Cara Hapus Cache di Realme Paling Mudah

Cara Hapus Cache di Realme – Berbagai vendor HP terus berupaya untuk menghadirkan smartphone android dengan spesifikasi unggulan. Tujuan utamanya pasti untuk menarik minat para pengguna dan memanjakan mereka saat mengoperasikan HP android. Sudah ada banyak seri atau tipe HP android yang dihadirkan oleh masing-masing vendor. Setiap HP pastinya punya dukungan spesifikasi yang berbeda-beda, sesuai dengan banderol harga yang ditawarkannya. Dan biasanya setiap vendor juga menyematkan fitur-fitur keren yang semakin meninkatkan minat penggunanya.

Cara Hapus Cache di Realme
Cara Hapus Cache di Realme

Dari sekian banyaknya vendor smartphone android yang ada saat ini, salah satu brand yang cukup menjadi favorit yakni Realme. Realme ini sendiri merupakan brand smartphone pendatang baru yang sudah mulai menarik minat banyak pecinta gadget. Sub-brand dari Oppo satu ini menjadi pilihan favorit karena banderol harganya yang terbilang sangat murah. Meskipun murah, namun untuk urusan spesifikasi bisa diadu dengan smartphone dari brand lain yang harganya jauh lebih mahal.

Baca Juga:

Meskipun terbilang canggih, tapi pastinya masih ada saja masalah yang dialami oleh penggunanya. Misalnya saja HP yang lemot atau bahkan hang alias macet. Masalah seperti ini memang bukan menjadi hal yang serius. Namun, tentunya akan sangat membuat kesal para pengguna. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena file cache yang menumpuk di RAM dan memori HP. Karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa melakukan penghapusan file cache yang menumpuk tersebut. Adapun cara hapus cache di Realme selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Hapus Cache di Realme Paling Mudah

Cara Hapus Cache di HP Realme
Cara Hapus Cache di HP Realme

Berbicara mengenai file cache, apakah kamu tahu apa file cache di HP android tersebut? File cache sendiri merupakan data sementara yang tersimpan di RAM atau memori internal HP android. Fungsinya yakni untuk mempercepat akses pada aplikasi atau menu tertentu di momen yang kedua dan seterusnya. Karena bersifat sementara atau temporary, biasanya file cache akan terhapus secara otomatis setelah HP di restart atau dimatikan.

Namun, terkadang ada pula beberapa jenis file cache yang tidak bisa terhapus secara otomatis. Biasanya file temporary tersebut tersimpan di memori internal dan tempatnya tersembunyi. Jadi, kita tidak bisa menghapus file cache tersebut tanpa bantuan tools atau trik khusus. Penting sekali untuk rutin membersihkan file cache di HP android agar performa kinerjanya tetap stabil dan cepat. Adapun cara hapus cache di Realme yang paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur Bawaan HP Realme

Untuk masalah file cache yang menumpuk dan sering menyebabkan error pada HP android, Realme ternyata sudah sangat paham dengan hal ini. Buktinya Realme sudah menghadirkan fitur terbaik untuk membantu pengguna membersihkan file cache yang menumpuk dan tersembunyi tersebut. Fitur ini bisa diakses dengan mudah karena tampilannya yang sederhana dan user friendly.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, meskipun file cache fungsinya cukup baik bagi pengguna namun dalam kondisi tertentu bisa membuat pengguna kesal. File cache sering sekali menjadi penyebab error pada HP android, misalnya saja menyebabkan aplikasi keluar sendiri, HP sering restart, aplikasi error dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengenai cara menghapus file cache di HP Realme dengan fitur bawaan selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu bukan aplikasi Manajer Telepon di HP Realme.
  • Pada halaman utama aplikasi tersebut, selanjutnya kamu klik opsi Bersihkan Memori. Nantinya akan muncul beberapa opsi untuk penghapusan file cache di Realme.
  • Berikutnya klik opsi Akhiri Semua, kemudian beri tanda centang pada aplikasi yang ingin dibersihkan file cachenya.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Hapus. Secara otomatis aplikasi tersebut akan mulai menghapus file cache dari aplikasi yang diberi tanda centang tadi.
  • Selesai.

Setelah melakukan penghapusan file cache, biasanya performa kinerja HP Realme menjadi lebih cepat dan lancar. Selain cara di atas, kamu juga memungkinkan menghapus file cache lebih terfokus dengan memilih opsi lain yang ada di bawah tombol Akhiri Semua.

2. Hapus Cache Aplikasi Lewat Manajemen Aplikasi

Selain cara di atas, kamu juga memungkinkan menghapus file cache menumpuk di setiap aplikasi dengan melalui manajemen aplikasi. Cara ini bisa dibilang agar rumit, karena kamu harus melakukan penghapusan file cache secara satu per satu pada setiap aplikasi. Meskipun demikian, langkah-langkahnya tidak terlalu rumit. Kamu yang masih pemula sekalipun bisa dengan mudah melakukannya.

Adapun langkah-langkah menghapus file cache aplikasi melalui manajemen aplikasi selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP Realme.
  • Selanjutnya klik pada opsi Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan pilih pada aplikasi yang ingin kamu hapus file cachenya.
  • Klik pada opsi Penggunaan Memori.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache.
  • Selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dan cara hapus file cache di HP Realme paling mudah yang terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak sekali pilihan aplikasi pembersih cache yang tersedia di Google Play Store. Masing-masing aplikasi pastinya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu aplikasi pembersih RAM dan memori internal dari file cache yang paling direkomendasikan yakni Ccleaner. Tidak hanya tersedia untuk perangkat PC atau laptop, Ccleaner juga hadir untuk versi mobile android.

Aplikasi untuk membersihkan cache lain yang juga cukup favorit digunakan yakni Avast Cleaner. Aplikasi tersebut merupakan salah satu produk layanan dari Avast yang khusus membersihkan RAM dan memori internal HP.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara hapus file cache di Realme yang mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.