Cara Install GCAM 7 Pixel 4 di HP Android Semua Tipe

Cara Install GCAM 7 Pixel 4 di HP Android – Aktivitas fotografi sudah menjadi salah satu yang paling diminati sekarang ini. Kalu dulu mungkin kita membutuhkan kamera DSLR agar bisa menghasilkan foto yang sempurna. Tetapi tidak untuk sekarang ini, dengan smartphone android memungkinkan kita menghasilkan foto kece layaknya jepretan dari kamera DSLR. Apalagi sudah banyak smartphone yang dibekali dengan kamera beresolusi tinggi serta dilengkapi banyak fitur canggih di dalamnya. Hal ini lebih mempermudah pengguna untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna.

https://play.google.com/store/apps/details?id=pl.vipek.camera2_compatibility_test

Selain itu, untuk memaksimalkan hasil foto kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi kamera. Aplikasi kamera biasanya dibekali dengan fitur-fitur keren sehingga membuat hasil foto lebih menarik dan sempurna pastinya. Aplikasi semacam ini bisa kamu temukan dan install secara gratis melalui Google Play Store. Meski gratis, biasanya developer menyediakan fitur khusus yang hanya diperuntukkan bagi pengguna yang membayar.

Baca Juga:

Dari sekian banyaknya aplikasi kamera di android, salah satu yang paling banyak diminati adalah Google Camera atau yang sering dikenal dengan nama Gcam. Aplikasi kamera satu ini merupakan produk resmi dari Google dan disediakan secara khusus untuk ponsel Google Pixel Series. Tetapi menariknya, sekarang kita bisa menginstall aplikasi kamera canggih ini di semua HP android. Lantas, bagaimana cara install Gcam 7 Pixel 4 di HP android? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Install GCAM 7 Pixel 4 di HP Android Semua Tipe

Cara Install GCAM 7
Cara Install GCAM 7

Seperti yang kita tahu, aplikasi Gcam atau Google Camera awalnya hanya bisa digunakan di ponsel Google Pixel series saja. Baik itu Google Pixel 1 hingga ponsel Google Pixel 4 yang terbaru sekarang ini. Namun, berkat kerja keras dari tim developer akhirnya aplikasi Gcam sudah bisa dijalankan di HP android lain selain Google Pixel Series.

Aplikasi Gcam ini sendiri dibekali dengan banyak sekali fitur keren, sehingga tidak heran banyak pengguna android yang mendambakannya. Terutama untuk aplikasi versi terbaru yakni Google Pixel 7.0, fitur-fitur canggih baru sudah disematkan di dalamnya. Dengan begitu, hasil jepretannya pasti akan jauh lebih sempurna dan menarik.

Salah satu fitur yang cukup menarik di aplikasi Gcam 7 Pixel 4 adalah fitur Astrophotography mode. Fitur satu ini memungkinkan kita mengabadikan objek di luar angkasa dengan jelas dan detail, seperti bulan, bintang, dan benda-benda lainnya. Selain itu, masih ada banyak lagi fitur menarik di dalamnya, seperti HDR+, UI transparan, Motion blur, Audio Zoom, pembaruan Night Sight dan juga AR Photobooth.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menginstall GCAM 7

Sebelum lanjut ke cara install GCAM 7 Pixel 4 di HP android-mu, sebaiknya kamu ketahui beberapa hal pentingnya. Gcam 7 atau Google Camera 7.0 merupakan aplikasi versi terbaru yang khusus dihadirkan di Pixel 4. Karenanya, butuh spesifikasi ponsel yang sepadan agar aplikasi Gcam 7 bisa kompatibel dengannya.

Pastikan HP android milikmu sudah memenuhi persyaratan untuk memasang aplikasi Gcam 7 ini. Salah satu syarat terpenting adalah HP android harus sudah mendukung Camera2 api. Fitur ini berfungsi agar developer bisa mendapatkan hak akses penuh terhadap fitur-fitur kamera ponsel. Cara untuk mengetahui HP androidmu sudah mendukung Camera2 api atau belum, cek menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibility. Jika saat ditest ternyata muncul tanda ceklis semuanya, berarti HP androidmu sudah mendukung Camera2 api.

Selain itu, syarat penting lainnya yakni HP androidmu sudah mendukung prosesor Qualcomm Snapdragon. Aplikasi GCAM 7 diklaim mampu berjalan dengan lancar di HP dengan prosesor Qualcomm Snapdragon tersebut. Meski begitu, bukan berarti HP dengan prosesor selain Qualcomm Snapdragon tidak bisa menjalankan GCAM 7. Pasalnya, beberapa developer sudah membuat aplikasi GCAM yang dikhususkan untuk prosesor selain Snadragon.

Langkah-langkah Menginstall Aplikasi GCAM 7 di Semua Tipe Android

Jika memang smarphone androidmu dipastikan sudah support dengan GCAM 7, sekarang lanjut ke cara menginstallnya. Berikut cara install GCAM 7 Pixel 4 di HP android semua tipe selengkapnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu perlu mengunduh aplikasi GCAM 7 yang kamu inginkan. Kamu bisa mengunduhnya melalui LINK INI.
  2. Setelah diunduh, selanjutnya install aplikasi GCAM 7 tersebut seperti biasa layaknya menginstall aplikasi lainnya.
  3. Jika sudah berhasil diinstall, selanjutnya aktifkan fitur Astrophotography Mode yang tersedia khusus untuk GCAM 7.0. Caranya dengan masuk ke menu Setting Gcam, lalu pilih opsi About modification. Setelah itu, masuk ke menu Developer Settings, kemudian aktifkan opsi camera.cuttle.darken, camera.cuttle.extended, camera.cuttle.extended_iterable_burst.
  4. Dan terakhir lakukan Restart smartphone agar fitur tersebut bisa mulai digunakan.

Penutup

Itulah tadi cara install GCAM 7 Pixel 4 di HP android semua tipe yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?