Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama di Android

Cara Hapus Pesan WhatsApp – Hingga saat ini WhatsApp atau WA masih menjadi salah satu aplikasi chatting online terpopuler di dunia. Lihat saja, hampir semua pengguna smartphone pasti memiliki akun WhatsApp pribadi di smartphonenya. Bukan hanya pengguna smartphone android saja, melainkan juga pengguna iPhone banyak yang menggunakan aplikasi WhatsApp. Tidak lain karena WhatsApp terbilang mudah digunakan dan ringan pastinya. Pengiriman pesan sangat cepat dan jarang terjadi error saat digunakan.

Cara Hapus Pesan WhatsApp
Cara Hapus Pesan WhatsApp

Di WhatsApp kita memungkinkan berkirim pesan dengan siapa saja, dan data chat bersifat privasi karena berkonsep end-to-end. Agar bisa mulai chattingan, kita perlu menyimpan dulu nomor WA dari lawan chat. Ada pula cara lain memulai chattingan di WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor ke kontak, yakni dengan membuat link langsung ke chat. Apapun bisa dikirim melalui WhatsApp, mulai dari teks, stiker, gambar, video, audio, dan berbagai jenis file lainnya juga bisa dikirimkan.

Baca Juga:

Sudah lama menggunakan aplikasi WhatsApp, apakah Anda berpikir untuk menghapus chat di WhatsApp yang sudah terlalu menumpuk? Sayangnya tidak semua pengguna tahu cara tersebut. Selain itu, pernahkah Anda salah mengirim pesan dan ingin menghapusnya tetapi sudah terlalu lama? Dengan cara biasa, pesan tersebut akan tetap ada dan bisa dibaca oleh penerima. Namun, dengan trik khusus kamu masih bisa menghapusnya meskipun pesan sudah lama dikirimnya. Lantas, bagaimana cara hapus pesan WhatsApp yang sudah lama tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Hapus Pesan WhatsApp di HP Android

Cara Hapus Pesan WA di HP Android
Cara Hapus Pesan WA di HP Android

Yang pertama akan dibahas bagaimana cara mudah untuk menghapus pesan di WhatsApp android dengan cepat. Setidaknya ada dua metode untuk penghapusan pesan di WhatsApp, yakni menghapus satu per satu dan hapus semua pesan sekaligus. Adapun cara menghapus chat WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Chat WhatsApp Satu per Satu

Jika yang kamu inginkan menghapus satu percakapan di WhatsApp, maka cara ini bisa diterapkan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  • Kemudian cari riwayat chat yang ingin kamu hapus dari WhatsApp.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya Anda tekan dan tahan pada chat tersebut hingga muncul tanda centang dan beberapa opsi di atas layar. Jika sudah seperti ini, lepaskan tekanan pada layar tersebut.
  • Kemudian kamu klik pada ikon Tong Sampah yang ada di bagian atas layar.
  • Akan muncul notifikasi pop up di layar, beri tanda centang pada “Hapus media di chat ini” jika memang ingin menghapus semua file media yang pernah dikirim dan diterima.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus. Maka semua isi chat beserta file media di dalam chatting tersebut akan dihapus secara permanen.
  • Selesai.

2. Menghapus Banyak Chat WhatsApp Sekaligus

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa diterapkan jika Anda ingin menghapus beberapa atau semua chat yang ada di WhatsApp. Tentunya cukup merepotkan jika harus menghapus satu per satu seperti cara di atas. Mengenai cara semua chat WhatsApp sekaligus selengkapnya, yakni:

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp di HP android seperti biasa.
  • Kemudian masuk ke menu Obrolan.
  • Sekarang kamu tekan dan tahan pada salah satu riwayat chat yang ada di sana. Tekan agak lama sampai muncul tanda centang dan beberapa opsi di atas layar.
  • Selanjutnya Anda berikan tanda centang pada semua chat yang ingin dihapus dengan cara satu kali klik. Atau bisa juga dengan tandai setidaknya dua chat, kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan klik opsi Pilih Semua.
  • Jika semua chat sudah ditandai dengan centang, sekarang kamu klik ikon Tong Sampah yang ada di bagian atas layar.
  • Konfirmasi penghapusan pesan WhatsApp dengan memberi centang pada opsi “Hapus media di chat ini”. Kemudian klik tombol Hapus.
  • Selesai.

Catatan: Kamu hanya bisa menghapus banyak chat pribadi sekaligus, dan tidak termasuk chat grub. Jika chat grub juga ikut dicentang saat pemilihan, maka tombol Tong Sampah akan menghilang dari atas layar.

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama
Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Berbeda dengan cara di atas, kali ini akan dibahas cara menarik pesan di WhatsApp yang sudah lama dikirim. Tujuannya agar si penerima tidak lagi bisa membaca chat yang sudah kamu kirim tersebut. Umumnya chat WhatsApp bisa ditarik dan dihapus selamanya jika belum melebihi waktu 7 menit. Lebih dari itu, pesan tidak bisa lagi ditarik dari WhatsApp penerima.

Untuk masalah ini, saya memiliki trik jitu yang bisa kamu terapkan agar chat WhatsApp yang sudah lama tersebut bisa ditarik dan dihapus. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Sebelum melanjutkan, kamu matikan dulu koneksi data di HP androidmu. Matikan data seluler maupun Wifi di HP android dan juga jangan lupa untu menutup aplikasi WhatsApp.
  2. Jika sudah, sekarang kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  3. Pada halaman Pengaturan, selanjutnya klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  4. Sekarang cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  5. Klik pada tombol Berhenti Paksa pada aplikasi WhatsApp tersebut.
  6. Kembali lagi ke halaman menu Pengaturan, selanjutnya kamu masuk ke opsi pengaturan Tanggal & Waktu.
  7. Jika kamu mengaktifkan pengaturan Tanggal & Waktu Otomatis, sebaiknya kamu matikan dulu pengaturan tersebut.
  8. Sekarang lakukan penyetelan ulang waktu secara manual. Kamu atur tanggal dan juga jam sebelum kamu mengirim pesan WhatsApp yang ingin dihapus tadi. Kemudian simpan pengaturan tersebut.
  9. Selanjutnya kamu buka lagi aplikasi WhatsApp dan cari chat yang sudah lama terkirim dan ingin dihapus atau ditarik tadi.
  10. Tekan dan tahan pada chat yang ingin dihapus hingga muncul kotak notifikasi. Kemudian pilih opsi Hapus untuk Semua Orang, maka secara otomatis pesan tadi akan dihapus selamanya dan penerima tidak bisa lagi membacanya.
  11. Kalau sudah terhapus, sekarang kamu kembalikan lagi pengaturan Tanggal & Waktu seperti semula. Aktifkan pengaturan Tanggal & Waktu otomatis agar sesuai dengan tempat Anda tinggal.
  12. Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara hapus pesan WhatsApp satu per satu, banyak pesan sekaligus dan pesan yang sudah lama di HP android. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini