Cara Install Google Playstore di HP Xiaomi Untuk ROM China

Cara Install Google Playstore di HP Xiaomi Untuk ROM China – Halo kita berjumpa lagi di blog bukandroid yang sederhana ini, untuk kali ini saya akan share cara install Aplikasi Google Playstore di HP Xiaomi. Pasti kamu bertanya-tanya, bukanya semua ponsel android versi terbaru sudah terinstall Google Playstore? Jawabanya gak semua ponsel android keluaran terbaru sudah terinstall google playstore, contohnya saja ponsel pintar xiaomi redmi versi rom china official.

Cara Install Google Playstore di HP Xiaomi Untuk ROM China

Cara Install Google Playstore di HP Xiaomi Untuk ROM China

Ponsel xiaomi rom china ini belum terinstall aplikasi google playstore. jangankan aplikasi, wong bahasa yang digunakan hanya tersedia dalam bahasa inggris dan china saja. Karena sebenarnya hp xiaomi versi rom official ini hanya diperuntukan untuk masyarakat lokal china saja. Oleh karena itu jika kamu memiliki ponsel xiaomi dengan rom asli china maka jangan heran jika ponsel yang kamu gunakan tidak ada aplikasi google playstore, aplikasi pendukung lainnya dan untuk bahasa Indonesia pastinya tidak tersedia.

Jika kamu sudah terlanjur memiliki smartphone xiaomi redmi dengan rom china, maka tidak perlu cemas. Karena rom china official masih bisa di gunakan untuk menginstall aplikasi google playstore, google device, dan lain sebagainya dengan catatan kamu harus install secara manual.

Install Google Play Secara Manual? Apakah Bisa?

Mungkin sedikit aneh jika harus menginstall aplikasi google play secara manual, karena biasanya smartphone android sudah memiliki aplikasi Google play secara paten. Masih sangat sedikit orang yang mengetahui cara install aplikasi google play secara manual sehingga tak jarang orang bertanya-tanya apakah bisa install aplikasi google play store secara manual? Jawabannya jelas sangat bisa sekali.

Lalu Bagaimana Cara Mneginstall Aplikasi Google Play Secara Manual?

Caranya sangat mudah, jika kamu tidak tau caranya biar saya pandu hingga selesai. Cara yang saya tuliskan ini sangat simple dan mudah dipahami, saya yakin pemula pun dapat melakukan tutorial yang saya tuliskan pada artikel ini. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

Cara Install Aplikasi Google Play di Ponsel Xiaomi ROM China

Panduan install google playstore ini saya tuliskan sejelas mungkin sehingga mudah untuk dipahami. Cara yang akan saya share ini menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga, namun tenang saja karena saya jamin akan work 100% jika kamu mengikuti langkah-langkah yang saya berikan dengan benar. Sudah gak sabar ingin mencoba? Silahkan praktekan step by step dan jangan sampai ada cara yang terlewat karena bisa saja gagal dalam menginstall aplikasi google play.

1. Install Google Playstore dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ke-3

Untuk menginstall aplikasi google play store pada perangkat smartphone android xiaomi ini sangat cocok jika hp kamu belum terinstall MI Store.

  1. Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Google Installer Apk.
  2. Jika sudah, kemudian copy dan simpan file yang tadi di download kedalam memory internal pada ponsel xiaomi yang kamu gunakan.
  3. Kemudian nonaktifkan pilihan “Unknown Resource” pada hp xiaomi yang kamu gunakan supaya instalasi file apk yang bukan dari google playstore dapat diinstall.
  4. Selanjutnya masuk ke halaman “Setelan (Setting) > Pilih Menu Scurity > Lalu aktifkan pilihan Unknown Resource (sumber tidak dikenal)”. Nah untuk beberapa versi xiaomi bisa kamu aktifkan melalui “Menu Setting > Additional Setting > kemudian aktifkan Unknown Resource”. jika masih bingung, kamu bisa lihat gambar dibawah ini:

    Cara Install Google Playstore HP Xiaomi Untuk ROM China

    Cara Install Google Playstore HP Xiaomi Untuk ROM China

  5. Kemudian ketuk “File Google_instaler Apk” yang tadi kamu download dan disimpan pada memory internal. Jika sudah diklik, maka aplikasi akan terinstall, cukup ikuti tahap instalasi file google_instaler apk hingga selesai. Kurang lebihnya terlihat seperti gambar berikut ini:

    Cara Install Google Playstore HP Xiaomi Untuk ROM China

    Cara Install Google Playstore HP Xiaomi Untuk ROM China

  6. Nah setelah google installer sudah berhasil terinstall di ponsel xiaomi kamu, selanjut buka instalasi google play dan kemudian kamu aka diminta untuk menginstall google play service.

    Cara Install Google Playstore di HP Xiaomi Untuk ROM China

    Cara Install Google Playstore di HP Xiaomi Untuk ROM China

  7. Setelah instalasi selesai, kemudian restart ponsel xiaomi dan kemudian nyalakan lagi.
  8. Selanjutnya buka aplikasi google playstore yang tadi kamu install. Biasanya akan disuruh untuk memasukan data login, kamu bisa menggunakan akun Gmail yang sudah kamu miliki untuk login ke google playstore.

Catatan: Jika kamu belum memiliki akun gmail, silahkan buat akun gmail terlebih dulu.

Nah bagaimana? Mudahkan? Tentu saja cara yang pertama ini sedikit rumit dan mudah untuk dilakukan. Mungkin cara ini tidak selalu work, biasanya meskipun google playstore sudah terinstall dengan benar, masih saja mengalami error. Contohnya tidak bisa install aplikasi yang didownload dari google play dengan muncul notif “Sedang Menunggu Download” atau pesan error lainnya. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, kamu baca saja artikel dibawah ini:

Cara Mengatasi Ponsel Xiaomi Error Saat Install Aplikasi dari Google Playstore

Artikel menegani google playstore yang tidak bisa install aplikasi belum saya tulis, jadi kamu tunggu ya artikel selanjutnya untuk membahas lebih dalam mengenai masalah Google Play ini.

2. Install Google Playstore Lewat MiStore

Jika hp xiaomi android kamu sudah terinstall MIstore, maka saya sarankan untuk mengikuti cara kedua ini. Cara ini sangat mudah dan saya bisa dijamin work untuk menginstall google play di rom official china.

Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama-tama buka aplikasi Mi Store pada smartphone xiaomi kamu. nah jika untuk pertama kalinya, biasanya diminta untuk login.
  2. Jika kamu belum memiliki account mi store, sebaiknya buat terlebih dahulu melalui aplikasi mistore yang kamu gunakan.
  3. Setelah login, kemudian ketikan google installer pada kolom pencarian pada mi store. Tidak lama setelah mengetikan kata, akan muncul icon google berwarna merah dengan bahasa china. Gambarnya kira-kira seperti ini:

    Cara Install Google Playstore HP Xiaomi Untuk ROM China

    Cara Install Google Playstore HP Xiaomi Untuk ROM China

  4. Selanjutkan install dan tunggu hingga selesai. Setelah selesai kemudian buka aplikasi mistore (iconya sangat mirip dengan icon google playservice), kemudian kamu akan diminta untuk menginstall aplikasi google playstore dan google playservice. Ikuti saja seperti kamu menginstall aplikasi seperti biasanya.
  5. Jika sudah selesai, google playstore akan terinstall pada ponsel xiaomi kamu. Sekarang buka aplikasi google play dan masuk, jangan lupa untuk mengisikan data login dengan email kamu.
  6. Selamat, sekarang xiaomi android kamu sudah terinstall aplikasi google playstore dan siap untuk digunakan.

Cara yang kedua ini memang lebih praktis ketimbang cara yang pertama, bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah sama dengan saya?

Kesimpulan Akhir

Cara yang saya tuliskan diatas, besar kemungkinan berhasil jika kamu melakukan langkah-langkah seperti yang sudah saya tuliskan. Saat mempraktekan tutorial diatas jangan terburu-buru, sebab jika ada satu cara yang terlewat saja maka cara yang kalian praktekan akan gagal total.

Demikian artikel mengenai cara install google playstore pada xiaomi android, semoga membantu kalian yang sedang mencari solusi untuk mengatasi google playstore yang tidak ada pada xiaomi rom china. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak artikel selanjutnya dari blog bukandroid.com. sekian dan terimakasih, salam.