Cara Instal Custom ROM MultiROM di Semua Xiaomi

Cara Instal Custom ROM MultiROM di Semua XiaomiΒ –Β Kali ini mimin akan membagikan Tutorial Flash MultiROM di Semua Xiaomi, yang merupakan salah satu Custom ROM MOD MIUI yang cukup terkenal. Memiliki daya tahan baterai dan performa yang cukup baik. Tidak hanya MultiROM, custom ROM MIUI lainnya yang cukup menarik adalah Xiaomi EU.

Carainstal MultiROM di Semua Xiaomi

Cara Flash MultiROM di Semua Xiaomi

Baca Juga :

MultiROM

Jika kamu belum tau apa itu MultiROM, kelebihan MultiROM, kelemahan MultiROm, silahkan simak sedikit penjelasannya dibawah ya πŸ™‚

Apa itu MultiROM

MultiROM adalah sebuah custom ROM hasil modifikasi dari ROM MIUI China Official. Cusrom ini dikembangkan oleh komunitas MiFans di Rusia dan diklaim memiliki performa dan daya tahan baterai yang cukup baik.

Kelebihan MultiROM

Kelebihan

Kelebihan

Seperti yang sudah mimin singgung diatas, MultiROM mengedepankan performa yang lebih baik dan lebih hemat baterai dari pada ROM Official, serta di Custom ROM MultiROM sudah tersedia Bahasa Indonesia. Berbeda dengan Xiaomi EU yang saat ini belum support Bahasa Indonesia.

Dikarenakan MultiROM berbasis ROM China Official yang di modifikasi, berarti kita dibebaskan untuk mengimport Theme, font dan file MTZ lainnya tanpa perlu ribet daftar MIUI Theme Designer.

Kekurangan MultiROM

Kekurangan

Kekurangan

Kekurangan MultiROm adalah pada Bahasa Indonesia nya yang masih belum sempurna atau belum fix 100% ,tetapi masih bisa ditoleransi kok.

Cara Flash MultiROM di Xiaomi

Jika kamu tertarik untuk mencoba Custom ROM MultiROM ini, silahkan simak tutorialnya dibawah ya πŸ™‚ . Caranya sangat sederhana, hanya saja kamu harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Persyaratan

Kamu harus memenuhi persyaratan dibawah ini terlebih dahulu. Jika tidak, maka kamu tidak akan bisa menginstal MultiROM pada Xiaomi mu.

  1. Resiko ditanggung sendiri.
  2. Unlock Bootloader.
    Tentu saja kamu harus sudah Unlock Bootloader. Jika tidak, maka kamu tidak akan bisa menginstal MultiROm ini melalui Custom recovery nantinya. Berikut Cara Gampang Unlock Bootloader Xiaomi .
  3. Terinstal TWRP.
    Kita akan menginstal ROM MultiROM ini di TWRP, jadi pastikan Xiaomi kamu sudah terinstal TWRP. Berikut Cara Instal TWRP Xiaomi.
  4. Backup Data penting.
    Silahkan cadangkan data penting untuk berjaga-jaga, seperti foto, lagu, music, video dll.

Bahan-Bahan

Silahkan siapkan bahan-bahan dibawah ini terlebih dulu,kemudian baru lanjutkan ke bagian Tutorial Instalasi.

  1. ROM Recovery MultiROM
    Download ROM Recovery MultiROM. Kemudian pilih type HP Xiaomi yang kamu gunakan ,lalu tekan tombol yang berwarna biru.

Langkah-Langkah Flash MultiROM

Setelah kamu memenuhi persyaratan dan menyiapkan bahan-bahan diatas, sekarang kamu bisa melakukan proses instalasi MultiROM. Semoga berhasil πŸ™‚ .

  1. Setelah kamu selesai mengunduh file ROM MultiROM, silahkan pindahkan ke Internal Storage HP Xiaomi. Kamu juga bisa menggunakan memory External atau USB OTG .
  2. Matikan HP xiaomi kamu dan kemudian masuklah ke TWRP dengan cara Tahan Volume UP + Power , kemudian pilih recovery. Jika muncul tombol biru dan hijau, silahkan tekan yang disebelah kiri.
  3. Pada TWRP, silahkan tekan Wipe > Advance Wipe > dan kemudian ceklis System, data , cache, dalvik, lalu swipe kekanan untuk melakukan proses Wipe.
  4. Jika proses Wipe sudah selesai, sekarang adalah proses instalasi. Kembali ke menu awal TWRP dan kemudian tekan Instal, lalu cari File ROM MultiROM yang sudah kamu pindahkan ke HP xiaomi , terakhir swipe kekanan pada Swipe to confirm Flash. Jika kamu menggunakan memory external atau USB OTG, silahkan tekan Instal > select storage dan kemudian cari file custom ROM Multirom.
  5. Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan Reboot. Tetapi, jika biasanya Xiaomi kamu menggunakan Jamu seperti Lazy-flasher atau Boot patcher, silahkan di instal terlebih dahulu sebelum di reboot.
  6. Selesai πŸ™‚

Itulah tadi Cara Instal Custom ROM MultiROM di semua HP Xiaomi kesayangan kamu. Caranya sangat sederhana bukan ? πŸ™‚ . Jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar dibawah.

Kesimpulan

Seperti kata mastah-mastah di Group Xiaomi, Beda User Beda Rasa . Jadi silahkan rasakan sendiri performa dan daya tahan baterai MultiROM ini, tetapi jangan langsung menganggap Custom ROM itu jelek jika kamu hanya menggunakannya dalam beberapa menit saja karena butuh waktu untuk mengumpulkan cache.