terbatas atau dibatasi. Hal ini akan membuat penerima tidak dapat mengakses file, kecuali sudah mendapatkan izin akses dari pemilik file. Untuk itu, lebih mudahnya mengunggah file besar terlebih dahulu ke akun Google Drive secara manual dan atur izin aksesnya ke mode Publik. Kemudian membagikan file tersebut dengan mengambil link sharenya, dan kirimkan ke penerima lewat email. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Langkah 1. Upload File Besar di Google Drive

  • Buka aplikasi Google Drive di HP android atau mengakses halaman Google Drive melalui browser.
  • Pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google yang benar. Sekarang pada halaman utama Google Drive kamu klik ikon Tambah yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Terdapat beberapa pilihan yang muncul, kamu klik pada menu Upload.
  • Sekarang kamu cari file besar yang ingin dikirimkan lewat email. Tunggu proses upload file ke Google Drive hingga selesar.
  • Jika sudah, refresh dulu halaman Google Drive dengan mengusap layar dari atas ke bawah. Kemudian cari file besar yang sudah diupload ke Google Drive tadi.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas tampilan file tersebut, lalu pilih Kelola Akses.
  • Klik Ubah yang ada di bawah opsi Dibatasi, lalu klik lagi opsi Dibatasi dan klik Siapa Saja yang Memiliki Link.
  • Kembali lagi ke halaman Kelola Akses, kemudian kamu klik ikon Rantai yang ada di sebelah kanan opsi Akses Umum untuk menyalin Link Share File.

Langkah 2. Kirim Link Share File Lewat Email

  • Sekarang kamu buka aplikasi Gmail atau mengaksesnya melalui browser.
  • Kamudian klik menu Tulis / Ikon Pensil yang ada di bagian kanan bawah tampilan.
  • Isi alamat email tujuan pada kolom Kepada, lalu isi judul email pada kolom Subjek.
  • Selanjutnya isi pesan yang ingin dikirim dan Paste Link Share File tadi di kolom Tulis Email.
  • Jika sudah, sekarang klik Kirim atau ikon Segitiga di kanan atas tampilan.
  • Dengan begitu email akan langsung terkirim beserta file besar yang sudah dijadikan link share di Google Drive tadi.
  • Selesai.

Catatan: Selain Google Drive, kamu juga bisa menggunakan layanan Cloud Storage lain untuk mengupload file besar. Baik itu, menggunakan MEGA, OneDrive, Dropbox, IDrive dan lain sebagainya.

3. Membagi File Menjadi Beberapa File dengan Ukuran Kecil

Dan cara yang terakhir untuk mengirim file berukuran besar melalui email yakni dengan membagi-bagi file ke dalam beberapa bagian. Misalnya file yang ingin dikirim berukuran 50MB, maka kamu bisa membaginya menjadi 4 hingga 5 file dengan ukuran yang lebih kecil.

Cukup merepotkan memang, tetapi cara ini cukup ampuh untuk mengirim file besar melalui demail, khususnya lewat layanan Gmail.

Catatan: Cara di atas juga bisa diterapkan untuk kamu yang ingin mengirim file besar melalui layanan email selain Gmail.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara kirim file besar lewat email di android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Menonaktifkan Mode Terbatas Youtube di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini