Cara Jitu Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada HP Xiaomi

Cara Jitu Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada HP Xiaomi – Di tahun 2012 sebuah vendor terbaru yang bernama Xiaomi telah meluncurkan produk hp nya ke pasaran. Banyak respon luar biasa yang di berikan oleh konsumen penikmat smartphone Xiaomi ini. Sehingga ia hanya membutuh kan waktu yang relative singkat untuk bisa menggebrak pasar smartphone android yang mana sebelum nya telah banyak di kuasai oleh beberapa vendor ternama yang sebelum nya telah lebih dulu terkenal.

Cara Jitu Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada HP Xiaomi

Kemunculan hp dari vendor Xiaomi ini telah mendatangkan sebuah pilihan baru yang menarik bagi para konsumen smartphone. Hal ini terjadi sebab dari pihak Xiaomi sendiri telah memegang teguh komitmen nya yang mana akan selalu bisa menghadirkan suatu jenis hp berkualitas tinggi dengan harga yang bisa di bilang terjangkau bagi semua kalangan konsumen smartphone. Jadi, tidak heran lagi kenapa selama 2 tahun belakang ini kehadiran Xiaomi sudah sangat banyak di segani dan menjadi pilihan favorit.

Kebanyakan seperti yang sudah kita ketahui bahwa produk produk asal Cina sendiri tidak sedikit kualitas nya buruk di beberapa tahun terakhir, bahkan tidak sedikit orang di masyarakat kita yang terkadang gengsi untuk memakai barang asal Cina terutama pada hp. Namun, dengan ada nya perkembangan teknologi yang amat pesat di era modern ini mampu membuat semua produk dari Cina bisa berkembang dari kekalahan nya, yang mana seperti yang sudah kita ketahui sekarang kalau sudah ada produk smartphone nya Xiaomi yang sudah sangat laris di pasaran terutama pasar Indonesia sebab mereka tidak menawarkan kualitas bagus saja tetapi ia juga menawarkan harga yang cukup terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat.

Bahkan tidak sedikit elemen masyarakat yang mengatakan jika smatphone keluaran dari Xiaomi tersebut adalah iPhone versi timur, dengan menilai hp Xiaomi itu sendiri nampak nya panggilan tersebut tidak lah terlalu berlebihan mengingat kalau kualitas yang mereka hadir kan sendiri sangat lah bagus dan patut di jajarkan dengan brand besar lain nya di luar sana. Contoh nya saja bisa kita lihat dari handphone android yang baru saja mereka luncur kan dan di andal – andal kan pada beberapa bulan yang lalu, yaitu Xiaomi MI5.

Baca Juga :

Untuk rata – rata ukuran layar dari hp Xiaomi ini sendiri sudah sangat memuaskan untuk di massa sekarang, yaitu memiliki ukuran sebesar 5.1 inc dan cpu yang bertenaga Octa Core, dan tak lupa dengan chipset yang ia gunakan adalah Qualcom Snapdragon. Tak cukup berhenti di sana, pihak Xiaomi juga telah mampu membuktikan kualitas mereka pada smartphone teranyar nya, yang mana mereka sudah bisa menghadir kan hp berharga di kisaran 1 jutaan dengan kualitas yang premium. Kelebihan lain nya juga bisa anda lihat dari harga Xiaomi Redmi Note, sekaligus menjawab semua keraguan para konsumen nya terhadap kualitas yang mereka berikan di harga yang relatif terjangkau.

Cara Jitu Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada HP Xiaomi

Ok pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara jitu agar bisa mengatasi masalah yang sering terjadi pada HP Xiaomi milik kita, seperti boros nya penggunaan baterai ketika menggunakan wifi, jaringan 4G yang sering hilang, tidak ada recovery setting, kontak whatsapp tidak kelihatan, dan lain sebagai nya yang sering di alami oleh kalian para pengguna smartphone Xiaomi.

1. Tidak Ada Recovery Setting

Tidak Ada Recovery Setting

Keberadaan fitur recovery setting ini sangat lah berguna pada smartphone android, sebab aplikasi ini dapat berguna agar kita bisa memulih kan data dengan cara melakukan Backup terlebih dahulu supaya bisa wipe data dengan sangat mudah nanti nya, sampai update sistem. Akan tetapi sangat di sayang kan pada semua smartphone keluaran dari brand Xiaomi ini sejak tahun 2015 lalu hingga yang hadir di tahun 2016 sama sekali tidak di bekali fitur Recovery Setting pada perangkat android mereka. Hal tersebut terjadi sebab pada semua hp Xiaomi terbaru pada tahun – tahun tersebut telah di Lock Bootloader nya.

Ok, sekarang saya akan mengasih sedikit info kepada kalian gimana memasang kembali fitur recovery tersebut, untuk bisa memasang fitur recovery setting pada hp smartphone langkah pertama yang harus di lakukan yaitu membuka atau mengunlock yang nama nya Bootloader tadi. Untuk dapat membuka nya secara resmi kamu harus terlebih dulu melakukan permintaan unlock bootloader melalui alamat situs berikut : http://en.miui.com/unlock/. Kemudian masuk ke dalam web tersebut dan mengikuti setiap intruksi yang di berikan. Setelah bootloader nya terbuka, kamu bisa langsung memasang recovery setting dengan memakai Adb Command. Lalu kamu juga dapat melakukan root pada hp Xiaomi tersebut dengan sangat mudah, bahkan anda juga dapat menginstall custom ROM.

2. Muncul Notifikasi Activation SIM Card

Muncul Notifikasi Activation SIM Card

Hal yang satu ini bukan lah suatu masalah besar untuk kita hadapi, akan tetapi sering kali bisa saja membuat para pengguna nya merasa kesal jika sudah sering sekali muncul notifikasi SIM Card is Not Activated tersebut di layar smartphone mereka, mungkin saja termasuk kamu pembaca setia bukandroid. Notifikasi tersebut tetap muncul padahal sudah jelas bahwa SIM card yang kita masukan ke dalam hp sudah di dalam keadaan aktif, tapi masih saja muncul notifikasi yang memberitahukan kalau SIM Card is Not Activated.

Usut punya usut setelah di selidiki lebih lanjut, masalah notifikasi tersebut yang sering muncul di sebab kan oleh belum nya terverifikasi nomer yang kita gunakan ke dalam MiTalk atau Mi Account. Nah, agar bisa mengaktifkan nya kalian harus lah membuka alamat website berikut http://i.mi.com terlebih dahulu yang berguna untuk mengaktifkan nya. Setelah itu baru lah daftarkan nomor hp yang sedang anda gunakan di Mi Account, kemudian setelah mengikuti intruksi yang ada, anda hanya tinggal menunggu balasan berupa SMS Verifikasi masuk.

3. Google Now Tidak Berjalan Lancar

Google Now Tidak Berjalan Lancar

Google Now adalah suatu layanan berupa asisten berbentuk suara yang telah di hadirkan oleh Google hanya khusus ada di dalam platform Android, dengan menggunakan fitur Google Now ini memungkinkan para pengguna nya untuk memberi perintah yang hanya dengan memodal kan suara tanpa harus repot repot untuk mengetik kan suatu perintah yang mau anda berikan. Hanya dengan cara mengucapkan kata “Ok Google”, kemudian di susul oleh perintah yang mau kalian tanyakan maka Google Now akan mampu menjalankan perintah tersebut. Namun, pada smartphone Xiaomi sendiri ternyata salah satu fitur canggih ini “OK Google” tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar.

Jika kalian mengalami masalah tersebut dan mau mengatasi nya karena sebelum nya sudah terbiasa dengan memakai fitur satu ini atau mungkin baru mau mencoba nya, maka cara untuk mengatasi masalah pada Google Now ini sangat lah mudah, yaitu ikuti saja beberapa intruksi yang saya berikan berikut ini. Mulai sekarang jangan ambil pusing tentang masalah ini, cara mengatasi nya pun sangat lah gampang, kalian hanya perlu masuk ke menu Security – Permissions, lalu pada Permissions cari lah Google App, kemudian berilah ceklis pada pengaturan modifikasi setting tersebut.

4. Baterai Boros Ketika Menggunakan Wifi

Baterai Boros Ketika Menggunakan Wifi

Daya tahan baterai pada hp Xiaomi ini juga jauh akan lebih cepat boros ketika sedang terhubung dengan jaringan wifi, padahal sinkronisasi email nya sudah di matikan. Hal tersebut terjadi sebab sistem android Xiaomi sendiri selain melakukan sinkronisasi email, Xiaomi juga sering melakukan backup pada Mi Cloud, karena pembackupan secara otomatis ini lah yang menyebabkan baterai hp Xiaomi kita cepat habis. Agar bisa mengatasi masalah yang satu ini, anda hanya cukup melakukan sign out pada Mi Account untuk mematikan proses backup tersebut. Mi Account ini sendiri dapat kita gunakan mendownload theme yang kita ingin kan, namun kalau anda memang tidak mau menggunakan nya pun tidak lah menjadi suatu masalah yang besar atau tidak masalah sama sekali.

5. Notifikasi Bbm Tidak Muncul dan Bbm Tertutup Sendiri

Notifikasi Bbm Tidak Muncul dan Bbm Tertutup Sendiri

Seperti aplikasi perpesanan lain nya, Blackberry Messengerr atau BBM adalah aplikasi yang memberikan fasilitas berupa layanan chating yang ramah. Namun, pada aplikasi MIUI memiliki keamanan yang sangat ketat sehingga bisa menyebab kan suatu notifikasi berupa BBM yang seharus nya muncul secara real time tanpa batasan waktu malah tidak muncul, atau juga bisa menghilang. Apabila kalian mengalami masalah yang satu ini, kalian dapat mengatasi nya dengan mudah, yaitu dengan cara melakukan setting security permission pada hp Xiaomi milik kalian, kemudian nyalakan fungsi auto restart di BBM kamu. Cara ini juga dapat kamu gunakan pada semua aplikasi yang tidak berjalan dengan normal di dalam smartphone Xiaomi kamu.

6. Kontak Whatsapp Yang Tak Terlihat

Kontak Whatsapp Yang Tak Terlihat

whatsapp adalah suatu media sosial berupa aplikasi yang memungkinkan pengguna nya bisa melakukan chatting dan beberapa aktifitas sosial lain nya seperti video call, voice call, saling melihat status berbentuk video, dan lain sebagai nya. Aplikasi Whatsapp sendiri bisa kalian download melalui App Store atau juga Playstore, Kalau kalian memakai hp Xiaomi maka bisa jadi kalian akan mengalami masalah pada kontak whatsapp yang tidak kelihatan atau tidak muncul dengan sendiri nya. Jika anda mengalami masalah tersebut, tidak perlu cemas kalian dapat mengatasi nya dengan cukup mudah, yaitu dengan cara melakukan setting ulang whatsapp. Untuk tutorial nya kalian simak berikut, masuk ke dalam menu pengaturan, lalu pilih opsi pilihan menuc security, kemudian pilih permission dan cari aplikasi whatsapp, kalau sudah ketemu maka tinggal anda berikan tanda ceklis pada kotak.

7. Jaringan 4G Sering Hilang

Jaringan 4G Sering Hilang

Ada beberapa jenis hp Xiaomi yang sering mengalami kehilangan pada sinyal 4G mereka di Indonesia, yaitu seperti tipe Redmi 3 dan Redmi note 3 Pro. Hal tersebut bisa terjadi karena di sebab kan oleh terhalang nya aturan TKDN, yaitu aturan tingkat kandungan dalam negeri yang belum bisa di penuhi oleh brand asal Cina ini. Tetapi, pada tahun 2016 kemarin Xiaomi sendiri telah berhasil memenuhi aturan TKDN yang ada di Indonesia, dengan mengeluarkan tipe terbaru nya Redmi 4A mereka membuktikan nya, yang mana mereka sendiri bekerja sama dengan beberapa perusaan local asal Indonesia, seperti hal nya TSM Technologies, PT. Sat Nusapersada, dan PT. Erajay, dengan begitu vendor Xiaomi mendapatkan izin resmi untuk memasarkan produk nya di dalam Indonesia. Sedangkan untuk mengatasi sinyal 4G yang sering hilang itu sendiri, kalian harus melakukan flash ulang ROM ke dalam setelan pabrik pada smartphone yang kalian punya.

Penutup

Ok itu lah tadi beberapa masalah yang sering kali di alami oleh para pengguna Xiaomi dan berbagai cara untuk bisa mengatasi nya, dengan membaca artikel ini semoga bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut. Sekian dari saya, jangan lupa membagikan artikel ini ke dalam akun sosial media kamu, dengan cara memilih salah satu tombol opsi pilihan share di bawah ini ok.