Cara Hubungkan Kamera HP ke Laptop yang Mudah

Cara Hubungkan Kamera HP ke Laptop – HP android bukan hanya sekedar alat komunikasi saja, melainkan lebih dari itu. Ya, dewasa ini HP android sudah dibekali dengan beragam fitur keren yang semakin menarik minat para pengguna. Fitur-fitur yang disematkan di dalamnya tersebut memang tujuannya untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Karena itulah, tidak heran hampir semua aktivitas harian bisa dibantu dengan oleh kehadiran HP android tersebut.

Cara Hubungkan Kamera HP ke Laptop

Tidak seperti HP jadul, HP android sudah dibekali yang namanya kamera. Di mana melalui kamera tersebut kita bisa melakukan video call atau panggilan video. Jadi, yang kita tidak hanya bisa mendengar suara si lawan bicara saja, tetapi layaknya berhadapan secara langsung. Kita bisa melihat wajah dari lawan bicara melalui layar HP android. Selain itu, kamera HP juga memungkinkan untuk dijadikan alat mengambil foto atau video. Hasilnya pun sangat memuaskan, hampir setara dengan kamera DSLR yang lagi tren digunakan.

Baca Juga:

Untuk urusan video call, sebenarnya tidak hanya bisa kita lakukan melalui HP android saja. Melalui perangkat laptop kita juga memungkinkan untuk melakukan video call dengan kualitas video yang sangat jernih dan jelas. Ini karena hampir semua jenis laptop sudah dibekali dengan kamera terbaik. Namun, terkadang kamera dari laptop mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan. Tenang saja, di sini kamu masih tetap bisa video call dengan memanfaatkan kamera HP. Jadi, kamu akan menghubungkan kedua perangkat tersebut dan kamera HP dimanfaatkan untuk video call di laptop. Jika memang bingung, berikut ini cara menghubungkan kamera HP ke laptop yang bisa kamu terapkan.

Cara Hubungkan Kamera HP ke Laptop yang Mudah

Cara Hubungkan Kamera HP ke PC

Video call-an melalui HP menurut beberapa orang kurang puas, karena layar HP yang tidak begitu luas. Beda lagi saat video call-an lewat layar laptop, rasanya lebih puas dan nyaman. Hanya saja, terkadang kamera laptop kurang bagus atau justru mengalami kerusakan. Kalau begitu kamu bisa menghubungkan kamera HP ke laptop agar bisa digunakan untuk video call-an.

Adapun cara hubungkan kamera HP ke laptop paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi DroidCam Wireless Webcam

Cara yang pertma untuk menjadikan kamera HP sebagai kamera video call di laptop yakni dengan memanfaatkan aplikasi bernama DroidCam. Aplikasi satu ini memang diciptakan khusus untuk melakukan cara tersebut. Tampilan antarmuka aplikasi terbilang sederhana, sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Untuk menghubungkan kamera HP android ke laptop menggunakan DroidCam, ada 2 metode yang bisa kamu pilih. Metode yang pertama yakni menggunakan sambungan Wifi, di mana kedua perangkat harus terhubung pada satu jaringan Wifi lokal. Dan cara yang kedua yakni menggunakan sambungan kabel USB. Untuk metode kedua ini kamu perlu mengaktifkan fitur USB Debugging di HP android agar bisa terhubung.

Untuk cara yang pertama yakni menggunakan jaringan Wifi dan berikut langkah-langkahnya:

  • Mulailah dengan mengunduh aplikasi DroidCam Wireless Webcam di perangkat laptop/PC dan HP android. Kemudian kamu langsung jalankan aplikasi di kedua perangkat tersebut.
  • Kalau sudah semua, selanjutnya kamu perlu menghubungkan kedua perangkat ke jaringan Wifi yang sama. Ingat! Hubungkan ke jaringan Wifi yang sama agar HP android bisa kamu jadikan webcam di laptop.
  • Jika sudah terhubung di jaringan Wifi yang sama, selanjutnya kamu perlu mengatur IP Address.
  • Untuk menghubungkan IP Address, kamu tinggal mengecek IP Address yang ada di aplikasi DroidCam di HP. Kemudian masukkan alama IP yang sama ke kolom yang ada di aplikasi DroidCam di laptop. Jangan lupa juga memasukkan DroidCam Port dan memberi centang pada opsi Audio dan Video.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol Start.
  • Sekarang kamu sudah bisa menggunakan kamera HP sebagai webcam. Dan aktivitas video call di laptop menjadi lebih lancar dan nyaman.
  • Selesai.

Kalau cara di atas kamu menggunakan jaringan Wifi sebagai media sambungannya, beda lagi dengan cara kedua ini. Di sini kamu bisa menggunakan kabel USB untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pastikan kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi DroidCam Wireless Webcam di HP dan juga laptop.
  • Sekarang kamu aktifkan fitur USB Debugging di HP android.
  • Untuk mengaktifkan USB Debugging, sebelumnya kamu perlu mengaktifkan mode pengembang atau developer. Caranya masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih opsi Tentang Ponsel. Selanjutnya masuk ke opsi Informasi Perangkat Lunak, kemudian klik sebanyak 5 hingga 7 kali pada bagian Nomor Versi. Nantinya akan muncul notifikasi yang menyatakan Mode Pengembang atau Mode Developer telah aktif.
  • Sekarang kamu kembali lagi ke menu Pengaturan, kemudian masuk ke opsi Developer Option atau Pilihan Pengembang. Scroll ke bawah kemudian geser slider ke kanan pada opsi Debugging USB.
  • Kalau USB Debugging sudah diaktifkan, sekarang kamu bisa menghubungkan HP ke laptop menggunakan kabel USB.
  • Selanjutnya kamu install Dev47apps client di perangkat laptop kamu.
  • Buka DroidCam Client di perangkat laptop. Pada jendela aplikasi, kamu klik ikon USB lalu tekan tombol Start untuk mulai menggunakan HP sebagai webcam di laptop.
  • Sekarang kamu sudah bisa video call-an dengan mudah dan nyaman menggunakan kamera HP.
  • Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi IP Webcam

Selain aplikasi DroidCam Wireless Webcam, kamu juga bisa menggunakan aplikasi IP Webcam untuk membuat HP menjadi webcam. Aplikasi IP Webcam nantinya bisa kamu install di HP android. Sementara di laptop kamu bisa menggunakan aplikasi IP Camera Adapter. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu unduh dan install aplikasi IP Webcam di HP dan IP Camera Adapter di perangkat laptop.
  • Selanjutnya kamu jalankan aplikasi IP Webcam yang sudah diinstall di HP android tersebut. Lakukan beberapa pengaturan dasar, seperti mengatur username dan passwor, resolusi layar dan lain sebagainya. Kalau sudah, selanjutnya kamu klik Start Server.
  • Nantinya di bagian bawah layar HP akan muncul sebuah alamat IP. Kunjungi alamat IP tersebut melalui browser Chrome.
  • Sekarang kamu jalankan juga aplikasi IP Camera Adapter di perangkat laptop. Selanjutnya kamu ganti bagian Camera Feed URL dengan alamat IP dan port yang di dapatkan dari aplikasi.
  • Ikuti beberapa stepnya sesuai perintah dan sekarang kamu sudah berhasil mengubungkan kamera HP ke laptop.
  • Selesai.

Mudah bukan, cara hubungkan kamera HP ke laptop di atas? Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi ketika kamera di laptop rusak atau tidak berfungsi. Cukup mengubah HP menjadi webcam, dan hubungkan ke laptop agar bisa dijadikan kamera saat video call.

Penutup

Itulah tadi cara hubungkan kamera HP ke laptop yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar bisa bermanfaat untuk orang lain.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Cara Download League of Legends Wild Rift Mobile

Download League of Legends - Apa kamu salah satu penggemar game MOBA? Kalau benar, game MOBA apa yang paling sering kamu mainin?...

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel Paling Mudah

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel - Berbicara mengenai operator seluler, Telkomsel bisa dibilang sebagai salah satu provider yang paling banyak diminati di...

Cara Dapat Kuota Internet Gratis All Operator

Cara Dapat Kuota Internet Gratis - Di masa pandemi seperti sekarang ini membuat banyak kalangan merasakan kesusahan. Bagaimana tidak? Beberapa jenis usaha...

Cara Cepat Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok

Cara Cepet Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok - Zaman sekarang banyak sekali media sosial yang dapat menghibur kita ketika lagi bosen...

Related news

Cara Download League of Legends Wild Rift Mobile

Download League of Legends - Apa kamu salah satu penggemar game MOBA? Kalau benar, game MOBA apa yang paling sering kamu mainin?...

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel Paling Mudah

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel - Berbicara mengenai operator seluler, Telkomsel bisa dibilang sebagai salah satu provider yang paling banyak diminati di...

Cara Dapat Kuota Internet Gratis All Operator

Cara Dapat Kuota Internet Gratis - Di masa pandemi seperti sekarang ini membuat banyak kalangan merasakan kesusahan. Bagaimana tidak? Beberapa jenis usaha...

Cara Cepat Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok

Cara Cepet Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok - Zaman sekarang banyak sekali media sosial yang dapat menghibur kita ketika lagi bosen...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini