Cara Hapus Pencarian di Google Playstore Android

20
Cara Hapus Pencarian di Google Playstore
Cara Hapus Pencarian di Google Playstore

Cara Hapus Pencarian di Google Playstore – Sebagai pengguna android kalian sudah pasti sangat mengenal layanan gratis dari Google satu ini. Google Playstore merupakan salah satu layanan Google yang menjadi gudangnya aplikasi dan item untuk perangkat android, mulai dari aplikasi, game, buku hingga film premium. Di Google Playstore disediakan banyak sekali jenis aplikasi yang punya fungsi masing-masing. Di mana hampir semua aplikasi bisa kita gunakan secara gratis, namun ada pula beberapa yang berbayar.

Cara Hapus Pencarian di Google Playstore
Cara Hapus Pencarian di Google Playstore

Aplikasi dan game yang disediakan di Google Playstore ini bukan murni buatan dari Google, melainkan dari para developer. Mereka yang memiliki keahlian dalam membuat aplikasi dan game, hasil karyanya tersebut diunggah ke Google Playstore. Dari sini mereka mendapatkan cuan dari jerih payahnya dalam membuat aplikasi untuk android. Namun, bukan perkara mudah untuk mengunggah aplikasi di Google Playstore, pasalnya tim Google akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Baru jika sudah disetujui dan sesuai dengan kebijakan yang berlaku, maka aplikasi akan bisa ditemukan di pencarian Google Playstore.

Baca Juga:

Banyaknya jenis aplikasi yang disediakan, biasanya untuk mempermudah mencari aplikasi yang diinginkan pengguna menggunakan fitur Pencarian atau Search. Fitur ini berada di bagian atas tampilan dengan logo Kaca Pembersar di sebelahnya. Melakukan pencarian melalui fitur ini biasanya juga aktivitas tersebut akan tersimpan secara otomatis di akun Google. Beberapa pengguna terkadang merasa risih dengan riwayat pencarian yang tersimpan otomatis ini dan ingin menghilangkannya. Lantas, bagaimana cara hapus pencarian di Google Playstore tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Hapus Pencarian di Google Playstore Android

Cara Hapus Histori Pencarian di Google Playstore
Cara Hapus Histori Pencarian di Google Playstore

Mengenai histori pencarian di Google Playstore, beberapa pengguna memiliki privasi tersendiri sehingga tidak ingin diketahui oleh orang lain. Karena itulah, untuk menjaga privasi tersebut kita perlu melakukan penghapusan data pencarian secara rutin. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum tahu cara untuk menghapus riwayat pencarian di Google Playstore tersebut.

Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dijelaskan secara detail cara untuk menghapus history pencarian di Google Playstore tersebut. Adapun cara hapus pencarian di Google Playstore HP android selengjapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Riwayat Pencarian Langsung dari Aplikasi Google Playstore

Untuk menghapus riwayat pencarian yang dilakukan di Google Playstore, kamu bisa memanfaatkan fitur penghapusan yang ada di dalamnya. Fitur ini bisa kamu akses melalui menu Setting atau Setelan yang ada di Google Playstore. Untuk langkah-langkah penghapusannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Google Playstore di perangkat HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Di sana ditampilkan beberapa opsi, kamu pilih saja opsi Setelan atau Settings.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Umum atau General yang ada di bagian paling atas, kemudian pilih Prefensi Akun dan Perangkat atau Account and Device Preferences.
  • Pada bagian Histori, kamu klik opsi Hapus Histori Penelusuran Perangkat atau Clear Device Search History. Lalu konfirmasi penghapusan dengan klik Hapus Histori atau Clear History.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses penghapusannya selesai.

Dengan cara ini histori penelusuran atau pencarian di Google Playstore akan dihapus seluruhnya. Privasimu akan tetap aman dan terjaga, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin atau setelah kamu melakukan pencarian aplikasi di Google Playstore.

2. Hapus Pencarian dengan Hapus Data Google Playstore

Selain cara di atas, ada cara alternatif lainnya yang juga diklaim bisa menghapus data pencarian di Google Playstore. Namun, bedanya menerapkan cara ini juga akan menghapus semua data di Google Playstore, termasuk pengaturan di dalamnya. Nantinya Google Playstore akan kembali ke pengaturan default seperti pertama kali menggunakannya.

Untuk langkah-langkah menghapus data akun Google Playstore selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di perangkat HP androidmu.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi Terinstall atau App. Jika tidak menemukan opsi ini, coba lihat di opsi Pengaturan Lainnya, lalu pilih Manajemen Aplikasi.
  • Di sana akan ditampilkan list aplikasi yang terinstall di perangkat smartphone androidmu. Sekarang kamu cari aplikasi Google Playstore dan klik pada aplikasi tersebut.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan klik tombol Hapus Data atau Clear Data dan konfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

Cara ini saya terapkan di HP Samsung dengan dukungan OS Android 11. Untuk merek dan tipe HP lainnya mungkin agak berbeda untuk cara menghapus data dari Google Playstore. Yang pasti opsi penghapusan data aplikasi ini bisa kamu temukan di halaman Pengaturan Aplikasi dalam smartphone.

Penutup

Itulah tadi dua cara hapus pencarian di Google Playstore android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengubah Video Menjadi Nada Dering di HP
Artikel SelanjutnyaCara Buka IG Lupa Password Tapi No HP dan Email Mati/Gak Aktif
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini