Cara Kembalikan Aplikasi yang Terhapus di HP Android

Cara Kembalikan Aplikasi yang Terhapus – Salah satu kelebihan HP android dibandingkan perangkat gadget lain yakni kebebasan pengguna dalam menginstall aplikasi. Aplikasi untuk android ini sendiri sangat banyak jenisnya, dan masing-masing aplikasi pastinya punya fungsinya tersendiri. Hampir semua aplikasi android bisa kamu install secara gratis melalui Google Play Store. Meski demikian, beberapa jenis aplikasi juga menyediakan item premium di dalamnya.

Cara Kembalikan Aplikasi yang Terhapus
Cara Kembalikan Aplikasi yang Terhapus

Selain melalui Google Play Store, pengguna juga dimungkinkan untuk menginstall aplikasi dari luar Play Store. Hanya saja, menginstall aplikasi dari luar Play Store bisa dibilang cukup berisiko. Pasalnya aplikasi yang disediakan tidak difilter secara ketat. Bisa jadi, aplikasi yang disediakan tersebut sudah disisipi virus atau malware. Jika menyerang HP, pastinya akan ada banyak bahaya yang bisa terjadi di HP androidmu.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang kita tidak sengaja menghapusnya dari perangkat. Padahal aplikasi tersebut terbilang sangat penting dan mungkin saja juga ada data-data penting di dalamnya. Tenang saja, ada kok cara untuk mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus di HP android. Berikut ini cara kembalikan aplikasi yang terhapus secara sengaja atau tidak sengaja di HP android bisa kamu terapkan.

Cara Kembalikan Aplikasi yang Terhapus di HP Android

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus
Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus

Kebebasan pengguna dalam menginstall dan meng-uninstall aplikasi terkadang membuat kita bertindak ceroboh. Dengan alasan tertentu terkadang pengguna langsung menghapus aplikasi dari perangkat. Dan di waktu lain ternyata ia masih membutuhkan aplikasi yang telah dihapus dari HP tersebut. Di sini kamu perlu mengembalikan aplikasi jika memang ingin digunakan lagi.

Tidak sulit untuk mengembalikan aplikasi yang sudah dihapus di HP android. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan untuk melakukan langkah tersebut. Adapun cara kembalikan aplikasi yang terhapus selengkapnya, sebagai berikut:

1.  Menggunakan Aplikasi Backup and Restore

Cara yang pertama untuk mengembalikan aplikasi android yang terhapus yakni dengan memanfaatkan aplikasi Backup and Restore. Aplikasi semacam ini akan menyimpan data di HP yang sudah dihapus oleh pengguna, termasuk aplikasi yang diuninstall. Khususnya untuk aplikasi yang dihapus akan dimasukkan ke dalam file backup, yang nantinya bisa direstore jika diperlukan.

Mengenai cara megembalikan aplikasi yang terhapus dengan aplikasi Backup and Restore, hanya bisa dilakukan jika kamu sudah menginstall aplikasi ini sebelumnya. Jadi, jika aplikasi dihapus sebelum menginstall aplikasi ini, tentunya tidak bisa dikembalikan lagi dengan cara ini. Kamu juga tidak memerlukan koneksi internet untuk mengembalikan aplikasi terhapus tersebut. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Sebelum lanjut pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Backup and Restore di HP androidmu.
  • Sekarang kamu buka aplikasi Backup and Restore tersebut. Pada tampilan awal aplikasi kamu masuk ke menu Installed.
  • Di sini kamu akan melihat list aplikasi yang sudah terinstall di HP androidmu. Beri tanda centang beberapa aplikasi yang ingin kamu simpan data backupnya. Dengan cara ini aplikasi akan dimasukkan ke dalam folder backup, sehingga jika memang terhapus maka kamu bisa mengembalikan lagi dengan mudah dan cepat.
  • Jika sudah diberi centang aplikasi mana saja yang ingin dibackup, selanjutnya kamu klik tombol Backup.
  • Tunggu sampai proses backup data aplikasi selesai dilakukan.

Sekarang aplikasi yang sudah dipilih tadi sudah berhasil dibuat data backupnya. Jika sewaktu-waktu kamu dengan sengaja atau tidak sengaja menghapusnya dan ingin mengembalikannya lagi, tentunya bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Mengenai langkah-langkah untuk mengembalikan aplikasi terhapus tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi Backup and Restore tadi di HP androidmu.
  • Pada tampilan utama aplikasi, selanjutnya kamu masuk ke menu Archived.
  • Pada halaman ini kamu akan melihat list aplikasi yang sudah kamu buat data backupnya tadi.
  • Silakan kamu pilih aplikasi mana yang ingin dikembalikan lagi dengan cara memberi tanda centang.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Restore.
  • Tunggu proses restore sampai selesai. Secara otomatis aplikasi terhapus tadi sudah dikembalikan ke layar menu HP.
  • Selesai.

Langkah ini memang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya saja, di sini kamu harus rajin-rajin melakukan backup aplikasi agar saat terhapus kamu bisa dengan mudah mengembalikannya lagi.

2. Melalui Google Play Store

Jika cara di atas bisa kamu lakukan tanpa koneksi internet, berbeda lagi dengan alternatif kedua ini. Di sini kamu wajib menggunakan koneksi internet agar restore aplikasi di HP berjalan dengan lancar. Kamu perlu mengunjungi Google Play Store untuk bisa mengembalikan aplikasi yang sudah diuninstall tersebut.

Cara satu ini juga terbilang mudah dan tidak jauh berbeda dengan saat kamu menginstall aplikasi di android seperti biasanya. Hanya saja, di sini kamu tidak perlu susah payah mencari aplikasi yang sudah diinstall sebelumnya tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka Google Play Store di HP androidmu.
  • Pada tampilan awal Google Play Store, selanjutnya kamu klik ikon tiga garis horizontal yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi, selanjutnya kamu klik opsi Aplikasi & Game Anda.
  • Pada halaman Aplikasi & Game Saya, kamu klik pada menu Koleksi.
  • Di sana kamu akan melihat list aplikasi yang pernah diinstall melalui Google Play Store. Cari aplikasi yang ingin diinstall ulang, kemudian klik tombol Instal untuk mengembalikannya.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara kembalikan aplikasi yang terhapus di HP android yang paling mudah dan cepat. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu.