Cara Jitu Mengatasi Vibrate HP Android Tidak Berfungsi

Cara Jitu Mengatasi Vibrate HP Android Tidak Berfungsi – Fitur getar yang terdapat pada smartphone android menurut saya pribadi keberadaan nya sangat lah penting, sebab mode getar itu sendiri bisa kita gunakan untuk pengganti ringtone kita di kala pada saat dalam kondisi dan situasi yang tidak memungkin kan untuk menghidupkan ringtone hp sebagai tanda notifikasi, selain itu juga sangat di perlukan oleh berbagai aplikasi termasuk game supaya ktia dapat mengetahui apa yang terjadi di dalam game dan merasa kan sensasi nya dengan lebih. Mode getar juga sering di gunakan dalam pengetik kan keyboard, namun apa yang terjadi jika fitur vibrate tersebut hilang atau mati ?

Cara Jitu Mengatasi Vibrate HP Android Tidak Berfungsi

Sebagai pengguna smartphone android, tentu kita bisa melakukan setting sedemikian rupa mengenai fitur vibrate ini dengan menyesuaikan keinginan diri kita. Untuk opsi pengaturan nya pun sudah ada di dalam menu setting atau dari pengaturan aplikasi nya secara individu. Pada saat mode getar ini tidak berfungsi biasa nya para pengguna kurang begitu peka atau kurang memperhatikan hingga sampai akhir nya sadar bahwa ada yang salah dengan smartphone mereka, yaitu mode getar android yang tidak berfungsi. Jika kalian sampai mengabaikan masalah mode getar yang tidak berfungsi ini maka nanti dapat membuat kalian menjadi kerepotan sendiri, sebab keberadaan nya saja sangat lah begitu penting.

Dalam keadaan yang normal tanpa harus mengaktifkan fungsi vibrate di hp android kita tidak akan merasa bingung jika ada notifikasi yang masuk sebab ada nya saura ringtone. Akan tetapi kita tidak akan bisa mengetahui ada nya kemunculan sebuah notifikasi pesan masuk dari suatu aplikasi kita, panggilan masuk, atau pun notifikasi penting lain nya apabila jika kita sedang di dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengaktifkan ringtone suara hp dan ternyata fungsi getar tersebut tidak berfungsi. Maka dari itu lah tidak ada rugi nya bagi kalian jika mengetahui cara jitu untuk memperbaiki fitur vibrate hp yang tiba – tiba hilang atau tidak berfungsi meskipun kedepan nya mungkin kalian akan jarang mengaktifkan mode getar di smartphone yang kalian miliki.

Lalu apa penyebab fitur getar tersebut tidak lagi berfungsi dengan semesti nya ? Untuk mengetahui nya kalian perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap smartphone anda mulai dari hardware dan software sistem perangkat android nya, hingga menemukan penyebab pasti kenapa ia tidak lagi dapat berfungsi dan secara tidak langsung juga kalian akan dapat dengan pasti menyelesai kan masalah tersebut dengan benar. Maka dari itu lah pada kesempatan kali ini saya akan membantu kalian untuk bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara mengikuti beberapa langkah yang sebelum nya sudah saya rangkum di artikel kali ini.

Baca Juga :

Sebelum kalian menyimak bagaimana Cara Jitu Mengatasi Vibrate HP Android Tidak Berfungsi pada smartphone yang kalian miliki, ada baik nya untuk terlebih dahulu kamu mengetahui dengan pasti alasan nya kenapa hal tersebut dapat terjadi. Di dalam beberapa kasus yang sering kali terjadi pada masalah tersebut, yaitu fitur getar atau vibrate yang tidak berfungsi, biasa nya di sebabkan oleh beberapa faktor. Seperti jika sebelum timbul nya masalah tersebut anda melakukan akses root atau mengganti ROM bawaan dengan berbagai custom rom pada smartphone anda. Akan tetapi, di sisi lain juga ada faktor yang bisa menyebab kan fungsi getar android tersebut menghilang, seperti ada nya kerusakan hardware itu sendiri mau pun kerusakan sistem operasi nya.

Cara Jitu Mengatasi Vibrate HP Android Tidak Berfungsi

Untuk anda yang sedang mengalami masalah ini dan ingin mengatasi nya dengan cepat, maka kalian dapat mencoba beberapa cara yang sudah saya rangkum sebelum nya di bawah ini hanya untuk anda para pembaca setia bukandroid. Trick yang saya berikan ini dapat di lakukan pada semua merk smartphone ternama, seperti Vivo, Samsung, Lenovo, Oppo, Asus Zenfone, HTC, Xiaomi, Smartfren, Sony, LG, dan lain sebagai nya.

1. Pastikan Fitur Getar Dalam Keadaan Aktif

Sebelum kita ke langkah yang sedikit lebih rumit, ada baik nya terlebih dulu kamu pasti kan jika fitur getar sudah dalam keadaan aktif pada smartphone kamu. Sebab, tidak lucu jika kamu sudah mengatakan bahwa vibrate atau getar pada smartphone tidak berfungsi padahal memang belum kamu aktif kan. Silahkan simak cara di bawah ini untuk bisa mengaktifkan fitur getar pada semua mode profil.

  • Langkah pertama adalah masuk ke dalam menu Pengaturan > lalu pilih opsi Suara dan Notifikasi > dan klik Getar Saat Dering.

Setiap merk smartphone android biasa nya terdapat cara nya tersendiri untuk bisa melihat fitur getar pada android nya, maka dari itu dengan mengetahui langkah di atas kamu harus bisa menyesuaikan dengan smartphone android yang kamu gunakan.

2. Test Fungsi Getar HP Melalui Kode Rahasia

Supaya kita bisa memastikan lebih lanjut mengenai penyebab kenapa vibrate hp android menghilang, kita perlu mencoba nya dengan cara melakukan test terhadap fitur getar tersebut melalui kode rahasia. Dengan menggunakan cara ini juga bisa memastikan kita bila handphone masih bergetar berarti yang bermasalah adalah sistem operasi android atau pengaturan fitur getar pada hp kita. Langsung saja ikuti langkah – langkah nya di bawah ini, yang mana saya contoh kan dengan menggunakan smartphone Samsung Galaxy.

Test Fungsi Getar HP Melalui Kode Rahasia

  • Pertama kamu harus masuk ke dalam menu Telepon hp, jika sudah maka masuk kan kode rahasia berikut ini *#7353#.
  • Maka setelah itu akan muncul beberapa pilihan vibrate, klik opsi Vibrate tersebut hingga aktif dan berubah menjadi berwarna biru serta di iringi getaran pada smartphone.

Jika kode di atas tidak berfungsi untuk anda, maka bisa menggunakan kode dan mengikuti langkah berikut ini :

  • Pertama kamu harus masuk ke dalam menu Telepon hp, jika sudah maka masuk kan kode rahasia berikut ini *#0842#.
  • Maka setelah itu akan muncul sebuah menu test vibrate, langsung saja klik ON atau AUTO.

3. Membersihkan File Cache Android

Cara ketiga yaitu kalian bisa mencoba melakukan pembersihan sampah pada hp android kamu. Untuk bisa membersih kan file sampah seperti cache tersebut kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih atau cleaner seperti CCleaner, Clean Master, CM Booster, 1 Tap Cleaner, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mendowload aplikasi semacam itu langsung dari Play Store secara gratis. Akan tetapi terkadang juga file cache pada suatu aplikasi tidak bisa terhapus secara otomatis dengan menggunakan apl pembersih, oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan memberikan cara bagaimana agar kalian dapat bisa menghapus file cache tersebut secara manual.

Membersihkan File Cache Android

Untuk lebih jelas nya langsung saja ikuti langkah – langkah di bawah :

  • Pergi menuju menu Pengaturan pada hp > pilih opsi Setelan Tambahan > klik Manajemen Aplikasi > lalu cari lah aplikasi yang mau di hapus file cache nya > setelah itu klik Hapus Cache.

Penting untuk kalian ketahui bahwa cara di atas saya praktek kan langsung pada smartphone yang memiliki sistem operasi Android v5.1.1 Lolipop. Jika smartphone yang kamu gunakan berbeda sistem dengan punya saya, kamu bisa menyesuaikan sendiri cara metode nya.

4. Update Android OS

Fitur vibrate mati atau tidak berfungsi pada hp android kemungkinan juga di sebab kan karena dari versi Android nya yang terbaru (baru di update misal nya) memiliki banyak Bug, sehingga berakibat fatal pada sistem vibrate. Maka oleh itu melakukan update Android OS secara manual atau pun otomatis karena ada nya pembaharuan sistem adalah salah satu cara ampuh agar bisa mengatasi masalah yang satu ini, dan memungkin kan si smartphone kamu mengalami peningkatan juga terhadap keamanan dan penambahan fitur. Dengan melakukan pembaharuan sistem operasi Android ke dalam versi terakhir tersebut di harap kan supaya bisa mengembalikan sistem getar yang hilang. Lakukan lah pembaharuan atau update OS Android kamu jika sudah tersedia notifikasi pembaharuan smartphone nya, atau juga bisa melakukan update os android ke versi sebelum nya secara manual.

5. Mematikan Smartphone Android

Jika sudah membersihkan sampah pada android anda seperti langkah yang ke 3, maka ada baik nya setelah itu anda langsung mematikan hp android anda, setelah hp dalam keadaan mati di lanjut kan dengan melepas kan baterai, SD Card atau memory eksternal, dan SIM Card. Jika semua sudah terlepas lalu diam kan saja beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke dalam smartphone dan otomatis ia akan merespon ulang. Selanjut nya hidup kan kembali hp anda yang sebelum nya semua yang di lepas tadi telah kembali anda pasang. Cara ini bertujuan supaya hp android memulai ulang proses muatan sistem operasi pada saat reboot berlangsung, dan hp akan lebih fresh tanpa ada nya error lagi.

6. Melakukan Factory Reset

Cara ke enam yang bisa kamu lakukan ialah mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik atau awal. Gunakan lah cara ini jika semua cara di atas tidak ada yang berfungsi bagi smartphone kamu, sebab cara ini lumayan sedikit ribet untuk di lakukan, tapi mau tidak mau kamu harus melakukan nya agar hp android kamu dapat kembali normal dan fungsi getar nya kembali bekerja semana mesti nya. Satu hal penting yang harus kamu lakukan sebelum melakukan factory reset yaitu membackup semua data penting yang ada pada memori internal kamu, supaya dapat mencegah bila ada file yang hilang dengan menggunakan cara ini.

Melakukan Factory Reset

Untuk bisa melakukan factory reset, kamu bisa mengikuti beberapa tahapan nya di bawah ini :

  • Buka menu Pengaturan > klik Setelan Tambahan > lalu pilih opsi Buat Cadangan dan Reset > kemudian klik Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar.

Penting untuk kalian ketahui bahwa cara di atas saya praktek kan langsung pada smartphone yang memiliki sistem operasi Android v5.1.1 Lolipop. Jika smartphone yang kamu gunakan berbeda sistem dengan punya saya, kamu bisa menyesuaikan sendiri cara metode nya.

Penutup

Demikian lah sedikit ulasan singkat mengenai Cara Jitu Mengatasi Vibrate HP Android Tidak Berfungsi, semoga artikel ini dapat membantu memperbaiki masalah anda dan pasti nya semoga bermanfaat bagi orang lain. Kalian juga bisa lho membantu orang lain yang mungkin sedang mengalami masalah yang sama, mudah saja, kalian hanya perlu membagikan artikel ini dengan cara menekan salah satu opsi tombol share yang ada di bawah.