Beberapa Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”

Beberapa Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti” – Media sosial Instagram merupakan salah satu aplikasi populer saat ini, dengan seluruh fitur serta kemudahan dalam penggunaan nya menjadikan Instagram sosial media yang sangat banyak di gandrungi oleh para pengguna smartphone android. Yang mana bisa di bilang media sosial ini sangat adiktif, sebab dapat membuat para pemakainya untuk terus memantau timeline mereka selama puluhan menit atau bahkan berjam – jam lama nya yang cuma sekedar melihat banyak bermacam foto menarik yang di bagikan oleh banyak pengguna lainnya. Tidak cukup sampai di situ, dalam penggunaan dari aplikasi ini juga bukan lagi hanya sebagai wadah berbagi moment foto berharga saja, tetapi juga telah menjadi suatu ladang bisnis yang cukup menjanjikan bagi mereka yang mau melakukan berbagai bidang bisnis melalui media sosial.

Beberapa Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”

Terkadang kita pernah merasakan kalau tak semua aplikasi yang terpasang pada HP Android kita mampu berjalan normal tanpa hambatan sedikit pun, baik itu apl yang tidak terlalu populer atau bahkan aplikasi yang sangat besar seperti Instagram, anak perusahaan Facebook ini juga dapat mengalami kendala ketika sedang asik memainkan nya. Mengingat kalau jumlah user media sosial Instagram sangat lah banyak yang tersebar di seluruh penjuru dunia, jadi sangat lah wajar bila kita kadang kala mengalami masalah dalam hal penggunaan nya. Salah satu masalah besar yang sering terjadi oleh para user termasuk juga kalian tentunya yang menurut saya pribadi masalah tersebut sangat lah menjengkelkan, yaitu adalah suka terjadi nya error dengan notif “Unfortunately, intagram Has Been Stoped” atau ” Sayangnya Intagram Sudah Berhenti”.

Baca Juga :

Ada banyak faktor yang menyebabkan error itu bisa terjadi dan faktor – faktor tersebut kadang kala tidak dapat untuk kita sadari. Penyebab muncul nya error “Sayangnya Intagram Sudah Berhenti” di antaranya yaitu seperti jumlah penggunaan RAM yang penuh yang terkadang tidak kita sadari karena banyak nya aplikasi yang memakan kinerja RAM, banyak nya aplikasi yang berjalan pada background hp yang mana hal tersebut dapat menyebabkan hp lemot, versi android telah usang tidak layak di gunakan lagi untuk mengoptimalisasi kan kinerja dari apl saat ini, menumpuknya banyak jumlah file sampah tanpa kita perhatikan dan bersihkan secara rutin menggunakan apl bawaan ataupun download sejenis CleanUp, dan masih banyak lagi.

Beberapa Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”

Jika kalian mengalami masalah ini tidak usah kawatir lagi, sebab untuk bisa mengatasi apl IG yang force close tersebut, kalian bisa membaca dan terapkan beberapa tips jitu dari saya yang sudah terangkum di bawah ini.

1. Membersihkan Data Instagram

Salah satu penyebab yang membuat sebuah aplikasi besar seperti Instagram bisa tiba – tiba saja berhenti, yaitu di karenakan oleh data yang ia tampung sudah sangat besar. Jika kamu memilih cara pembersihan data ini, maka semua data pada apl IG seperti data history, login, dan lain – lain akan hilang tersapu bersih layaknya aplikasi baru terpasang.

Membersihkan Data Instagram

Berikut di bawah ini langkah – langkah bagaimana cara membersihkan data di Instagram :

  1. Masuk ke dalam menu Settings pada smartphone.
  2. Pilih opsi Pengaturan Apps.
  3. Cari dan buka aplikasi Instagram.
  4. Kemudian tekan tombol Clear Data.
  5. Lalu biasa nya akan muncul sebuah pop up yang menyatakan bahwa kita telah yakin ingin melakukan penghapusan data atau tidak. Kalau pop up tersebut muncul, tekan saja pilihan OK atau YES.

Setelah melakukan semua langkah di atas, maka apl IG anda akan kembali layak nya seperti baru terpasang, silahkan lakukan login kembali untuk dapat masuk ke dalam akun anda.

2. Menghapus Cache

Pada dasarnya memang penggunaan ruang dari aplikasi Instagram sendiri sudah cukup lah besar, jadi bila di tambah juga sama berbagai file cache dan sampah, maka secara tidak langsung akan dapat membuat proses berjalan nya aplikasi Instagram terhambat atau terganggu, dan bisa mengakibatkan apl tersebut berhenti secara paksa dengan sendirinya akibat ruang memori ponsel yang tidak mampu lagi untuk menopang kinerja aplikasi yang berjalan. Oleh sebab itu lah penting untuk kalian melakukan pembersihan secara berakla pada recent app dan juga cache. Untuk bisa menghapus file cache anda dapat memakai jenis aplikasi pembersih sampah seperti CleanMaster, CCleaner, dan lain sebagainya, atau bisa juga dengan cara manual melalui menu setting.

Menghapus Cache

Berikut di bawah ini langkah – langkah bagaimana cara membersihkan file sampah Cache di Instagram :

  1. Masuk ke dalam menu Settings pada smartphone.
  2. Pilih opsi Pengaturan Apps.
  3. Cari dan buka aplikasi Instagram.
  4. Kemudian tekan tombol Hapus Cache.
  5. Lalu biasa nya akan muncul sebuah pop up yang menyatakan bahwa kita telah yakin ingin melakukan penghapusan file cache atau tidak. Kalau pop up tersebut muncul, tekan saja pilihan OK atau YES.

3. Lakukan Update

Faktor terbesar yang sering kita sepelekan adalah tidak memperhatikan update pada suatu aplikasi, yang mana hal tersebut bisa mengakibatkan bug tetap terbuka sehingga bisa membuat suatu apl berhenti seperti yang terjadi pada Instagram kamu. Masalah bug selalu dapat di selesaikan dengan cara kita harus rajin melakukan update terhadap aplikasi yang bersangkutan, akan tetapi sayangnya tidak semua orang sempat melakukan update tersebut, maka dari itu lah anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Pembaharuan itu sendiri memang lah menjadi hal yang kurang mengenakan bagi kita yang memakai kuota pada jaringan internet, akan tetapi di lain sisi hal tersebut juga bermanfaat untuk menambahkan dan memperbaiki suatu sistem aplikasi itu sendiri, seperti memperbaiki bug, penambahan fitur, dan masih banyak lagi.

Lakukan Update

Cara Manual melakukan update pada Play Store :

  1. Buka Google Play Store.
  2. Cari dan temukan aplikasi Instagram.
  3. Dan pilih opsi Update.
  4. Setelah melakukab update silahkan buka lagi apl IG anda dan rasakan perbedaan nya.

4. Restart Smartphone

Restart Smartphone

Solusi keempat yang patut kalian coba jika belum berhasil dengan menggunakan ketiga cara di atas adalah dengan merestart hp anda untuk berhenti beroperasi sementara. Seperti yang kita ketahui sebagai mesin hp juga memerlukan waktu untuk beristirahat dengan cara menonaktifkannya sementara. Cara nya cukup simple, tidak perlu setiap saat kita mematikan nya, matikan saja hp ketika anda sedang tidak menggunakan nya, seperti ketika anda sedang tidur, beristirahat, sedang tidak memerlukan hp, dan lain – lain. Hp android yang jarang di nonaktifkan sering mengalami penumpukkan berbagai file sampah, dan juga bisa menyebabkan turun nya performa secara lebih cepat.

5. Uninstall Instagram

Cara terakhir yang dapat kamu perbuat yaitu menginstall ulang aplikasi Instagram, karena ada kemungkinan jika terdapat kerusakan sistem yang mungkin tidak kamu sadari sebelum nya di sebabkan oleh pada sehingga tidak bisa untuk di bukak. Oleh karena itu coba lah untuk mencoba install ulang melalui Play Store.

Uninstall Instagram

Berikut di bawah ini langkah – langkah bagaimana cara menginstall ulang aplikasi Instagram :

  1. Langkah pertama menghapus IG dengan cara masuk ke dalam menu Pengaturan.
  2. Kemudian klik menu Setelan Tambahan.
  3. Buka opsi Pengaturan Aplikasi, dan cari aplikasi Instagram.
  4. Segera hapus dengan menekan tombol Hapus Instalasi.
  5. Jika sudah selesai melakukan penghapusan, lanjut dengan mendowload ulang aplikasi Instagram melalui Google Play Store.

Penutup

Terimakasih berkunjung di blog kami, semoga beberapa tips & trick di atas tadi bisa membantu dalam hal menyelesaikan masalah anda. Seperti biasa jangan lupa share artikel ini, agar banyak orang yang juga bisa terbantu.