Cara Hapus Suara pada Video di Android Terbaru

Cara Hapus Suara Pada Video di Android – Profesi sebagai creator video sedang banyak diminati di era modern seperti sekarang ini. Banyak dari mereka membuat video unik dan kreatif, kemudian diuploud ke Youtube agar bisa mendapatkan pundi-pundi dollar. Profesi seperti ini sering disebut juga sebagai Youtuber. Profesi ini sangat diminati tidak lain karena uang yang bisa dihasilkan tidaklah main-main. Bahkan gaji seorang Youtuber bisa melebihi pekerja kantoran.

Cara Hapus Suara Pada Video di Android
Cara Hapus Suara Pada Video di Android

Berbicara mengenai Youtuber, pasti sudah tidak terlepas dari yang namanya mengedit video. Video yang diuploud perlu diedit terlebih dahulu agar bisa menghasilkan video yang lebih sempurna. Mengedit video terdiri dari banyak hal, mulai dari menggabungkan beberapa scene video, menambahkan musik, hingga menghilangkan suara pada video. Untuk melakukan pengeditan video tersebut, tentu kita membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya dijalankan di perangkat PC atau android.

Baca Juga:

Mengedit video bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh semua orang. Misalnya saja untuk keperluan menghilangkan suara pada video, cara ini bisa dibilang paling mudah dilakukan. Suara pada video terkadang cukup mengganggu, sehingga mau tidak mau perlu menghilangkan suaranya tersebut. Mengenai cara hapus suara pada video di android bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Hapus Suara pada Video di Android untuk Pemula

Cara Hapus Suara Pada Video di HP Android
Cara Hapus Suara Pada Video di HP Android

Mengedit video, terutama untuk menghilangkan suara pada video dulunya mungkin hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau laptop. Tetapi tidak untuk sekarang ini, hadirnya smartphone android mempermudah pengguna dalam hal mengedit sebuah video.

Tidak hanya untuk keperluan pengeditan video, menghilangkan suara pada video bisa juga untuk keperluan lainnya. Misalnya saja ketika seseorang ingin memutar video dan ia tidak orang lain mendengar atau mengetahuinya. Jadi, jika pun lupa untuk mengatur volume video ke tingkat terendah atau mute, kamu tidak perlu lagi khawatir orang lain mendengarnya. Adapun cara hapus suara pada video di android paling mudah, antara lain:

1. Menggunakan Aplikasi Video Sound Editor

Cara menghilangkan suara pada video lewat HP android yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh AndroTechMania, yang mana sudah didownload lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi Video Sound Editor selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, sekarang kamu pilih opsi Mute Video. Nantinya kamu akan di bawa ke menu galeri, cari dan pilih video yang ingin dihapus suaranya.
  • Sebelum menyimpan, kamu juga bisa melakukan pemotongan video sesuai yang kamu inginkan. Atur waktu mulai dan akhir video yang ingin dipotong.
  • Jika dirasa sudah, sekarang kamu klik ikon Centang yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Nanti akan muncul pop up yang berisi 2 opsi mute video, yakni Mute with trim video dan Mute without trim video. Pilih salah satu opsi tersebut, kemudian klik tombol OK.
  • Tunggu proses penghapusan suara video hingga berhasil. Video yang sudah di-mute akan langsung tersimpan di folder MuteVideos. Selain menyimpan di menu Galeri, kamu juga bisa membagikannya ke media sosial pribadi.

2. Menggunakan Aplikasi Timbre

Selain aplikasi Video Sound Editor, aplikasi untuk menghapus suara di video lainnya bisa kamu gunakan adalah Timbre: Cut, Join, Convert Mp3 Audio & Mp4 Video. Aplikasi satu ini dibesut oleh developer bernama Xeus. Di dalamnya tersedia beragam fitur, salah satunya bisa untuk mengedit suara pada video, termasuk menghilangkannya. Untuk langkah-langkah menghapus suara di video melalui aplikasi Timbre selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi Timbre: Cut, Join, Convert Mp3 Audio & Mp4 Video. Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu pilih opsi Mute yang ada di dalam menu Video.
  • Kemudian pilih video yang ingin kamu hapus suaranya.
  • Tunggu proses penghapusan suara pada video hingga selesai. Secara otomatis suara pada video akan langsung hilang dan kamu bisa menontonnya tanpa takut ketahuan orang lain karena suaranya yang keras.

3. Menghapus Suara Lewat Situs Khusus

Selain menggunakan aplikasi khusus dari Google Play Store, meremove suara di video juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan sebuah situs khusus. Ada banyak sekali website yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah Cloudconvert. Adapun langkah-langkah memanfaatkan situs Cloudconvert untuk hapus suara pada video, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu kunjungi situs Cloudconvert melalui aplikasi browser di android.
  • Pada tampilan utama situs, kamu pilih opsi Select File. Kemudian cari dan pilih video yang ingin kamu remove suaranya.
  • Setelah video berhasil dipilih, selanjutnya kamu klik ikon Tang yang ada di sebelah kanan judul video yang diunggah tadi. Nantinya akan muncul halaman conversion options.
  • Pada halaman tersebut, kamu klik pada opsi Audio Codec lalu pilih opsi None (remove audio track) dan klik Okay.
  • Selanjutnya kamu klik tombol Start Conversion dengan kotak berwarna merah, kemudian tunggu hingga proses konversi video selesai dilakukan.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan klik tombol Download dan tunggu proses pengunduhan hingga selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara hapus suara pada video di android yang mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?