Cara Install Google Camera di Xiaomi Semua Tipe

Cara Install Google Camera di Xiaomi Semua Tipe – Bagi para pecinta fotografi, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Google Camera yang yang lebih dikenal dengan nama GCam. Google Camera ini sendiri merupakan aplikasi android yang dibuat khusus untuk kegiatan fotografi. Dengan penggunaan aplikasi GCam diklaim bakal menghasilkan foto yang lebih bagus dan berkualitas dibandingkan hasil jepretan dari kamera bawaan HP itu sendiri.

Cara Install Google Camera di Xiaomi Semua Tipe

Aplikasi Google Camera juga dibekali dengan berbagai fitur canggih untuk mendukung kegiatan fotografi. Selain berfitur lengkap, aplikasi Google Camera ini juga memiliki ukuran yang ringan. Dengan begitu, aplikasi tersebut bisa berjalan meskipun pada HP android mid-end hingga low-end sekalipun.

Baca Juga:

Aplikasi Google Camera ini sendiri support untuk semua jenis HP android, termasuk juga HP dari Xiaomi. Meski begitu, tidak jarang pengguna baru yang masih bingung bagaimana cara install Google Camera di Xiaomi semua tipe. Agar tidak bingung lagi, di bawah ini sudah saya rangkumkan cara menginstall aplikasi GCam di HP Xiaomi bisa kamu terapkan.

Cara Install Google Camera di Xiaomi Semua Tipe

Cara Install Google Camera di HP Xiaomi Semua Tipe

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Google Camera atau GCam diciptakan khusus untuk menunjang kegiatan fotografi menggunakan HP android. Menggunakan aplikasi GCam dalam membidik objek, maka akan mampu menghasilkan jepretan yang luar biasa. Efek bokeh yang dihasilkan sangat bagus, bahkan diklaim lebih bagus dibandingkan HP triple camera.

Di dalam aplikasi Google Camera juga disediakan berbagai fitur menarik, mulai dari fitur kekaburan lensa, panorama, hingga foto sphere. Meskipun bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi, tapi ternyata tidak mudah menerapkan aplikasi di semua jenis HP termasuk HP Xiaomi. Aplikasi Google Camera ini sendiri tidak bisa kita temukan di Google Play Store.

Alasan aplikasi Google Camera tidak tersedia di Play Store adalah karena aplikasi tersebut hanya diperuntukkan untuk smartphone khusus Google yakni Nexus dan Google Pixel. Tapi tenang saja, kamu masih bisa kok menggunakan aplikasi GCam di HP Xiaomi. Berikut ini cara install Google Camera di Xiaomi semua tipe yang bisa coba kamu terapkan.

1. Syarat untuk install aplikasi Google Camera di Xiaomi

Sebelum lanjut ke cara install Google Camera di Xiaomi semua tipe, perlu kamu tahu dulu apa saja syarat yang harus dipenuhi. Jika tidak, maka proses install aplikasi Google Camera tidak akan berjalan alias tidak bisa. Adapun syarat-syarat tersebut, diantaranya:

  • HP Xiaomi minimal sudah mengadopsi Sistem Operasi Android Marshmallow ke atas.
  • Di dalamnya sudah tersemat prosesor Snapdragon atau Exynos.
  • HP Xiaomi sudah dipasang TWRP. Baca di sini.
  • HP Xiaomi sudah diroot terlebih dahulu. Baca di sini.
  • Kamu perlu mengaktifkan Camera2API di HP Xiaomi.

Untuk syarat yang terakhir ini mungkin juga tidak banyak pengguna yang tahu caranya. Untuk mengaktifkan Camera2API sendiri bisa dilakukan dengan 3 cara, yakni melalui TWRP, Magisk, dan juga BuildProp. Namun, dari ketiga cara tersebut menggunakan TWRP bisa dibilang paling mudah. Berikut langkah-langkah mengaktifkan Camera2API melalui TWRP, yakni:

  1. Pertama kamu harus sudah memasang atau menginstall TWRP di HP Xiaomi.
  2. Jika sudah, kamu unduh file pengaktifan Camera2API di sini. Kamu bisa menaruh file tersebut di memori internal dan tanpa diekstrak. (taruh di lokasi yang mudah ditemukan)
  3. Selanjutnya masuk ke TWRP. Dari sini kamu tinggal pilih menu Install.
  4. Pada list file yang muncul, kamu pilih file yang diunduh tadi.
  5. Untuk melanjutkan kamu tinggal swipe atau geser ke kanan pada tombol Swipe to confirm Flash.
  6. Tunggu proses pengaktifan selesai. Jika sudah, klik tombol Reboot System.

2. Langkah-langkah install Google Camera di Xiaomi

Setelah kamu memenuhi beberapa syarat di atas, selanjutnya adalah ke cara install Google Camera di Xiaomi semua tipe. Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama kamu perlu mengunduh file APK dari Google Camera. Karena aplikasi tersebut sudah tidak tersedia di Google Play Store, maka kamu perlu mengunduhnya di tempat lain. Klik di sini untuk mengunduh Google Camera Apk. Atau juga aplikasi GCam versi mod dari Arnova di sini.
  2. Setelah berhasil diunduh, kamu tinggal menginstall seperti aplikasi pada umumnya. Aktifkan terlebih dahulu sumber yang tidak dikenal atau Unknown Source agar instalasi dapat dilanjutkan.
  3. Jika sudah, nanti akan muncul notifikasi. Kamu tinggal pilih tombol hijau atau yang bertuliskan Agree and Continue. Proses pemasangan aplikasi sedang berjalan dan tunggu sampai selesai.
  4. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan aplikasi Google Camera di HP Xiaomi.

Meskipun terlihat mudah, tapi terkadang beberapa pengguna mengalami kendala saat menginstall aplikasi GCam ini. Salah satunya adalah muncul notifikasi “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti” saat mencoba menjalankan aplikasi GCam yang sudah terinstall. Jika masalah ini terjadi, kemungkinan penyebabnya adalah karena aplikasi GCam tidak compatible dengan tipe Xiaomi atau ROM yang digunakan. Solusinya kamu bisa memilih aplikasi Google Camera versi lainnya.

Penutup

Itulah tadi cara install Google Camera di Xiaomi semua tipe yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Caranya sangat mudah, sehingga bagi kamu yang masih pemula sekalipun bisa dengan mudah melakukannya. Aplikasi Google Camera ini sendiri cukup populer digunakan berkat kemampuannya dalam menunjang aktivitas fotografi. Meskipun hanya dikhususkan untuk smartphone tipe Nexus dan Google Pixel, tapi ternyata ada aplikasi versi MOD yang bisa kamu gunakan untuk HP tipe atau merek lainnya.