Cara Hapus Folder Thumbnail di Android Paling Cepat

31
Cara Hapus Folder Thumbnail di Android
Cara Hapus Folder Thumbnail di Android

Cara Hapus Folder Thumbnail di Android – HP android umumnya dibekali dengan memori internal yang memungkinkan digunakan untuk menyimpan file media dan jenis file lainnya. Ruang penyimpanan yang dimiliki setiap tipe dan merek HP android berbeda-beda, mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB dan seterusnya. Semakin besar kapasitas ruang memori internal yang disematkan, tentunya akan semakin banyak pula data yang bisa disimpan di dalamnya. Akan tetapi, umumnya HP dengan dukungan memori internal yang luas dibanderol dengan harga lumayan mahal.

Cara Hapus Folder Thumbnail di Android
Cara Hapus Folder Thumbnail di Android

Sebagai alternatif penyimpanan data atau file di android selain memori internal, yakni penggunaan kartu SD. Ini merupakan jenis perangkat penyimpanan tambahan yang bisa dipasangkan di HP android, sehingga kamu bisa mengakses data yang disimpan di dalamnya dengan mudah. Sama seperti memori internal, perangkat memori eksternal atau kartu SD ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda, terganti pengguna ingin memilih kapasitas berapa. Dengan penggunaan memori eksternal ini diklaim akan membantu mempecepat kinerja HP karena ruang memori internal yang lebih lega dari sebelumnya.

Baca Juga:

Pada memori internal HP biasanya terdapat data sistem yang tersimpan secara otomatis. Karenanya tidak semua ruang memori internal bisa kita gunakan untuk menyimpan file atau data tambahan. Salah satu jenis file sistem yang tersimpan di memori internal yakni thumbnail, yang mana jenis file ini dianggap para pengguna salah satu penyebab ruang memori cepat penuh. Karena hal tersebut sehingga banyak pengguna ingin menghapusnya dari penyimpanan, akan tetapi belum tahu cara melakukannya. Berikut ini cara hapus folder thumbnail di android yang mudah bisa kamu terapkan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Folder atau File Thumbnail?

Sebelum lanjut ke cara untuk menghapus data thumbnail di android, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa itu thumbnail. File atau folder thumbnail merupakan data preview media foto atau video yang berbentuk gambar dengan ukuran kecil dibandingkan file aslinya. Jadi, melalui thumbnail ini kamu sedikit banyaknya bisa tahu tentang foto atau video yang disimpan di HP android.

Data thumbnail sendiri akan dibuat dan disimpan secara otomatis saat file media ditaruh ke memori HP. Meski demikian, umumnya file atau filder thumbnail ukurannya tidak sebesar file aslinya, bisa jadi hanya 0,1-5% dari ukuran file aslinya. Akan tetapi, jika jumlah foto atau video yang tersimpan di memori internal mencapai ribuan, tentu ukuran data thumbnail akan semakin besar dan tidak heran akan membuat ruang penyimpanan cukup sesak.

Banyak pengguna yang mengira data thumbnail ini tidak berguna di HP android, sehingga mereka ingin menghapusnya. Padahal dengan adanya thumbnail kita bisa lebih mudah mengetahui isi dari foto atau video yang tersimpan tanpa harus membuat file aslinya. Selain itu, thumbnail yang sudah tercipta juga akan lebih mempercepat loading sistem saat ingin mengakses file media, baik foto maupun video.

Cara Hapus Folder Thumbnail di Android Paling Cepat

Cara Hapus File Thumbnail di Android
Cara Hapus File Thumbnail di Android

Dengan alasan ingin sedikit melegakan ruang penyimpanan internal di HP android, salah satu caranya dengan menghapus file thumbnail. Cara ini memang cukup efektif untuk memperluas ruang kosong di memori internal. Meskipun saat kita membuka atau mengakses file media, maka thumbnail secara otomatis akan tercipta kembali.

Meskipun cukup mudah, akan tetapi tidak jarang pengguna yang belum tahu cara hapus folder thumbnail di android tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu, kamu wajib membaca ulasan di bawah ini sampai selesai. Berikut langkah-langkah untuk delete folder atau file thumbnail di HP android selengkapnya, yakni:

Langkah 1 – Menampilkan Folder Tersembunyi

Folder tempat penyimpanan data thumbnail biasanya akan disembunyikan di memori internal. Jadi, jika ingin menghapusnya kamu perlu menampilkan dulu folder thumbnail di HP tersebut. Untuk cara menampilkannya sendiri, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu buka File Manajer / Pengelola Berkas bawaan yang ada di HP android. Jika tidak ada, maka kamu bisa memasang aplikasi File Manager terlebih dahulu di HP android melalui Google Playstore. Ada banyak pilihan aplikasi untuk mengelola berkas di HP android yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.
  2. Pada halaman File Manajer tersebut, kamu klik pada ikon Tiga Titik Vertikal di bagian pojok kanan atas tampilan. Kemudian pilih opsi Pengaturan.
  3. Selanjutnya kamu cari opsi Tampilkan File Sistem Tersembunyi atau semacamnya, kemudian aktifkan opsi tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.

Langkah 2 – Menghapus File atau Folder Thumbnail

  1. Setelah berhasil diaktifkan, sekarang kamu kembali ke halaman File Manajer.
  2. Kemudian klik pada menu Penyimpanan Internal atau Memori Internal.
  3. Selanjutnya kamu masuk ke folder DCIM.
  4. Di sana kamu akan menemukan folder Thumbnail. Untuk menghapus folder tersebut tinggal kamu tekan dan tahan folder hingga muncul beberapa opsi di sana. Lanjutkan dengan klik Hapus atau Ikon Tong Sampah di bagian bawah, lalu konfirmasi dengan klik OK.
  5. Sementara jika kamu ingin menghapus file thumbnailnya saja, maka masuk dulu ke folder Thumbnail tersebut.
  6. Kemudian tekan dan tahan pada salah satu file thumbnail, lalu tandai semua dengan memberi tanda centang. Selanjutnya klik tombol Hapus Semua dan konfirmasi dengan klik tombol OK.

Langkah 3 – Menghapus File Thumbnail dari Aplikasi Lain

Di langkah ke-2 di atas hanya akan menghapus data thumbnail dari file media yang tersimpan di memori HP saja. Beda lagi dengan data thumbnail dari aplikasi lain seperti WhatsApp, Telegram dan lain sebagainya. Untuk cara menghapusnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Kamu bisa kembali dulu ke halaman Memori Internal yang ada di File Manajer seperti tadi.
  2. Di sana akan ditampilkan berbagai folder yang ada di Memori Internal. Lanjutkan dengan klik ikon Pencarian (kaca pembesar) di pojok kanan atas, kemudian ketik kata “thumb”, maka akan muncul semua folder thumbnail dari semu aplikasi.
  3. Kamu klik pada salah satu folder thumbnail yang ditampilkan di hasil pencarian tersebut.
  4. Untuk menghapus file thumbnailnya, kamu tekan dan tahan pada salah file lalu pilih semua file. Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Semua.
  5. Kamu bisa menerapkan cara yang sama pada semua folder thumbnail yang ditampilkan di hasil pencarian tadi.
  6. Selesai.

Menghapus file atau folder thumbnail tidak akan memberikan efek apa-apa pada penyimpanan HP. Pasalnya yang dihapus ini merupakan file tambahan sehingga tidak akan berpengaruh pada file aslinya. Hanya saja, ketika kamu ingin mengakses menu preview file media, seperti Galeri atau yang lainnya maka akan membutuhkan waktu loading lebih lama.

Penutup

Itulah tadi cara hapus folder thumbnail di android yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Terbaru Mendapatkan Koin Tiktok Saat Live
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik ke Bawah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini