Cara Hapus Video di Telegram Android yang Mudah

21
Cara Hapus Video di Telegram
Cara Hapus Video di Telegram

Cara Hapus Video di Telegram – Telegram merupakan salah satu aplikasi chat dengan fitur keamanan paling canggih dan terbaik saat ini. Keamanan dan kerahasiaan lalu lintas chat di Telegram menjadi keunggulan utama yang membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Saat ini Telegram menerapakan enkripsi end-to-end paling canggih yang tidak dapat ditembus oleh siapa pun, termasuk pihak Telegram itu sendiri. Pengguna bahkan bisa mengatur chat agar bisa diteruskan atau tidak sesuai keinginannya. Hal ini tentunya akan semakin meningkatkan keamanan chat yang dilakukan di Telegram.

Cara Hapus Video di Telegram
Cara Hapus Video di Telegram

Sama seperti aplikasi chat lainnya, Telegram bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk teks, gambar, video, audio hingga jenis file lainnya. Untuk pengiriman file media, ada batasan kapasitas hingga 2GB. Hal berbeda tentu bisa ditemukan di aplikasi serupa lainnya, di mana kapasitas file yang bisa dikirim hanya bisa sampai 25MB saja. Bahkan dengan penggunaan Telegram Premium, kapasitas maksimum file yang bisa dikirim lewat Telegram ini bisa mencapai 4GB. Kamu yang suka mengirim video dengan durasi panjang, lebih cocok menggunakan Telegram sebagai sarana pengirimannya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai pengiriman video lewat Telegram, biasanya video yang diterima ini akan disimpan secara otomatis di ruang penyimpanan HP. Di sini kita perlu mengaktifkan dulu fitur Pengunduhan Otomatis di Telegram agar file video dapat tersimpan dengan sendirinya. Jika tidak, maka kita melakukan pengunduhan video secara manual dengan klik tombol Download pada kiriman file video. Mengaktifkan fitur Pengunduhan Otomatis di Telegram, terkadang hal ini sering menyebabkan memori HP cepat penuh. Untuk memgatasinya, kamu perlu melakukan penghapusan pada file media yang disimpan di Telegram tersebut. Khususnya untuk penghapusan file video, berikut cara hapus video di Telegram android yang bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Hapus Video di Telegram Android yang Mudah

Cara Delete Video di Telegram
Cara Delete Video di Telegram

Fitur Pengunduhan Otomatis memang berfungsi praktis pada Telegram, di mana kita tidak perlu melakukan pengunduhan file media yang diterima lewat chat Telegram. Saat ada kiriman file media dari teman atau pengguna Telegram lain, file tersebut akan secara otomatis didownload dan disimpan di memori HP. Jadi, saat kamu membuka chat maka file media tersebut bisa langsung dilihat tanpa menunggu proses download manual.

Sayangnya, banyaknya file media seperti video yang didownload otomatis di Telegram, hal ini membuat memori internet semakin penuh. Apalagi jika HP androidmu memiliki kapasitas memori internet yang tidak begitu besar, pasti akan cepat sekali penuhnya. Hal ini semakin diperparah jika kamu bergabung dengan grub atau channel yang sering mengirim file video berukuran besar.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur penghapusan file media khususnya video secara otomatis di Telegram. Jadi, kamu bisa mengatur jangka waktu tertentu file video yang didownload otomatis di Telegram. Dan jika sudah melebihi jangka waktu tersebut, maka file video akan secara otomatis pula dihapus dari memori HP. Untuk pengaturan jangka waktu penghapusan file media otomatis di Telegram ini bervariasi, mulai dari 1 hari, 1 Minggu, 1 bulan, atau Tidak Pernah.

Adapun cara hapus video di Telegram Android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram di perangkat smartphone androidmu.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Tiga Garis di pojok kiri atas tampilan. Kemudian klik pada opsi Pengaturan atau Settings.
  3. Lanjutkan dengan klik pada opsi Data dan Penyimpanan atau Data and Storage.
  4. Sekarang kamu klik pada opsi Pemakaian Penyimpanan atau Storage Usage.
  5. Kemudian klik tombol Hapus Cache atau Delete Cache.
  6. Selanjutnya untuk mengatur penghapusan file video secara otomatis, kamu klik pada opsi Obrolan Pribadi. Lalu pilih durasi atau jangka waktu file media dihapus otomatis, misalnya saja 1 hari. Hal ini membuat file media yang disimpan otomatis akan otomatis dihapus setelah disimpan lebih dari 1 hari.
  7. Lanjutkan dengan klik pada opsi Obrolan Grup, lalu pilih jangka waktu penghapusan file media otomatis.
  8. Klik juga pada opsi Channel dan pilih jangka waktunya seperti kedua opsi tadi.
  9. Klik kembali dan pengaturannya akan disimpan otomatis.
  10. Selesai.

Catatan: Cara ini juga bisa terapkan di Telegram iOS atau iPhone, yang mana langkah-langkahnya tidak jauh berbeda seperti cara di atas.

Alternatif untuk Menghapus Video Telegram Secara Manual

Jika cara di atas akan menghapus file video dan file media lain di Telegram secara otomatis, berbeda lagi dengan cara kedua ini. Kita akan melakukan penghapusan file video yang tersimpan di Telegram secara manual. Biasanya file yang disimpan otomatis pada Telegram ini tidak terlihat di menu Galeri. Kecuali file media atau video yang didownload secara manual oleh pengguna.

Untuk melakukan penghapusan file video di Telegram secara manual, kita bisa memanfaatkan menu File Manajer yang terdapat di HP android. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu File Manajer atau File Berkas yang ada di HP android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada opsi Penyimpanan Internal atau Penyimpanan Ponsel.
  3. Gulir ke bawah, kemudian kamu klik pada folder Telegram.
  4. Lanjutkan dengan masuk ke folder Telegram Video.
  5. Di sana kamu akan melihat file video yang didownload melelaui Telegram baik secara otomatis maupun manual.
  6. Tekan dan tahan pada video hingga muncul tanda centang, kemudian berikan tanda centang pada video lain yang juga ingin dihapus. Selanjutnya klik ikon Tong Sampah atau Hapus yang ada di bawah tampilam dan konfirmasi penghapusan dengan klik Hapus File.
  7. Selesai.

Dengan demikian file video yang sudah didownload sebelumnya dari Telegram akan terhapus. Jika kamu ingin menghapus file media lain seperti Gambar, Audio, Dokumen dan file lain, maka bisa masuk ke folder masing-masing.

Penutup

Itulah tadi dua cara hapus video di Telegram Android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menonaktifkan Akun Akulaku di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengunci WhatsApp di HP Samsung Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini