Cara Hapus Data Thumbnail Android Paling Mudah

Cara Hapus Data Thumbnail Android – Kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis perangkat gadget satu ini, yakni smartphone android. Smartphone merupakan salah satu perangkat teknologi canggih yang banyak digandrungi sekarang ini. Kegunaannya yang cukup fleksibel menjadi salah satu alasan banyak orang membelinya. Dan juga dengan adanya HP android, berbagai aktivitas harian pengguna bisa dipermudah berkat fitur-fitur keren yang disematkan di dalamnya.

Cara Hapus Data Thumbnail Android
Cara Hapus Data Thumbnail Android

Sudah banyak brand yang menghadirkan produk HP android terbaik, pastinya dengan varian harga yang berbeda-beda. Harga banderol HP android tersebut disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya. Semakin tinggi spesifikasi HP tentunya akan menghasilkan performa kinerja yang maksimal dan cepat. Karena itulah, saat membeli HP baru yang pertama kali dilihat yakni bagian spesifikasi yang diusungnya. Khususnya untuk komponen dapur pacu, seperti RAM, ROM, prosesor, dan juga GPU.

Baca Juga:

Dari beberapa komponen tersebut, RAM merupakan komponen yang cukup berpengaruh terhadap kinerja multitasking HP. Selain itu, ROM atau ruang penyimpanan internal juga berkontribusi penting dalam hal tersebut. Buktinya, saat ruang ROM penuh hal ini akan membuat kinerja HP melambat. Bahkan parahnya pengguna tidak bisa lagi menginstall aplikasi baru atau file baru lainnya. Cara mengatasi masalah ini yakni dengan membersihkan ruang ROM. Baik dari file foto, video, dokumen, cache hingga file atau folder Thumbnail. Mungkin cukup mudah menghapus file foto atau video di memori internal. Tetapi, bagaimana dengan file dan folder Thumbnail? Tidak perlu khawatir, berikut cara hapus data thumbnail android bisa coba kamu terapkan.

Cara Hapus Data Thumbnail Android Paling Mudah

Cara Hapus Data Thumbnail HP Android
Cara Hapus Data Thumbnail HP Android

Sebagian dari kalian mungkin masih belum tahu jelas apa itu data thumbnail atau thumbdata. Thumbnail merupakan data preview dari media, baik itu foto maupun video. Thumbnail ini sendiri berfungsi untuk mempercepat loading saat kamu ingin mebuka foto atau video asli di momen kedua. Data thumbnail ini sendiri umumnya hanya berukuran kecil. Namun, bagaimana jika jumlahnya sangat banyak? Pastinya akan memakan banyak sekali ruang di memori internal HP.

Melihat dari fungsinya, data thumbnail memang kurang lebih sama dengan file cache. Bedanya, cache merupakan kumpulan data sistem (aplikasi). Sementara data thumbnail merupakan data preview media. Lantas, bagaimana cara hapus data thumbnail android tersebut? Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu File Manager di HP Androidmu.
  • Selanjutnya kamu masuk ke Pengaturan file manager. Caranya klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih opsi Pengaturan.
  • Scroll ke bawah, kemudian aktifkan opsi Tampilkan file yang tersembunyi dengan cara geser tombol slider ke arah kanan.
  • Sekarang kamu kembali ke halaman utama File Manager.
  • Masuk ke opsi Memori Internal, kemudian cari dan klik pada folder DCIM.
  • Di sana kamu akan melihat file atau folder Thumbnail.
  • Tekan dan tahan pada file atau folder Thumbnail tersebut, kemudian klik tombol Hapus atau ikon tong sampah. Konfirmasi penghapusan file atau folder Thumbnail dengan klik tombol OK.
  • Selesai.

Sekarang kamu sudah berhasil menghapus file atau folder Thumbnail yang tersimpan di memori internal Android. Dengan demikian, ruang memori internal akan semakin luas sehingga performa kinerja HP akan lebih cepat dan maksimal.

Cara Hapus File dan Folder Thumbnail dengan Aplikasi Tambahan

Selain cara di atas, ada alternatif lain untuk menghapus data thumbnail yang tersimpan di memori internal HP android. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi tambahan yang juga menydiakan fitur pembersihan data thumbnail tersebut. Adapun beberapa jenis aplikasi yang bisa menghapus data thumbnail di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Avast Cleanup

Aplikasi untuk menghapus data tersembunyi di android yang pertama yakni Avast Cleanup. Aplikasi satu ini merupakan salah satu produk dari Avast Software yang sekarang ini banyak digunakan. Avast Cleanup mempunyai fitur keren untuk urusan mencari data yang tersembunyi di memori internal, termasuk file dan folder thumbnail.

Tidak hanya itu saja, Avast Cleanup juga menyediakan fitur lain yang tidak kalah keren. Mulai dari pembersih RAM, meningkatkan kecepatan kinerja HP, penghemat baterai dan lain sebagainya. Mengenai cara menghapus data thumbnail di android dengan Avast Cleanup, yakni:

  • Langkah pertama install aplikasi Avast Cleanup di HP androidmu.
  • Pada halaman utama aplikasi, klik tombol Tampilkan Hasil.
  • Tunggu sampai proses scanning selesai.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Bersihkan.
  • Agar lebih maksimal, kamu klik tombol Pembersihan Cepat yang ada di halaman utama aplikasi.
  • Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Cx File Explorer

Cara satu ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang pertama sebelumnya. Hanya saja, di sini kamu  akan menggunakan aplikasi file manager tambahan, bukan dari menu bawaan. Ada banyak pilihan aplikasi file manager android terbaik di Google Play Store. Salah satunya yakni aplikasi bernama Cx File Explorer ini.

Fungsinya tentu berguna untuk memudahkan pengguna dalam hal pengelolaan file manager di ruang penyimpanan. Dengan aplikasi Cx File Explorer ini kamu juga memungkinkan melihat berbagai file dan folder tersembunyi, termasuk file dan folder thumbnail. Cukup menginstall aplikasi Cx File Explorer seperti biasa, kemudian bisa mulai kamu jalankan. Aktifkan terlebih dahulu fitur untuk menampilkan data tersembunyi agar lebih mudah mencari datathumb. Lakukan penghapusan data thumbnail seperti menghapus file dan folder biasa.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara hapus data thumbnail android yang paling cepat dan mudah bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?