Cara Install Google Play Store yang Terhapus

Cara Install Google Play Store – Bagi kalian pengguna smartphone android pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Google Play Store merupakan layanan gratis dari Google yang dikhususkan untuk pengguna android. Google Play Store ini sendiri merupakan gudangnya aplikasi dan game android. Layaknya App Store di iOS, di Google Play Store kamu bisa menemukan aplikasi dan game apa pun di dalamnya. Hampir semua aplikasi dan game bisa kamu install secara gratis. Namun, ada beberapa juga yang bersifat premium alias berbayar.

Cara Install Google Play Store
Cara Install Google Play Store

Aplikasi Google Play Store sendiri termasuk aplikasi bloatware, artinya aplikasi ini sudah tersedia secara default di perangkat android. Kamu tidak perlu menginstall secara manual untuk bisa mengakses aplikasi tersebut. Dan yang perlu kamu tahu juga, aplikasi bloatware umumnya tidak bisa dihapus atau diuninstall, termasuk Google Play Store. Bisa dihapus, namun kamu perlu memiliki akses penuh pada sistem smartphone android. Salah satunya dengan melakukan root pada HP android, maka kamu bisa melakukan oprek sistem sesuka hati.

Baca Juga:

Terkadang baik disengaja atau tidak kamu melakukan penghapusan pada Google Play Store. Dan di lain waktu kamu ingin memasangnya kembali di HP androidmu. Sayangnya, mungkin kamu belum tahu cara untuk menginstall ulang Google Play Store tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini saya akan membahas secara tuntas cara install Google Play Store yang sudah dihapus tersebut. Berikut ini informasi selengkapnya bisa kamu simak!

Cara Install Google Play Store yang Terhapus

Cara Download Google Play Store
Cara Download Google Play Store

Sangat mudah sebenarnya untuk menginstall ulang Google Play Store yang terhapus. Bahkan kamu yang masih pemula pun bisa dengan mudah untuk melakukannya. Adapun cara install Google Play Store yang sudah terhapus selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu download aplikasi Google Play Store terlebih dahulu. Untuk mendownloadnya bisa melalui LINK INI. Kamu juga bisa mendownloadnya dari situs penyedia aplikasi lain jika ingin mendownload versi yang lebih baru.
  • Sebelum menginstall, perlu kamu aktifkan dulu izin install aplikasi yang tidak dikenal. Caranya masuk ke menu Pengaturan >> Biometrik dan Keamanan >> Install Aplikasi yang Tidak Dikenal >> pilih browser yang digunakan download APK >> Centang pada opsi Izinkan dari Sumber Ini.
  • Setelah izin akses install sudah diaktifkan, sekarang kamu cari file APK Google Play Store yang didownload tadi. Klik pada file APK tersebut untuk mulai menginstallnya.
  • Tunggu beberapa saat, nanti akan tampil notifikasi pop up di layar. Lanjutkan proses instalasi dengan klik tombol Install.
  • Maka proses instalasi Google Play Store akan dimulai dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Sekarang kamu sudah berhasil menginstall Google Play Store di HP androidmu.

Catatan: Cara di atas saya terapkan di HP Samsung Seri M11. Untuk seri lain atau HP merek lain kurang lebih sama tata cara penginstalannya.

Cara Update Google Play Store ke Versi Terbaru

Cara Update Google Play Store
Cara Update Google Play Store

Aplikasi Google Play Store yang diinstall di atas mungkin merupakan versi lawas, pasalnya Google memang rutin melakukan update untuk berbagai layanannya. Update rutin juga Google berikan pada layanan Google Play Store ini.

Khusus untuk kamu yang ingin menikmati layanan Google Play Store versi terbaru, maka bisa melakukan update atau pembaruan. Secara default Google Play Store akan melakukan pembaruan secara otomatis sesuai pengaturan setiap pengguna. Namun, terkadang juga pengguna mematikan sistem update otomatis tersebut sehingga harus melakukan update secara manual. 

Tidak sulit kok untuk melakukan update Google Play Store, bisa menggunakan file APK dan tanpa file APK. Dibawah ini saya berikan contoh cara update Google Play Store tanpa menggunakan file APK tambahan. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka Google Play Store seperti biasa di HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu klik pada opsi Settings atau Pengaturan.
  • Pada halaman Settings, selanjutnya kamu pilih opsi Play Store Version.
  • Jika memang ada versi terbaru untuk Google Play Store, maka di layar akan muncul notifikasi pop up yang menyarankan kamu untuk menginstall versi terbaru. Klik saja tombol Install yang tersedia di halaman notifikasi tersebut.
  • Namun, jika Google Play Store di HP androidmu sudah merupakan versi paling baru, maka pada notifikasi pop up terdapat tulisan “Google Play Store is up to date”.
  • Selesai.

Mudah bukan cara install Google Play Store dan cara updatenya ke versi terbaru di atas? Sekarang kamu tidak perlu khawatir dan bingung lagi jika Google Play Store di HP androidmu terhapus, baik disengaja atau tidak disengaja.

Penutup

Itulah tadi cara mudah untuk menginstall Google Play Store yang sudah dihapus bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini